31 Film Hollywood Terdampak Virus Corona

Portal Teater – Hollywood sebagai simbol bisnis hiburan terbesar dunia sepenuhnya merasakan efek pandemi virus corona (Covid-19) yang kini sedang melanda dunia.

Setidaknya ada 31 film yang secara drastis dipengaruhi oleh Covid-19, diantaranya “Black Widow”, “Fast and Furious 9”, “No Time to Die”, “The Batman” dan “Jurassic World: Dominion”.

Sementara jaringan bioskop seperti AMC Theatres dan Regal telah resmi ditutup di seluruh Amerika Serikat. Seperti halnya di Inggris, Italia dan China.

Beberapa studio film di Negeri Paman Sam mengatakan akan merilis film lebih awal secara digital. Salah satunya The Walt Disney Company. Yang lainnya seperti Warner Bros dengan “Birds of Prey” dan Universal dengan “The Invisible Man”.

Melansir Business Insider US, Rabu (18/3), film James Bond “No Time to Die” adalah film pertama yang mendapatkan perubahan rilis, karena produser menggesernya dari April hingga November akhir tahun ini.

Paramount di sisi lain menunda penayangan film “A Quiet Place Part II” di seluruh dunia seminggu sebelum peluncurannya. Dan Universal menunda perilisan “Fast and Furious 9” setahun lamanya.

Disney pun telah resmi mengeluarkan pengumuman penangguhan rilis tujuh filmnya. Namun belum dikonfirmasi kapan film-film itu akan ditayangkan.

Dwayne Johnson Rich Polk, bintang film "Red Notice". Getty Images for Entertainment Weekly
Dwayne Johnson Rich Polk, bintang film “Red Notice”. Getty Images for Entertainment Weekly

31 Film Terdampak Corona

Business Insider merangkum ada 31  film Hollywood yang jadwal penayangannya terdampak virus corona. Penangguhan dilakukan mengingat kegoncangan pasar teater global dan juga terinfeksinya sutradara film karena corona.

“A Quiet Place Part II” adalah satunya. Sekuel horor yang diproduksi Paramount ini ditunda tanpa batas waktu, persis seminggu sebelum ia diputar di bioskop.

Film ini adalah salah satu kejutan box-office terbesar tahun ini, dengan US$340 juta atau setara Rp5,1 triliun (kurs Rp15.000) secara global dari anggaran US$17 juta.

Produksi film Paramount ketujuh “Mission: Impossible” juga dihentikan pada bulan Februari di Italia ketika kekhawatiran terhadap coronavirus bertambah. Film ini akan dirilis pada Juli 2021 dan Paramount belum mengumumkan perubahan apa pun.

Sementara Disney menunda penayangan “Mulan” ke tanggal yang belum diumumkan, dari sebelumnya direncanakan dirilis pada 27 Maret. Film ini menghabiskan US$200 juta.

Demikian halnya dengan film spin-off X-Men abad ke-20, “The New Mutants,” yang sebelumnya ditetapkan untuk rilis pada 3 April 2020.

Film pertama kali direncanakan dirilis pada 2018 lalu. Dengan penagguhan ini, maka untuk keempat kalinya film ini ditunda dalam dua tahun.

Film James Bond “No Time to Die” dijadwalkan rilis bulan depan, tetapi para produser mengumumkan akan menggesert jadwal rilis film ke November setelah melewati pertimbangan yang cermat dan evaluasi menyeluruh dari pasar teater global.

Film ini akan dirilis di Inggris pada 12 November dan di AS pada 25 November. Kemungkinan besar film ini akan menghasilkan US$30 juta hingga US$50 juta.

“No Time to Die” awalnya ditetapkan untuk rilis pada November 2019, kemudian digeser kembali ke Februari 2020, sebelumnya ke April mendatang.

Daniel Craig sebagai James Bond dalam film “No Time to Die”. -Dok. MGM
Daniel Craig sebagai James Bond dalam film “No Time to Die”. -Dok. MGM

Sementara produksi Disney lainnya, “Antlers”, pun ditunda hingga tanggal yang belum ditentukan, dari sebelumnya akan dirilis pada 17 April. Begitu pula “Black Widow” yang dijadwalkan rilis pada 1 Mei diundur tanpa batas waktu.

Rumah produksi Sony agaknya menggser perilisan film “Peter Rabbit 2” lebih jauh, dari 27 Maret ke 7 Agustus mendatang. Tahun 2018, “Peter Rabbit” menghasilkan US$351 juta di seluruh dunia dan US$115 juta di AS.

Sementara itu, Lionsgate menunda pemutaran ulang “Saw” Chris Rock, “Spiral,” serta “Antebellum” dan “Run”, tanpa batas waktu.

Berbeda dengan “Fast and Furious 9” yang bergeser sangat jauh. Dari semula tayang pada 22 Mei menjadi 2 April 2021. Universal berencana merilis F9 bersamaan dengan “Fast and Furious 10”.

Warner Bros dan sutradara Matt Reeves yang tengah menggarap “The Batman,” yang dibintangi Robert Pattinson, menghentikan produksinya selama dua minggu.

Sementara produksi “Fantastic Beasts 3” diharapkan akan dimulai di Inggris pada pertengahan bulan ini, tetapi Warner Bros menghentikannya karena takut corona.

Warner Bros pun menutup produksi biopik Richard Williams di Los Angeles. Film ini akan dibuka pada 25 November dan mengikuti Williams, diperankan oleh Will Smith, ayah dan pelatih bintang tenis Venus dan Serena Williams.

