Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

3 Kebiasaan Yang Merusak Mobil Otomatis Dengan Cepat Apa Gaya Mengemudi Anda?

Jakarta

Popularitas mobil matic semakin meningkat akhir-akhir ini. Salah satu faktor utamanya jelas karena pengoperasiannya lebih mudah dibandingkan manual. Untuk dikendarai di tengah kemacetan, tentunya mobil matic tidak membuat pengemudi cepat lelah.

Berbicara tentang mobil matic, sangat penting untuk mengetahui pengemudi serta perawatannya. Termasuk kebiasaan buruk yang cepat merusak mobil matic. Berikut kebiasaan buruk yang membuat mobil matic cepat rusak, dikutip dari laman Suzuki Indonesia.

Jangan gunakan gigi sesuai fungsinya

Setiap gigi pada mobil matic memiliki fungsinya masing-masing. Berbeda dengan mobil manual yang banyak didominasi angka, mobil matic memiliki lebih banyak huruf seperti D, P, N, R dan L.

Gear B diaktifkan saat mobil dalam keadaan diam. D adalah singkatan dari Drive yang digunakan untuk mobil yang melaju. N berarti gigi dalam keadaan netral. N gear dapat digunakan saat mobil berjalan, tidak distarter untuk sementara waktu atau saat berhenti.

Lalu ada R alias gigi mundur yang digunakan untuk memundurkan mobil. Ada juga L yang berarti rendah. L gear digunakan saat mobil sedang berada di tanjakan atau turunan yang membutuhkan engine brake. Sesuaikan gigi sesuai fungsinya, ya!

Foto Mobil Otomatis: Autodeal

Penampilan perpindahan gigi

Mengganti persneling di mobil matic tidak bisa asal-asalan. Misalnya, Anda ingin mobil bolak-balik saat Anda berhenti. Kalau mau mundur, jangan buru-buru pindah gigi ke R. Pastikan mobil benar-benar berhenti sebelum Anda pindah ke gigi mundur.

Begitu juga saat ingin kembali, pastikan mobil sudah benar-benar berhenti. Jika Anda masih sering melakukannya, sebaiknya segera hentikan. Kebiasaan ini dapat dengan cepat merusak sistem transmisi mobil matic.

Pindah gigi sebelum pindah ke posisi D

READ  Ini adalah susunan koin emas buatan RI yang terbuat dari emas

Ada beberapa pengemudi yang mengemudi saat mobil distarter dan gigi di posisi N. Saat rpm tinggi, tuas transmisi langsung digeser ke posisi D. Akibat kebiasaan ini, transmisi otomatis mobil menjadi rusak. Dengan cepat.

Tonton videonya”4 Penyebab Umum Arus Mobil Tidak Stabil!
[Gambas:Video 20detik]
(kering/liter)