September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Anies memperkenalkan Kodu sebagai kota masa depan

Jakarta

Revitalisasi kota tua hampir selesai. Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan memperkenalkannya sebagai kota masa depan.

Seperti namanya, Kota Dua merupakan destinasi wisata yang memberikan suasana Jakarta tempo dulu. Namun, pasca revitalisasi, Pemprov DKI Jakarta memperkenalkan kota tua sebagai kota masa depan.

Pada acara pembukaan festival Kota Dua Batavia, Anis mengatakan bahwa Kota Dua telah berubah. Kota Dua bukan hanya bagian yang menyajikan masa lalu tetapi juga menunjukkan masa depan.

“Karena tempat ini memiliki banyak sejarah perjalanan Jakarta. Dan tempat ini sering dianggap sebagai kota tua, kota masa lalu, kota yang kita lihat kembali. Hari ini tempat itu telah berubah, di Kota Dua kita melihat masa depan”, Jumat (26/8/2022) di kawasan Kota Dua. Kata Anis saat launching festival Kota Dua Batavia 2022.

Anis di Festival Batavia Kota Tua 2022 (Foto: Yasmin Noorfatila/Tediccom)

Kota tua adalah slogan kota masa depan yang dikaitkan dengan renaisans yang sedang berlangsung. Salah satu tujuan revitalisasi tersebut adalah mengubah kota lama menjadi kota ramah pejalan kaki dan hal ini sejalan dengan indikator kota masa depan.

“Kota masa depan adalah satu, didominasi pejalan kaki, dan semua ruang ini siap untuk berjalan kaki. Kedua, fasilitas transportasi umum yang menjangkau ruang ini. Ketiga, kota masa depan adalah kota rendah emisi, bersih. Udara dan di sini selesai. Zona Emisi Rendah. Zona Rendah Emisi,” lanjut Anis.

Selain pembangunan trotoar di banyak tempat, revitalisasi ini juga memenuhi indikator lain kota masa depan, seperti ketersediaan angkutan umum. Kebangkitan ini mengakibatkan fasilitas transportasi umum dekat.

READ  Roy Suryo Tolak Lelucon 'Mantan Menteri Bodoh' Ferdinand

Kini pengunjung yang menggunakan KRL dan Transjakarta bisa turun langsung di depan kawasan Kota Dua. Salah satu langkah awal yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk memperkenalkan kota tua sebagai kota masa depan adalah dengan menggelar Festival Kota Dua Batavia.

“Ini ditandai dengan Festival Kota Dua Batavia 2022, festival yang saat ini kita kerjasama. Semoga festival ini berjalan dengan baik. Saya ingin mengajak semua orang yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Mari kita pergi ke Kota Dua dan melihat Kota .Dua. Pembangunannya hampir selesai dan kami menghidupkan kembali festival kota tua,” kata Anies.

Festival Batavia Kota Tua 2022Batavia Festival Kota Dua 2022 (Foto: Yasmin Noorfatila/Tedikcom)

Festival Kota Dua Batavia 2022 akan berlangsung selama tiga hari mulai Jumat, 26 Agustus hingga Minggu, 28 Agustus 2022. Festival ini menampilkan 80 UMKM dan 10 pertunjukan musik.

“Berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman yang merespon tren saat ini, namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang telah diadakan setiap tahunnya,” kata Novita Devi, direktur utama Jakarta Experience Board, dalam sambutannya di acara yang sama selaku penyelenggara festival.

Tonton videonya”Anies Baswedan resmi membuka Festival Kota Tua Batavia
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/msl)