Agenda Hari Kesebelas FTJ 2019, Jumat 22 November 2019

Portal Teater – Penonton begitu terpukau ketika menyaksikan pentas “Kisah Cinta Dan Lain-Lain” karya Arifin C. Noer oleh Teater Indonesia pada Kamis (21/11) malam di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Sutradara Buddy Sumantri atau yang terkenal dengan Budi Kecil dengan cerdas menempatkan titik-titik adegan untuk mengaduk emosi penonton.

Bakal tidak kalah serunya, Teater Camuss Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) Jakarta, yang pada akhir bulan lalu menjuarai Festival Teater Jakarta Timur 2019.

Malam hari ini, Jumat (22/11), mereka akan mementaskan “Mak Comblang” karya Nikolai Gogol (terjemahan Asrul Sani dan Tuti Indra Malaon) pada pukul 19.30 WIB.

Disutradarai Reza Ghazali, Teater Camuss akan membawakan lakon ini dengan konsep komikal. Nah, hampir dapat dipastikan, pentas ini bakal seru dan mengasyikkan.

Pastikan Anda menjadi bagian dari catatan perjalanan FTJ tahun ini. Teater Camuss dan beberapa grup peserta FTJ lainnya sedang menunggu kedatangan Anda.

Sinopsis

Lakon “Mak Comblang” menceritakan tentang seorang opster bernama Akhmad. Di usianya yang semakin senja, Akhmad belum juga berkeluarga.

Kemudian ia meminta pertolongn kepada Mak Comblang yang bernama Nyonya Eliya untuk mencarikan calon istri. Nyonya Eliya menjodohkan Akhmad dengan Ambarita, tetapi ternyata bukan hanya Akhmad yang ia comblangkan kepada Ambarita.

Ada lima orang lain yang memiliki strata yang sebanding dengan Akhmad. Ke lima pria tersebut tiga di antaranya ialah bernama Tatang Serabi, Arjuna, dan Tigor.

Saat Nyonya Eliya memberitahukannya kepada Akmad, bahwa Ambarita yang dicomblangkan kepadanya, datanglah sahabat Akhmad yang bernama Karim. Dia mengetahui niat Nyonya Eliya untuk mencomblangkan Akhmad dengan Ambarita.

Kemudian ia mengambil alih Nyonya Eliya untuk mencomblangkan dan menyuruh Akhmad segera menemui Ambarita dengan menanyakan alamatnya kepada Nyonya Eliya.

Akhmad awalnya ragu dan malu serta pesimis tidak akan diterima oleh Ambarita sekaligus merasa belum siap menikah. Tapi atas pengaruh Karim, akhirnya Akhmad mau mencoba.

Sesampainya di rumah Ambarita, Akhmad terkejut, ternyata bukan hanya dirinya yang dicomblangkan dengan Ambarita.

Melihat hal tersebut Karim membuat strategi supaya Akhmad yang diterima dengan cara berpura-pura kalau dia saudaranya, keluarga Arina. Dan menghasut Ambar supaya memilih Akhmad.

Keesokan harinya Ambarita menolak satu persatu laki-laki yang dicomblangkannya, dan menerima lamaran dari Akmad.

Namun saat hari pernikahan, Akmad melarikan diri karena sebenarnya dia belum siap untuk menikah, karena ini semua hanyalah rencana dari Karim.

Ambarita merasa sangat kecewa dan sedih, karena itu bibi Arina memaki Karim tidak terkecuali Nyonya Eliya. Pada akhirnya mereka tidak jadi menikah.

Nah, sahabat teater, seru kan? Bagaimana persis kisah pernikahan yang tertunda ini bakal disajikan dalam pentas teater secara komikal dengan mengambil latar komedi satir era 1960-an?

Teater Camuss malam hari ini akan mengajak Anda dan kita semua untuk melihat kenaifan-kenaifan yang tidak jauh dari pengalaman harian kita.

Selain pertunjukan, FTJ hari kesebelas akan dibuka dengan pameran “Drama Penonton” pada pukul 13.00 WIB di Lobby Teater Kecil, TIM Jakarta.

Sahabat teater yang tidak kebagian registrasi online untuk pertunjukan nanti malam, disediakan registrasi on the spot yang akan dibuka pada pukul 18.00 WIB.

Seluruh pertunjukan ini terbuka untuk umum dan gratis.

*Daniel Deha

Baca Juga

“SAMARA: Anniversaria”, Persembahan Akhir Tahun Teater Pandora

Portal Teater - Teater Pandora baru saja menyuguhkan menu penutup tahun kalender 2019 lewat pementasan imersif bertajuk "SAMARA: Anniversaria" di Lucy in the Sky...

Teater Niyaniya Serukan Perdamaian Lewat “Bangau Kertas”

Portal Teater - Teater Niyaniya bakal mempersembahkan sebuah pementasan teater di penghujung tahun ini berjudul "Bangau Kertas". Naskah produksi ke-9 berbasis Jakarta ini bercerita...

Malam Anugerah Sastra DKJ Siap Digelar, Siapakah Pemenangnya?

Portal Teater - Malam Anugerah Sayembara Sastra Dewan Kesenian Jakarta 2019 akan segera digelar pada Rabu (4/12), pukul 19.00 WIB di Teater Kecil, Taman...

Terkini

Setelah FTJ, Teater Nusantara Pentaskan Lagi “Arung Pallaka” di Slawi

Portal Teater - Teater Nusantara akan mementaskan lagi naskah "Arung Pallaka" di Monumen Gerakan Benteng Nasional (GBN) Slawi, Jawa Tengah, Sabtu (7/12), pukul 20.00...

Teater Alamat Buka Perekrutan Anggota Baru

Portal Teater - Teater Alamat membuka perekrutan anggota baru pada akhir tahun ini. Proses perekrutan ini akan berlangsung pada 6-31 Desember 2019 yang terdiri dari...

Theater Olympics 2019 Tampilkan 104 Produksi dari 22 Negara

Portal Teater - Festival teater internasional yang menghadirkan sejumlah praktisi teater kenamaan dari seluruh dunia, Theater Olympics, kembali digelar tahun ini dengan menampilkan 104...

Komite Tari DKJ Kembali Gelar Telisik Tari “Ballet At Batavia”

Portal Teater - Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan  Telisik Tari, pada Jumat (6/12). Program ini merupakan "saling silang" antara tari ballet...

Animo Peserta Sayembara Sastra DKJ Terus Menurun

Portal Teater - Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) telah mengumumkan nama-nama pemenang Sayembara Sastra DKJ tahun 2019, Rabu (4/12) malam. Selain hal-hal mengejutkan...