Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Apa itu Medan Magnet Bumi?  Baca deskripsi dan fungsinya

Apa itu Medan Magnet Bumi? Baca deskripsi dan fungsinya


Jakarta

Medan magnet bumi Ini adalah salah satu hal terpenting bagi sebagian besar makhluk hidup di Bumi. Manusia, hewan, dan tumbuhan sebenarnya bergantung pada medan magnet bumi untuk kelangsungan hidupnya.

Dikutip PMKGUmumnya, Medan gaya Ruang di sekitar magnet tempat magnet memberikan efeknya. Kekuatannya bervariasi terhadap jarak, artinya medan magnet pada suatu titik berbanding terbalik dengan kuadrat jarak magnet.

Sebagai magnet raksasa, bumi mempunyai medan magnet atau dikenal dengan medan geomagnetik, yaitu wilayah di sekitar bumi yang masih terpengaruh oleh gaya tarik magnet bumi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai medan magnet bumi, simak penjelasan berikut ini:

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Apa itu Medan Magnet Bumi?

Dikutip dari volume yang dilansir di situs resminya Kementerian Pendidikan dan KebudayaanApa artinya ini? Medan magnet bumi Daerah sekitar bumi yang masih terpengaruh oleh gravitasi bumi. Medan magnet bumi dapat mempengaruhi kutub magnet yang terletak bebas di sekitar permukaan bumi.

Menurut teori kemagnetan bumi, bumi digambarkan sebagai magnet raksasa yang mempunyai kutub-kutub magnet, yaitu kutub utara magnet dan kutub selatan magnet. Kutub utara magnet bumi mengelilingi kutub selatan bumi, sedangkan kutub selatan magnet bumi mengelilingi kutub utara bumi.

Ketidakakuratan kutub utara dan selatan magnet bumi disebut deklinasi. Selain ketidaktepatan dalam menentukan arah kutub utara dan selatan magnet bumi, medan magnet bumi membentuk sudut dengan permukaan mendatar bumi, atau disebut dengan Sudut kemiringan.

Grafik medan magnet bumi (Foto: National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA)

Aktivitas medan magnet bumi

Keberadaan medan magnet bumi sangat penting bagi kehidupan di Bumi. Medan magnet bumi berperan sebagai tameng, melindungi penduduk bumi dari radiasi kosmik (partikel listrik yang dihasilkan Matahari atau benda langit lainnya) yang berbahaya bagi kesehatan.

READ  Hubble menangkap bintang terjauh yang diamati sejauh ini

Dengan adanya medan magnet bumi, partikel listrik tidak dapat menembus seluruh permukaan bumi, melainkan tertarik ke kutub magnet bumi. Ketika menghantam atmosfer bumi, partikel-partikel ini terionisasi (fenomena di mana elektron dikeluarkan dari nukleon) dan membentuk plasma lemah (gas super dipanaskan sehingga elektron dikeluarkan dari nukleon). Tampilan cahaya plasma yang indah inilah yang dikenal Fenomena Aurora.

Salah satu fungsi medan magnet bumi dijelaskan lebih lanjut kepada hewan sebagai waktu Proses migrasi hewan. Banyak spesies hewan seperti merpati, penyu, salmon, dan paus menggunakan medan magnet bumi untuk bernavigasi selama migrasi.

Hewan-hewan ini memiliki indera yang dapat merasakan medan magnet bumi, sehingga mereka dapat membuat 'peta' untuk memandu perjalanannya. Misalnya, burung merpati bisa menemukan jalan pulang setelah 'dipanggil' oleh pemiliknya untuk melakukan perjalanan jauh. Pada zaman dahulu, orang menggunakan merpati pos untuk mengirim surat karena kemampuan ini.

Hewan mempunyai magnet pada tubuhnya sehingga dapat mendeteksi medan magnet bumi. Fenomena ini disebut biomagnetisme. Selain menentukan arah migrasi, keberadaan medan magnet bumi memudahkan hewan mencari mangsa atau menghindari musuh.

(wia/imk)