Desember 9, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Alvaro Batista tidak menang di Mandalay, tetapi mendapat mobil gratis dari Hyundai

Jakarta

Pembalap World Superbike (WSBK) Alvaro Batista mendapatkan mobil gratis dari Hyundai di Sirkuit Mandala, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pembalap dari Honda Racing ini meraih penghargaan Hyundai N-Spider Rider Award.

Ekspresi kebahagiaan Alvaro Batista tidak pernah bisa diredam. Ia tersenyum saat secara simbolis menerima mobil Hyundai i30N Project C.

“Ya senang sekali karena hari ini bertepatan dengan ulang tahun saya,” kata Batista, Minggu (21/11/2021) di WSBK Badak Show, Sirkuit Mandalika.

Apa itu Hyundai N-Spider Rider?

Hyundai dan Dorna WSBK diketahui akan berkolaborasi hingga 2023. Kini penghargaan Hyundai N-Spired bukan ditujukan kepada siapa yang akan memenangkan WSBK, melainkan pembalap yang akan menyalip pengendara di depannya.

Seperti dikutip dari laman WSBK, setiap pebalap akan diberikan poin berdasarkan posisi start dan finish. Misalnya, jika seorang pebalap start di urutan 10 dan finis di urutan kelima, pebalap itu mendapat lima poin karena dia mampu bergerak 5 level.

Poin dihitung dalam balapan pertama dan kedua musim ini. Hadiah diberikan pada babak final yang diadakan di Sirkuit Mandala tahun ini.

Hyundai i30N Project C Foto: Ridwan Arif serah terima

Di ajang WSBK Mandalay, Alvaro Bautista dari tim HRC yang mengendarai Honda CBR1000 RR-R, finish di urutan ke-8 pada balapan pertama. Batista turun ke posisi 10 pada balapan kedua.

Dari daftar level WSBK 2021, Alvaro Batista hanya mampu finis di peringkat 10. Meski begitu, ia tidak menyesalinya, karena di hari ulang tahunnya ia mendapat mobil baru Hyundai gratis.

Hyundai i30N Project C adalah mobil edisi terbatas. Di awal ajang Frankfurt 2019, hanya diproduksi 600 unit.

READ  Produksi Honda HR-V dihentikan dan harus diganti dengan mobil listrik

Mobil 5 seater ini khusus dikembangkan oleh Hyundai Center and Development di Namyang, Korea Selatan. i30 N Project C memang sengaja didesain untuk performa tinggi, bahkan bobotnya diturunkan hingga 50 kg dari versi standar i30 N.

Proyek Hyundai i30 cHyundai i30 Project C Foto: Hyundai

Alasan pengurangan bobot dibandingkan Hyundai i30N Project C versi standar adalah penggunaan velg racing OZ 19 inci yang lebih ringan. Dikatakan bahwa bobotnya akan berkurang menjadi 22 kg dari i30 N standar.

Kedua, one touch lightening dari i30 N Project C adalah penggunaan carbon fiber reinforced polymer (CFRP) di banyak bagian, seperti kap mesin, diffuser, jok belakang dan separator depan.

Perbedaan lain dari model standar adalah i30 N Project C lebih dekat 6mm ke jalan, berkat kalibrasi suspensi yang lebih pendek dan lebih keras. Jadi bisa dipastikan mobil ini akan terkontrol saat memanggil kecepatan di sirkuit.

Mesin i30 N masih dalam kondisi yang sama dengan paket performa yang menggunakan mesin 2.0 liter turbocharged yang mampu mengeluarkan tenaga 275 PS dan torsi 378 Nm.

Tonton videonya”Hebat peminatnya, ribuan tiket WSBK Mandalika dalam tiga hari
[Gambas:Video 20detik]
(Belakang / RGR)