Will Smith Tristan Fewings. Getty Images.
Will Smith Tristan Fewings. Getty Images.

Yang terakhir dari produksi film utama Warner Bros, “The Matrix 4,” ditutup di Berlin. Film ini akan dirilis pada Mei 2021.

Di sisi lain, adaptasi video-game “Uncharted” menderita pukulan dengan banyak perubahan sutradara dan penundaan rilis. Sekarang sedang menghadapi tantangan lain, karena produksi telah ditunda. Film ini akan dimulai pada April ini di Berlin.

Rumah produksi Universal Pictures pun telah menangguhkan produksi film “Jurassic World: Dominion” dan proyek eksen lainnya, seperti “Flint Strong”.

Film “Jurassic World” yang ketiga mulai syuting di London pada Februari lalu dan dijadwalkan akan tayang pada Juni 2021.

Netflix pun telah menghentikan produksi acara TV dan film scripting live-action, termasuk film “Red Notice” yang dibintangi Dwayne Johnson, Ryan Reynolds, dan Gal Gadot.

Nasib naas menimpa sutradara “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings” Destin Daniel Cretton. Ia kini telah mengisolasi dirinya sambil menunggu hasil tes coronavirus sebagai tindakan pencegahan karena ia memiliki bayi yang baru lahir.

Disney dan Marvel untuk sementara waktu menghentikan produksi film tersebut, yang akan diputar di bioskop pada Februari tahun depan.

“Shang-Chi” bukan satu-satunya produksi Disney yang ditutup sementara. Disney juga menghentikan produksi film lain, termasuk: “Shrunk”, “Little Mermaid”, “The Last Duel”, “Home Alone”, “Peter Pan dan Wendy”, dan “Nightmare Alley”.

Warner Bros pun akhirnya menghentikan produksi film biografi Baz Luhrmann yang disutradarai Baz Luhrmann di Australia pekan lalu setelah bintang Tom Hanks, dan istrinya Rita Wilson, dinyatakan positif korona. Film ini akan rilis pada Oktober 2021.

Vin Diesel dan “Fast and Furious 9” yang diproduksi Universal. -Dok. Business Insider.
Vin Diesel dalam “Fast and Furious 9” yang diproduksi Universal. -Dok. Business Insider.

“Sonic the Hedgehog” tampak mengejutkan karena harus menunda penayangan tanpa batas waktu. Hal itu mengingat sekitar 70.000 bioskop di China ditutup karena corona. Padahal film ini meraup lebih dari US$145 juta di AS dan US$300 juta di seluruh dunia.

Demikian halnya dengan “Bloodshot” Sony, film yang dibintangi oleh Vin Diesel sebagai pahlawan super Valiant Comics. Ia pekan lalu menghantam teater di AS dan pasar lain selama akhir pekan dengan meraup pendapatan US$9,2 juta di dalam negeri.

Namun, seperti film-film lain yang terdampak corona di seluruh dunia, “Bloodshot” tidak dapat dirilis di China seperti yang direncanakan karena sedang lockdown.

Nasib yang sama diderita film lain, yaitu “XXX: The Return of Xander Cage,” yang meraup US$164 juta di China (menghasilkan hanya US$45 juta di AS).

Film ini jauh lebih menguntungkan daripada “Star Wars: The Rise of Skywalker” yang hanya menghasilkan US$20,5 juta di China. Namun tak lagi dirilis karena corona.*

Baca Juga

Galerikertas Kembali Buka Ruang Pameran untuk Publik

Portal Teater - Setelah beberapa bulan ditutup karena situasi pandemi, awal Juli ini Galerikertas akhirnya kembali dibuka untuk publik. Pembukaan kembali galeri berbasis Depok, Jawa...

Para Penyair Robot, Ekosistem Penulis dan Tak Ada Apa-apa

Portal Teater - Sebuah unggahan Instagram milik akun @balingehits memunculkan performance berbeda tentang pisang, bapak dan ibu. Kata ditempatkan di atas bidang IG putih...

Terkini

Para Penyair Robot, Ekosistem Penulis dan Tak Ada Apa-apa

Portal Teater - Sebuah unggahan Instagram milik akun @balingehits memunculkan performance berbeda tentang pisang, bapak dan ibu. Kata ditempatkan di atas bidang IG putih...

Galerikertas Kembali Buka Ruang Pameran untuk Publik

Portal Teater - Setelah beberapa bulan ditutup karena situasi pandemi, awal Juli ini Galerikertas akhirnya kembali dibuka untuk publik. Pembukaan kembali galeri berbasis Depok, Jawa...

Rontoknya Kekerasan karena Cinta

Portal Teater - Apakakah kekerasan akan luluh lantak dengan indahnya alis mata, binar indah bola mata dan lentik bulu mata. Atau malah makin ganas? Dalang (sutradara)...

Teater Broadway Tutup hingga Awal 2021

Portal Teater - Teater Broadway telah mengumumkan secara resmi bahwa akan tetap menutup teaternya sepanjang sisa tahun ini hingga awal tahun 2021 mendatang. Meski demikian, pembukaan...

Buku Puisi Sosiawan Leak Berbasis Media 3 in 1 Siap Diterbitkan

Portal Teater - Buku puisi "Rumah-Mu Tumbuh di Hati Kami: Kumpulan Puisi Puasa di Masa Korona" karya penyair multitalenta Sosiawan Leak berbasis media 3...