September 25, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bubuk pasir yang mengandung magnet menempel pada magnet permanen

3 Cara Mudah Membuat Magnet

Teknologi Langsung – Bagaimana melakukan magnet Anda bisa melakukannya sendiri dengan alat sederhana yang mungkin bisa Anda temukan di rumah. Artikel ini secara khusus akan membahas cara mudah membuat magnet untuk tugas sekolah.

Namun sebelum membahas cara membuat magnet ada baiknya kita mengetahui sifat-sifat magnet terlebih dahulu agar kita dapat lebih memahami tentang magnet.

Bubuk pasir yang mengandung magnet menempel pada magnet permanen

Foto:

  • Masyarakat Geografis Nasional

Diambil dari Fisika Dasar, Seri: Listrik Arus searah dan Magnetisme oleh Siswanto et al. Sebuah magnet memiliki dua kutub yang berlawanan yaitu kutub utara dan kutub selatan. Jika magnet dipotong kecil-kecil, akan ada kutub utara dan selatan.

Sifat magnetik meliputi:

1. Semua benda tidak dapat ditarik oleh magnet, jadi hanya magnet yang dapat menariknya menarik Beberapa barang di sekitar mereka.

2. Magnet memiliki gaya yang dapat menembus bahan, jika gaya magnet besar maka gaya magnet dapat menembus bahan yang tebal.

3. Jika dua magnet dengan kutub yang berbeda didekatkan, keduanya akan saling tarik menarik.

4. Kutub yang sejenis didekatkan akan saling tolak menolak

5. Medan magnet akan menimbulkan gaya magnet, artinya ketika suatu benda didekatkan dengan magnet maka gaya magnet yang dihasilkan magnet semakin besar dan sebaliknya.

6. Jika magnet terus jatuh dan terbakar, sifat kemagnetan dapat berkurang dan hilang.

Menurut buku Mudah Menguasai Fisika untuk SMP Kelas 3 yang diedit oleh Kavan Bustaka, ada dua jenis magnet yaitu magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam seperti magnet bumi dan batu magnesian terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.

Sedangkan magnet sintetis adalah magnet yang sengaja dibuat oleh manusia dari baja atau besi murni. Magnet jenis ini juga dapat dibuat dari bahan paduan seperti nikel atau aluminium, paduan antara kobalt dan nikel.

READ  Mengerikan! Ilmuwan menemukan kerangka budak yang dibuang ke selokan

Nah, berikut ini adalah cara mudah membuat magnet yang bisa kamu coba di rumah atau di sekolah

3 Cara Mudah Membuat Magnet Sendiri

1. Cara membuat magnet dengan elektromagnet

Induksi elektromagnetik adalah prinsip bahwa arus listrik dapat menciptakan medan magnet, dan medan magnet dapat menghasilkan arus listrik. Dilaporkan dari Ilmu langsungKetika arus mengalir melalui kumparan kawat, medan magnet muncul di sekitarnya sesuai dengan aturan tangan kanan.

SEBUAH.  Kawat penghantar yang mengalirkan arus satu arah b.  Medan magnet dalam kawat

SEBUAH. Kawat penghantar yang mengalirkan arus satu arah b. Medan magnet dalam kawat

Cara termudah untuk membuat elektromagnet adalah baterai, paku baja, pita dan kawat. Bungkus paku baja melalui kawat dalam lingkaran, lalu sambungkan kabel ke ujung baterai dan tutup dengan selotip.

Jika ada, paku yang melilitnya akan menghantarkan arus listrik sehingga menyebabkan paku menjadi magnet dan menarik benda lain sesuai dengan sifat magnetnya.

2. Cara membuat magnet gosok

Cara kedua untuk membuat magnet adalah dengan menggosokkan magnet permanen pada suatu benda feromagnetik Berulang kali dan dalam arah yang sama.

Bahan feromagnetik adalah bahan yang memiliki momen magnet permanen dan ditarik oleh magnet. Contoh bahan feromagnetik adalah besi, kobalt, nikel dan baja.

Menggosok magnet permanen dengan bahan feromagnetik

Menggosok magnet permanen dengan bahan feromagnetik

Untuk membuatnya, Anda bisa mengambil magnet permanen dan menggosokkan permukaan magnet ke batang baja. Ulangi ini selama sekitar 3 sampai 5 menit.

Kemudian bawalah besi yang digosok dengan jarum atau benda apa saja yang dapat ditarik magnet, dan jika jarum dapat ditarik, berarti besi tersebut telah menjadi magnet.

3. Cara membuat magnet dengan induksi

Induksi magnetik adalah pendekatan non-kontak dari bahan feromagnetik (besi, kobalt, nikel atau baja) ke magnet permanen. Medan magnet permanen menyelaraskan momen magnetik di besi, membuat besi menjadi magnet.

READ  Apa yang sebenarnya terjadi ketika dua galaksi bertabrakan?