Juli 4, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Arah dan kemiringan sumbu rotasi planet-planet di tata surya

Apakah planet lain berotasi seperti Bumi?

KOMPAS.com – Bumi berputar atau berputar pada porosnya sehingga terjadi siang dan malam. Lalu bagaimana dengan planet lain, apakah planet lain berputar seperti bumi? Jawabannya iya, Semua planet berputar.

Semua planet yang ada di dalamnya Sistem tata surya Berputar seperti bumi. Mengapa semua planet berputar? Untuk menemukannya, tata surya kita 4,6 miliar tahun yang lalu hanyalah awan dan debu.

Awan atau nebula besar ini kemudian runtuh dan mulai membentuk planet. Dilaporkan dari Tanya seorang astronomNebula kemudian mengalami rotasi yang sangat kecil, yang kemudian meningkat secara dramatis dan mulai berkontraksi untuk membentuk sebuah planet.

Baca selengkapnya: Teori awan debu

Hal ini sesuai dengan hukum yang melindungi momentum dalam ruang hampa. Saat jari-jari orbit berkurang (awan mengembun dan membentuk planet dengan massa tetap), kecepatan sudut meningkat.

Mempertahankan kecepatan ini membuat planet-planet, serta semua planet berputar. Sederhananya, planet tidak terbentuk tanpa rotasi.

Planet-planet mengorbit pada arah yang sama kecuali Venus dan Uranus

Semua planet dikatakan berotasi seperti bumi karena mereka berotasi dengan arah yang sama. Dilaporkan dari Fokus ilmiahIni karena planet-planet di tata surya terbentuk pada piringan nebula yang sama.

Oleh karena itu, ia memiliki rotasi yang sama dalam arah yang berlawanan dari barat ke timur. Dua planet uang Venus dan Uranus tidak berotasi dalam arah yang sama.

Baca selengkapnya: Waktu revolusi dan rotasi planet

NASA Arah dan kemiringan sumbu rotasi planet-planet di tata surya

Venus berotasi dengan arah yang berlawanan dengan planet lain

Venus awalnya mengorbit Bumi dan planet lain. Namun, Venus dekat dengan Matahari dan menikmati tarikan gravitasi yang besar.

READ  Keindahan Saturnus tidak dapat dihancurkan oleh Pengorbit Bulan NASA, lengkap dengan cincin planetnya

Dilaporkan dari Peringatan ilmiahPara ilmuwan percaya bahwa tarikan gravitasi yang kuat di atmosfer padat Venus menciptakan gelombang yang dapat mengubah rotasi planet.

Venus diperkirakan akan berputar terbalik. Yaitu, searah jarum jam dari timur ke barat.

Baca selengkapnya: Uranus, planet para petualang misterius

Uranus berputar pada sisinya

Tidak seperti planet lain yang mengorbit secara vertikal, Uranus mengorbit pada sisinya. Dilaporkan dari Studi Tata Surya NASAUranus merupakan satu-satunya planet yang hampir tegak lurus orbitnya karena memiliki kemiringan 97,77 derajat.

Seperti Venus, Uranus memiliki orbit yang berbeda dari planet lain. Awalnya, Uranus akan mengorbit seperti planet lain. Namun, Uranus bertabrakan dengan objek seukuran Bumi yang mengubah rotasinya.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.