Juli 4, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

5 Prestasi Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia, No 1 Paling Menakjubkan: Okaseon Pola

Sebanyak 5 Prestasi Shin Tae-yong Bersama tim nasional indonesia Akan dibahas dalam artikel ini. Kemenangan Shin Tae-yong menjadi jelas setelah bergabung dengan tim nasional Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan Garuda memberikan sentuhan berbeda kepada tim di semua kelompok umur. Baru-baru ini, Shin Tae-yong, setelah jeda 16 tahun, sukses membawa timnas senior Indonesia ke Piala Asia 2023 dari level tertinggi di Asia.


Selain itu, ada prestasi lain yang diraih Shin Tae-yong saat memimpin timnas Indonesia. Lantas, apa saja pencapaiannya? Berikut 5 prestasi Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia:

5. Juara kedua favorit Piala AFF 2020


Gaya Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia diuji saat melakoni Piala AFF 2020. Timnas Indonesia bertemu Thailand di final. Sayangnya, saat itu timnas Indonesia harus mengakui rival abadinya di Asia Tenggara.

Timnas Indonesia yang berkaki dua gagal melakukan comeback di leg kedua. AG Maulana Vikri dan yang lainnya menyamakan kedudukan 2-2. Bahkan, Timnas Indonesia tertinggal 0-4 dari Thailand di leg pertama.

Meski tak mampu meraih kemenangan, gaya timnas Indonesia sangat impresif. Mereka tak terkalahkan di babak pembuka Grup B. Dari empat pertandingan, tim Garuda hanya menang tiga kali dan seri sekali. Mereka mampu mendapatkan tempat pertama lebih dari Vietnam.

4. Game Kelautan Perunggu 2021

Timnas Indonesia U-23

Usai Piala AFF 2020, Shin Tae-yong kembali memimpin timnas Indonesia. Kali ini di kategori 23 tahun.

Ya, tim Indonesia U-23 kembali dengan membawa medali dari Hanoi. Mereka mengalahkan tim nasional U-23 Malaysia 4-3 melalui adu penalti untuk merebut perunggu di SEA Games 2021.

Meski hanya meraih medali perunggu, karya Garuda Muda patut diapresiasi. Pasalnya, dari empat laga Grup A SEA Games 2021, Timnas Indonesia menggila. Witten Suleiman dan rekan setimnya berhasil mencetak 11 gol dan hanya kebobolan lima gol.

READ  Komputer Apple 1 asli yang langka dikorbankan untuk iPhone kustom yang jelek ini

3. 20 peringkat FIFA dalam waktu kurang dari setahun

tim nasional indonesia

Shin Tae-yon sebenarnya sudah dikontrak PSSI sejak Desember 2019. Namun, pelatih berusia 51 tahun itu baru aktif melatih pada pertandingan resmi Timnas Indonesia pada Juni 2021. Saat itu, Timnas Indonesia menduduki peringkat 175 dunia per September 2021 dalam rangking FIFA.

Namun, dalam kurun waktu setahun (September 2022), status timnas Indonesia meningkat drastis! Ya, berdasarkan update ranking FIFA terbaru Juni 2022, Timnas Indonesia sudah menempati peringkat 155 dunia. Itu artinya Timnas Indonesia sudah naik 20 peringkat sejak latihan Shin Tae-yong.

2. Timnas Indonesia Tampil Tajam di Babak Kualifikasi Piala Asia 2023

tim nasional indonesia

Semangat timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong memang menakutkan. Ya, meski sering berganti taktik, formula Shin Tae-yong sangat sukses. Hal itu terlihat dari ketajaman lini serang timnas Indonesia saat kualifikasi Piala Asia 2023.

Garuda telah mencetak sembilan gol dalam tiga pertandingan Grup A di kualifikasi Piala Asia 2023, mengalahkan Kuwait 2-1 dan Nepal 7-0. Berkat skor tersebut, Timnas Indonesia tercatat sebagai tim sejahtera kedua bersama Uzbekistan dan berada di bawah Palestina (10 gol).

1. Lolos ke Piala Asia 2023

tim nasional indonesia

Penantian panjang akhirnya datang juga. Dalam 16 tahun terakhir, Timnas Indonesia akhirnya kembali ke Piala Asia. Terakhir, Timnas Indonesia bermain di Piala Asia 2007. Bahkan saat itu, Timnas Indonesia bermain di Piala Asia 2007 dengan status Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Pencapaian ini merupakan nick manis bagi tim Garuda bersama Shin Tae-yong. Namun, semangat timnas Indonesia tidak boleh terlalu banyak. Karena tantangan sesungguhnya ada di Piala Asia 2023 pada 16 Juni 2023.

READ  Anthony Kinding memenangkan perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, mendapatkan julukan unik BWF: Oxon Sports.