Desember 5, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Apa itu Google Play Protect untuk melindungi perangkat Android?

Gadgetren – Untuk melindungi pengguna dari berbagai jenis serangan cyber melalui aplikasi, Google Itu juga mengembangkan dukungan untuk Google Play Protect untuk platform Android-nya.

Dukungan ini sekarang dapat dilihat di berbagai perangkat Android terlepas dari merek yang digunakan. Jadi jika Anda ingin memanfaatkan perlindungan data yang ditawarkannya, tidak perlu menginstalnya secara manual.

Buat kamu yang penasaran dengan fungsinya secara lebih detail, berikut ini penjelasan tentang apa itu Play Protect, termasuk bagaimana memanfaatkan dukungan ini di ponsel Android.

Apa itu Google Play Protect?

Play Protect adalah malware yang disematkan dari Google yang memberikan perlindungan data dan perangkat kepada pengguna di ekosistem Android di tingkat aplikasi.

Seperti anti-malware pada umumnya, sistem Play Protect secara khusus mencegah pemasangan aplikasi berbahaya yang mengancam data dan perangkat Android itu sendiri.

Sistem anti-malware ini didukung oleh teknologi pembelajaran mesin Google yang beradaptasi dan berkembang dari waktu ke waktu. Jadi secara teori bisa beradaptasi dengan jenis serangan malware terbaru.

Google juga memanfaatkan kemampuan keamanan perangkat yang terintegrasi dengan sistem keamanan berbasis cloud untuk melindungi ponsel dan data dengan lebih baik. Dengan begitu, Play Protect akan terus menerima pembaruan untuk meningkatkan fungsinya.

Berdasarkan klaim Google, sistem keamanan ini akan terlebih dahulu menguji aplikasi yang diajukan di Google Play Store sebelum dipublikasikan. Proses pemindaian otomatis akan dilakukan setiap hari untuk meningkatkan keamanan.

Yang cukup menarik, Anda bisa mengatur pemindaian otomatis dari Play Protect sesuai kebutuhan. Kita dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Cara menyiapkan Pemindai Otomatis Google Play Protect

  1. Buka aplikasi Play Store
  2. Mengetuk Gambar profil Google
  3. Pilih Menu Mainkan Lindungi
  4. Ketuk tombol Mainkan pengaturan Proteksi (ikon roda gigi) di pojok kanan atas
  5. Matikan atau aktifkan opsi Pindai aplikasi dengan Play Protect dan meningkatkan deteksi aplikasi berbahaya
    Apa itu Google Play Protect - Pengaturan
READ  Ups, Battlefield 6 PS4 dan Xbox One tidak bersatu

Selain memindai malware secara otomatis, Play Protect juga mendukung fitur khusus untuk menghapus izin akses dari aplikasi yang jarang digunakan. Ini dapat dilakukan dengan membuka menu Izin untuk aplikasi yang tidak digunakan Di halaman pengaturan Play Protect.