Februari 7, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

5 Pemain Timnas Indonesia Lolos Main ke Luar Negeri, No 1 Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020: Okason Pola

REDUP tim nasional indonesia Menjadi peribahasa setelah menjadi runner-up Piala AFF 2020. Toh rekor itu ditorehkan timnas Indonesia, meski mayoritas tim Garuda diisi pemain muda.

Banyak pemain muda timnas Indonesia juga mencuri perhatian di Piala AFF 2020. Berikut lima pemain timnas Indonesia yang berhak bermain di luar negeri: Oksigen.

5. Rito Berisiko


Risky Rido merupakan salah satu bek tengah timnas Indonesia yang berdiri sendiri di Piala AFF 2020. Meskipun Shin Tae-yong tidak selalu bermain, Risky bisa menjadi cantik setiap kali dia mendapatkan kepercayaan diri.

Risky selalu disiplin dalam mempertahankan daerahnya dan mahir mempelajari permainan lawan. Kini, pemain berusia 20 tahun itu masih terikat kontrak dengan Persepaya Surabaya.

4. Rashmut Irianto

Rasmat Irianto (Foto: PSSI)

Selanjutnya adalah Kapten Rashmat Iriando dari Persepia Surabaya. Andalan Shin Tae-yong di lini tengah timnas Indonesia, putra Bejo Sugiandoro.

Iriando yang berposisi sebagai gelandang jangkar menjadi yang pertama menggagalkan serangan lawan. Sekadar informasi, selain bermain sebagai gelandang bertahan, Irianto piawai mengisi posisi bek tengah.

Meski banyak memberikan assist di pertahanan, Irianto mampu mencetak dua gol dengan kepalanya di Piala AFF 2020. Penampilan apiknya turut membantu timnas Indonesia saat menghadapi lawan tangguh seperti Vietnam dan Thailand.

3. Ricky Kambuya

Ricky Kambuya (Foto: PSSI)

Ricky Kambuya menempati urutan ketiga dalam daftar ini. Seperti dua nama sebelumnya, Ricky juga menjadi ciri khas Persepia Surabaya.

Ricky biasanya bermain sebagai gelandang box-to-box di lini tengah tim nasional Indonesia. Mampu memblokir serangan lawan dan mencetak gol. Di Piala AFF 2020, Ricky mencetak gol ke gawang Thailand yang membantu timnas Indonesia bermain imbang 2-2 di leg kedua final.

READ  Level Medali SEA Games 2021: Indonesia Lanjutkan Singapura

2. Alfandra Dewangga

Alfandra Devanga (Foto: PSSI)

Juara kedua diraih pemain BSIS Semarang Alfandra Devanga. Pemain berusia 20 tahun itu awalnya berposisi sebagai gelandang, namun Shin Tae-yong lebih sering memainkan Affendra di lini tengah bertahan.

Alfentra juga tampil baik saat bermain di dua level. Saat timnas Indonesia bertanding, nama pemain PSIS Semarang itu kerap disebut-sebut oleh para komentator berbahasa Inggris karena penampilannya.

1. Arhan Utama

Pratama Arhan (Foto: AFF Suzuki Cup)

Tingkat pertama dalam daftar ini pasti ditempati oleh arah utama. Pemain PSIS Semarang benar-benar menonjol di Piala AFF 2020. Bahkan, dia bermain untuk bek kiri.

Yang utama mencuri perhatian karena mampu menyerang dan bertahan secara seimbang. Selain itu, ia memiliki lemparan ke dalam yang sangat panjang. Timnas Indonesia kerap menggunakan kemampuan spesialnya yang utama untuk membuat kericuhan di kotak penalti lawan.

Yang pertama adalah yang paling agresif di bek kiri. Dia telah mencetak dua gol dan memberikan dua assist di Piala AFF 2020. Salah satu gol Pratama diukir indah ke gawang Malaysia untuk membawa timnas Indonesia meraih kemenangan 4-1. Usai Piala AFF 2020, ia terpilih sebagai pemain muda terbaik.