Mei 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Agar mesin tidak mudah rusak, lakukan 3 hal ini untuk oli Anda!

TRIBUNNEWS.COM – Oli merupakan komponen penting bagi kendaraan agar mesin awet dan bekerja maksimal. Membantu mengurangi ikatan oli antar komponen dan gesekan antar komponen mekanis.

Gesekan pada bagian-bagian kendaraan semakin meningkat saat oli habis. Akibatnya, mesin menjadi terlalu panas, yang bahkan mungkin terjadi Panas tinggi, Motor tidak dapat dihidupkan sampai yang terakhir.

Nah, ini dia 3 hal penting yang perlu kamu lakukan untuk merawat oli dan mesin, agar mesin tidak tiba-tiba rusak akibat oli.

Pilih oli sesuai dengan kebutuhan mesin sepeda motor

Perkenalkan Kompas, penggunaan oli mesin yang tidak sesuai dengan karakteristik mesin akan menurunkan performa mesin dan merusak komponen-komponennya.

Ada dua jenis oli yang dijual di pasaran, yaitu oli mesin untuk motor bertransmisi manual dan oli mesin untuk transmisi manual. Olahraga Serta oli untuk motor dengan transmisi otomatis /Medis. Kedua jenis oli ini dibedakan berdasarkan kode JASO (Japan Automobile Standard Organization).

Ada juga kode SAE (Garden Engineers Association) yang mengidentifikasi viskositas oli. Untuk motor, kode viskositas SAE umumnya SAE 10W30.

Khususnya Motor matic Umum digunakan Mesin menyala Dengan kode JASO MB. Sementara itu, Mesin menyala Manual dan Olahraga Menampilkan kode JASO MA.

Ganti oli secara berkala

Jika tidak diganti untuk waktu yang lama, oli dapat mengembun, yang selanjutnya memperumit kinerja mekanis. Gesekan mesin meningkat dan panas berlebih menyebabkan mesin pecah. Sehingga motor sering mengalami malfungsi.

Pengguna motor disarankan untuk mengganti oli secara berkala. Idealnya, tanda tangan Mesin menyala Jarak tempuh rata-rata berubah setelah lebih dari 5.000 kilometer.

Penggantian oli juga dapat didasarkan pada jarak tempuh harian. Untuk jarak tempuh sekitar 20-50 km per hari, oli harus diganti sekali dalam satu setengah bulan. Lebih dari 50km sehari, Anda perlu mengganti oli sebulan sekali.

READ  Ini adalah bus pertama di dunia yang hanya mengangkut 8 orang

Gunakan bahan bakar oktan tinggi

Lebih banyak kompas, bahan bakar yang mengandung oktan atau Riset angka oktan (RON) yang tinggi juga dapat menjaga performa mesin karena dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna. Kemungkinan terciptanya volume di ruang bakar bisa semakin dikurangi.

Lebih lanjut, mengutip pakar konversi energi Fakultas Teknik dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung, Tri Uswitzjanto Januri, berpotensi mengakibatkan penggunaan bensin beroktan tinggi pada mesin bertekanan rendah. Pengenceran bahan bakar, yaitu mencampur minyak dengan bensin.

Ini menumpahkan minyak dan menyebabkan perubahan warna dan bau. Akibatnya, oli tidak dapat melumasi dengan baik setiap komponen di ruang mesin.

Dengan kata lain, oli tidak melindungi gesekan antar komponen di dalam mesin, sehingga komponen yang tidak terlumasi dengan baik bisa rusak.

Mengapa bahan bakar oktan tinggi membuat mesin bertahan lebih lama?

Sebagai informasi, bahan bakar beroktan tinggi dikatakan membuat suku cadang kendaraan lebih awet. Performa mesin akan lebih terjaga dan jarak tempuh akan semakin meningkat karena pembakaran mesin yang sempurna.

Selain itu, bahan bakar beroktan tinggi membuat performa mesin lebih mudah karena tidak ada sisa kerak pembakaran.

Secara teknis, bensin beroktan tinggi seperti RON 92 sebenarnya lebih irit dibandingkan bensin dengan angka oktan 88 atau 90.

Juga, semakin kecil RON, semakin mudah untuk membakar bensin cair. Dalam hal ini, pembakaran bensin dengan nilai oktan 92 akan lebih efektif daripada RON 88 dan 90.

Keuntungan lain menggunakan bensin RON 92 adalah pembakaran yang lebih sempurna, karena bensin hanya terbakar setelah kontak dengan busi. Dengan demikian silinder kendaraan juga bersih.

Tak kalah pentingnya adalah penggunaan bensin RON 92 yang membuat mesin kendaraan terasa lebih ringan karena tidak ada kerak dari bensin yang terbakar, atau residu yang menempel di sekitar silinder.

READ  Diskon Spesial Ramadhan dari KFC, kolaborasi dengan halaman Duperware

Selain memberikan performa yang lebih baik untuk mesin sepeda motor, bahan bakar RON yang tinggi juga mempengaruhi kualitas lingkungan karena memiliki tingkat emisi yang lebih rendah.

Bagi yang ingin mendapatkan bahan bakar oktan lebih untuk menjaga performa mesin dan membuat mesin awet, kini bisa mengunjungi Mobil™ POM Mikro.

Mobil™ POM Mikro menyediakan bahan bakar berkualitas untuk kendaraan Anda dengan RON tinggi, yaitu 92. Secara teknis, bensin dengan angka oktan lebih tinggi seperti RON 92 sebenarnya lebih irit dibandingkan bensin dengan angka oktan 88 atau 90.

Selain SPBU yang berkualitas, Mobil™ POM juga menyediakan jasa inspeksi Mikro. Mesin menyala, Periksa dan ganti ban Perangkat gigi Untuk pengendara.

Untuk performa mesin yang maksimal, Anda bisa mengganti oli motor secara rutin Suara Ponsel Saat menguji minyak.

Ponsel Suara. (www.mobil.co.id)

Mobil ™ adalah oli Mesin menyala Pekerjaan yang sangat baik tidak hanya melindungi alat berat, tetapi juga mempertahankan kinerja tinggi sepanjang masa pakai alat berat. Melalui jaringan Mesin menyala Mobil ™ Oil selalu percaya diri dalam memberikan performa terbaik, apa pun jenis sepeda motor yang menggunakan teknologi sintetis.

Jangan khawatir motor Anda tiba-tiba mogok karena Mobil™ Oil siap melindungi mesin motor Anda dengan sepenuh hati. Datang dan segera beralih ke Mobil Oil untuk performa tangguh!

Untuk informasi lebih lanjut tentang Mobil ™ POM Mikro, silakan kunjungi Situs berikut.

Pengarang: Mo. Fitra Habibullah | Pengarang: Bartzen