Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Deskripsi asteroid yang mendekati Bumi

Apa yang terjadi jika asteroid raksasa menabrak Bumi? Inilah yang dikatakan para ilmuwan

Bagan. Apa yang terjadi jika asteroid raksasa menabrak Bumi? Inilah yang dikatakan para ilmuwan.

Pengarang: Arif Putiando

KONTAN.CO.ID – Apa yang terjadi jika asteroid raksasa menabrak Bumi? Inilah yang dikatakan para ilmuwan tentang dampak ketika asteroid raksasa menabrak Bumi.

Beberapa berita tentang asteroid mendekati Bumi, Anda mungkin telah melihat baru-baru ini. NASA mengatakan tidak ada asteroid berbahaya yang menghantam planet ini, yang merupakan rumah bagi banyak spesies.

Namun, tidak jarang beberapa orang bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika asteroid menabrak Bumi.

dikutip Waktu Sains, Melangkah Matahari, Dampak asteroid yang menabrak Bumi tergantung pada ukurannya.

Tabrakan asteroid dapat menyebabkan bencana dan para ilmuwan telah mengembangkan simulasi untuk menentukan seberapa buruk itu akan terjadi.

Sementara itu, laporan menyarankan Twicketown, Asteroid mempengaruhi planet ini, meskipun karena diameternya yang kecil, batu yang berasal dari luar angkasa ini terbakar di atmosfer bumi sebelum mencapai permukaan.

Namun, banyak asteroid tidak mencapai permukaan, dan jika ukurannya cukup besar, dampaknya dapat dirasakan oleh semua penghuni bumi.

Para ilmuwan memberikan contoh asteroid yang mencapai permukaan bumi. Ini adalah asteroid yang bertanggung jawab atas kepunahan dinosaurus, yang diperkirakan berdiameter tujuh setengah mil dan bergerak dengan kecepatan sekitar 27.000 mil per jam.

Baca selengkapnya: Planet yang jauh ini dianggap mirip dengan Bumi, dan mungkin memiliki lapisan ozon yang serupa

Di sisi lain, Britt Sharringhausen, seorang profesor fisika dan astronomi di Floyd College, menjelaskan apa yang terjadi ketika sebuah asteroid menabrak Bumi.

Dalam uraiannya, bumi akan mengalami gelombang kejut, kebakaran, hujan asam, gempa bumi, musim dingin dan matahari terlarang selama kurang lebih dua tahun.

READ  Hiperkarnivora Misterius Bergigi Setajam Pisau, Hobi Berburu Tapir dan Badak Kecil

Dia menambahkan bahwa terlepas dari dampak skala ini, tidak semua kehidupan di planet ini akan berakhir. Padahal, manusia mungkin salah satu makhluk hidup.

Baca selengkapnya: Cari tahu tentang asteroid 2022AA yang mendekati Bumi bulan depan, dan apa dampaknya?

Semua abu jari dari abu api dan efeknya akan menggantung di atmosfer untuk sementara waktu. Bumi dipengaruhi oleh efek musim dingin.

Anda lihat, itu adalah abu dan puing-puing yang menghalangi sinar matahari, dan semua abu yang masuk ke laut mengasamkan lapisan atas. Jadi, barang-barang itu dibakar, semua yang ada di laut terbunuh, dan bumi membeku.

Itu terjadi di musim dingin selama sekitar dua tahun berturut-turut.

Bagaimanapun, kita semua berharap tidak akan ada lagi peristiwa atau kejadian mengerikan terkait asteroid yang menabrak Bumi di masa depan.

Namun, para ahli masih skeptis tentang melindungi Bumi dari benda atau bahan berbahaya yang berasal dari luar angkasa.

NASA telah mulai bekerja untuk memperkuat keamanan Bumi melalui DART dengan peluncuran pesawat ruang angkasa asteroid. Misi ini bertujuan untuk mengalihkan asteroid sehingga menyimpang dari jalur yang dapat diakses Bumi.