Juli 2, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Apa itu Starling? Layanan internet satelit yang dijanjikan diluncurkan di Indonesia pada 2023

KOMPAS.com – Maskapai luar angkasa sendiri Elon Musk, SpaceXMengumumkan perluasan area jangkauan layanan Internet burung jalak Tersedia di 32 negara.

Pengumuman ini dibuat melalui akun Twitter resmi SpaceX. Inggris, Prancis, Spanyol, Portugal, Denmark, Jerman, Meksiko, dan negara-negara lain sekarang berada dalam batas-batas area layanan Internet Starling.

Baca selengkapnya: Elon Musk tertarik berkolaborasi dengan Indonesia melalui Tesla dan SpaceX

Pengguna dari negara-negara ini yang telah memesan layanan Starling akan segera dapat mengakses Internet. Juga disertakan dalam unggahan Twitter SpaceX adalah tautan ke peta cakupan area Jalak (Peta Burung Jalak)

Saat melihat tautan Peta Burung JalakLihat peta area ketersediaan Layanan Internet Starlink, ditandai dalam tiga warna: biru muda, biru, dan biru laut.

Warna biru muda menunjukkan area di mana layanan Jalak tersedia. Area dengan warna biru dapat memesan layanan, tetapi masih dalam daftar tunggu (Daftar tunggu)

Meskipun warna biru laut merupakan lambang daerah yang belum terjangkau oleh jasa Jalak, salah satunya adalah Indonesia. Peta juga menunjukkan kapan layanan Starlink tersedia di area biru tua.

Untuk wilayah di Indonesia, peta Starlink menunjukkan bahwa layanan akan tersedia pada 2023, tetapi tidak menentukan tanggal atau bulan.

Meski rencananya baru akan dirilis tahun depan, calon pengguna di Indonesia sudah bisa memesan layanan web Jalak secara online. https://www.starlink.com/.

Di bidang pencarian di situs, pengguna dapat memasukkan alamat lokasi mereka dan mengklik opsi “Pesan Sekarang”. Selanjutnya pengguna diminta untuk mengisi data pesanan seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, email dan lainnya.

Kemudian, pengguna membayar 99 dolar AS atau sekitar Rp. 1,4 juta (kurs transaksi Rp 14.400) setoran pesanan layanan yang harus dibayar. Pembayaran hanya dapat dilakukan dengan kartu kredit dan uang dapat ditarik tanpa berlangganan Starling.

READ  PalmSote mendorong pertemuan dengan direktur PRI untuk menghilangkan kredit macet bagi UMKM

Baca selengkapnya: 6 jenis perangkat keras untuk mengakses Internet di komputer

Layanan web Starlink mungkin sudah tidak asing lagi bagi pengguna di Tanah Air. Untuk itu, bagi pengguna yang tidak mengerti Apa itu Layanan Internet StarlinkCoba lihat deskripsi di bawah ini dulu,

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Starling adalah layanan Internet yang dioperasikan oleh SpaceX, maskapai luar angkasa milik Elon Musk.

Layanan web Starlink disediakan untuk pengguna yang menggunakan satelit luar angkasa yang dikembangkan oleh SpaceX. Baru-baru ini, SpaceX meluncurkan 53 satelit Starling.

Sebagai layanan Internet, Starlink telah diluncurkan ke publik sejak 2018. Hingga saat ini, hampir 2.000 satelit Starlink telah berhasil diluncurkan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Dengan satelit ini, Jaringan Starling berjanji untuk menyediakan layanan Internet Bandwidth lebar Keamanan berkecepatan tinggi di area yang luas, bahkan di daerah terpencil.

Dikutip dari halaman resmi burung jalakSaat berlangganan Starlink, pengguna akan mendapatkan dua perangkat untuk mengakses layanan Internet, yaitu antena penangkap sinyal satelit (Starlink Base) dan router WiFi. Kemudian, Apa kegunaan satelit Starling? ?

Starlink.com Deskripsi perangkat untuk mengakses Layanan Internet Starlink, antena (kanan) dan router WiFi (kiri).

Satelit Jalak di luar angkasa akan mengirim jaringan Bandwidth lebar Ke bumi. Setelah itu, jaringan ditangkap oleh antena yang dipasang di rumah pengguna dan kemudian dikirim ke perangkat router WiFi untuk dibagikan dengan orang lain. Dawai.

Dengan proses seperti itu, layanan Starlink bekerja seperti layanan Internet yang paling banyak tersedia di Indonesia, seperti Indihome. Layanan internet dibagikan secara merata melalui koneksi router WiFi.

Bedanya, Starling berbagi jaringan Bandwidth lebar Bukan melalui kabel, tetapi melalui penggunaan satelit luar angkasa Serat Optik Biasa digunakan oleh sebagian besar operator di Indonesia.

READ  5 peristiwa astronomi sepanjang tahun 2020, mulai dari misi pengorbit matahari hingga laman lubang hitam

Baca selengkapnya: Elon Musk membahas algoritma Twitter dengan Jack Dorsey

Sedangkan kecepatan akses internet yang ditawarkan Starlink berkisar antara 100 Mbps hingga 200 Mbps, dengan waktu transfer data atau delay 20 ms. Untuk jangkauan wilayah Jalak dikatakan bisa menyentuh daerah pelosok.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.