Juli 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

5 Cara Sederhana Cek Kecepatan WiFi di Semua HP dan Laptop

KOMPAS.com – Bagi pekerja atau pelajar, WiFi sepertinya menjadi kebutuhan utama saat ini. Pasalnya, koneksi internet yang tersebar di jaringan WiFi tidak terbatas dengan satu kali reservasi. Koneksi internet berbeda dengan jaringan seluler yang membutuhkan kuota.

Dengan WiFi, ketika pengguna ingin melakukan streaming video, melakukan telekonferensi, dan mengunduh file materi, mereka tidak perlu khawatir kehabisan ruang internet. Pengguna hanya perlu berlangganan operator sebulan sekali untuk bebas mengakses layanan Internet via WiFi.

Baca selengkapnya: 3 Cara Restart WiFi Saat Ada Masalah Dengan Koneksi Internet

Meskipun sangat gratis, terkadang Anda mungkin mengalami masalah karena perbaikan jaringan atau cuaca buruk (hujan) dari penyedia koneksi internet melalui WiFi.

Saat terjadi gangguan, kecepatan internet pada WiFi biasanya melambat atau melambat. Untuk memastikan bahwa gangguan tidak terjadi, pengguna dapat Cek kecepatan internet Pertama di WiFi.

Jadi, Cara melihat kecepatan internet Di wifi? Cara memeriksa kecepatan wifi Ini dapat dilakukan dengan menggunakan banyak situs web, misalnya Speedtest dari situs web Ookla yang terkenal.

Melalui situs web, pengguna dapat Periksa kecepatan wifiTergantung pada jumlah kecepatan unduh dan unggah dalam Mbps (megabit per detik), serta jumlah penundaan atau waktu yang diperlukan untuk transfer data Internet dalam Ms (Milidetik).

Bagi yang ingin mengecek kecepatan WiFi, berikut rangkuman KompasTekno: Situs apa saja untuk memeriksa kecepatan internetDapat diakses melalui Peramban Di laptop atau ponsel (HP).

Cara Cek Kecepatan WiFi Di Ponsel Dan Laptop

1. Tes kecepatan Oklahoma

Speedtest.net Penjelasan cara cek kecepatan internet dengan Speedtest disediakan oleh Ookla

Salah satu Speedtest Oklaho Situs untuk memeriksa kecepatan internet Sangat terkenal. Anda dapat mengakses cara memeriksa kecepatan WiFi dengan Ookla Speedtest dengan mengunjungi halaman ini https://www.speedtest.net/id.

READ  Versi beta terbaru menambahkan fitur meninjau pesan suara sebelum mengirimnya ke WhatsApp

Ketika halaman terbuka, silakan klik opsi “Mulai” dan situs web akan mulai mendeteksi kecepatan unduh, unggah, dan tunda jaringan WiFi yang terhubung ke perangkat. Verifikasi kecepatan membutuhkan waktu sekitar 3 menit.

2. Fast.com

Penjelasan cara cek kecepatan WiFi via Fast.comcepat.com Penjelasan cara cek kecepatan WiFi via Fast.com

Fast.com adalah situs verifikasi kecepatan web yang dikembangkan oleh Netflix. Anda dapat mengakses cara memeriksa kecepatan WiFi melalui Fast.com dengan mengunjungi halaman ini https://fast.com Oleh Peramban Di laptop dan ponsel.

Saat halaman terbuka, pengguna tidak perlu mengetuk opsi apa pun untuk memeriksa kecepatan WiFi. Situs akan mulai menjelajah secara otomatis. Hasil pemeriksaan kecepatan WiFi kemudian akan muncul.

3. SpeedSmart

Penjelasan cara cek kecepatan internet dengan SpeedSmartspeedmart.net Penjelasan cara cek kecepatan internet dengan SpeedSmart

SpeedSmart adalah situs web dengan fitur utama untuk memeriksa kecepatan internet. Untuk mulai memeriksa kecepatan internet melalui situs ini, kunjungi halaman https://speedsmart.net. Saat halaman terbuka, klik opsi “Mulai Tes”.

Dengan mengetuk opsi itu, perangkat akan mulai melakukan pengunduhan situs, pengunggahan, dan verifikasi penundaan pada jaringan WiFi yang saat ini terhubung. Setelah itu, SpeedSmart akan menampilkan hasilnya.

Baca selengkapnya: Cara Mengetahui Siapa yang Menggunakan WiFi Dengan Ponsel

4. Tes kecepatan Google

Penjelasan Cara Cek Kecepatan WiFi Dengan Google Speed ​​Testgoogle.com Penjelasan Cara Cek Kecepatan WiFi Dengan Google Speed ​​Test

Ada juga layanan Google untuk mengecek kecepatan koneksi internet di WiFi. Untuk mengakses layanan ini, kunjungi Google Penelusuran Peramban Cari ponsel atau laptop Anda dengan kata kunci “tes kecepatan”.

Setelah itu, kolom khusus untuk tes kecepatan internet akan muncul di daftar teratas hasil pencarian Google. Klik opsi “Run Speed ​​Test” di kolom tersebut dan hasilnya akan ditampilkan di halaman info popup baru.

READ  Popularitas Toyota Avanza menurun, mobil Honda Prius terlaris di Indonesia

5. Tes kecepatan terbuka

Penjelasan cara cek kecepatan internet melalui Open Speed ​​Testopenspeedtest.com Penjelasan cara cek kecepatan internet melalui Open Speed ​​Test

Seperti keempat website di atas, Open Speed ​​Test juga memiliki fitur kunci untuk mengecek kecepatan internet. Cara cek kecepatan internet Ini dapat dilakukan dengan tes kecepatan terbuka dengan mengunjungi halaman ini https://openspeedtest.com/.

Saat halaman terbuka, klik ikon “mainkan” untuk memulai proses Verifikasi Kecepatan Internet pada WiFi yang terhubung ke perangkat. Setelah verifikasi selesai, pengguna dapat melihat hasil kecepatan unduh, unggah, dan tunda dari jaringan WiFi mereka.

Baca selengkapnya: Cara Menemukan WiFi Terdekat Dengan Prosesor Facebook

Itu lima Cara memeriksa kecepatan wifi Bisa dilakukan oleh Peramban Pada ponsel dan laptop, dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat di banyak website, semoga bermanfaat.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.