Juli 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

7 Negara Paling Beragama di Eropa, Nomor 6 Terbanyak Muslim: Okazone Travel

Umum Di benua Eropa, sering dilihat sebagai kelompok sosial yang identik dengan sekularisme, mereka menyembah hal-hal materi dan cenderung mengabaikan atau percaya pada agama atau Tuhan.

Pandangan ini tidak salah karena sebenarnya ada banyak. Namun bukan berarti negara-negara di benua biru itu paling sempurna.

Menariknya, banyak negara di Eropa yang justru dianggap religius berdasarkan 2 indikator dasar berikut, yaitu persentase penduduk di negara tersebut yang menganut agama dan persentase penduduk yang tidak percaya Tuhan atau tidak.

Tertarik? Bersambung Oksigen Berikut daftar 7 negara agama di Eropa yang disusun dari berbagai data statistik.

1. Rumania

Negara di Eropa Timur ini adalah salah satu negara paling religius di seluruh benua biru.

Bagaimanapun, menurut statistik Europrometer tentang ide-ide keagamaan di UE pada tahun 2015, hanya 0,2 persen dari populasi Romawi yang tidak percaya pada Tuhan. Kelompok agama terbesar Rumania adalah Kristen Ortodoks.

2. Siprus

Tiga perempat dari uang Rumania, negara kecil ini, yang terletak di Mediterania, mayoritas beragama Kristen Ortodoks, membentuk 96,3 persen dari total populasi. Apalagi hanya 1,1 persen penduduk yang tidak percaya pada Tuhan atau agama.

3. Malta

Negara kecil di Mediterania ini adalah negara terpadat berikutnya di Eropa, dengan 95 persen penduduknya memeluk agama Kristen Katolik. Seperti Siprus, hanya 1,1 persen penduduk Malta yang tidak percaya pada Tuhan.

4. Yunani

Sejak zaman kuno, negara Yunani telah dikenal sebagai pusat peradaban manusia di Eropa dan di seluruh dunia. Banyak filosof terkenal lahir dari negara ini.

Yunani tidak diragukan lagi salah satu negara paling religius di Eropa, didukung oleh statistik yang menunjukkan bahwa hanya 1,9 persen penduduknya tidak percaya pada Tuhan. Agama mayoritas warga Yunani adalah Kristen Ortodoks.

READ  Kisah mahasiswa Anfat bertemu suami Mesir, kencan pertama di Terusan Suezez

5. Polandia

Memegang bendera terbalik dari Indonesia, negara ini dikatakan sebagai salah satu yang paling religius di dunia! Pasalnya, 90,7 persen orang Polandia dikenal sangat religius tidak hanya memeluk kepercayaannya sendiri tetapi juga memenuhi perintah Tuhan.

Ateis atau ateis hanya 2,2 persen dari populasi, sementara mereka yang percaya pada Tuhan tetapi tidak ingin menjadi religius atau ateis mencapai 3,6 persen dari total populasi.

6. Bulgaria

Bekas Uni Soviet merupakan salah satu negara paling religius di Eropa, dengan hanya 3,3 persen penduduknya ateis atau atheis, dan hanya 2,3 persen penduduknya atheis alias non-religius.

Menariknya, populasi Muslim di Bulgaria sangat besar, dengan 7,7 persen dari total populasi adalah Muslim!

7. Lituania

Negara agama terakhir di Eropa diperintah oleh Lituania, di mana Semenanjung Baltik memiliki populasi mayoritas, dengan 87,7% dari populasi memutuskan untuk masuk Kristen.

Indikator religiusitas berikutnya adalah jumlah penduduk yang tidak percaya Tuhan atau agama sangat rendah, dimana 4,2 persen penduduknya agnostik dan 2,6 persennya atheis.