Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Apple Tuan “Material U” Android T iOS 18

Apple Tuan “Material U” Android T iOS 18

KOMPAS.comapel untuk memperkenalkan iOS 18 Selasa (11/6/2024) dini hari waktu Indonesia pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024

Apple mengklaim iOS 18 hadir dengan banyak fitur dan peningkatan baru. Meski begitu, banyak fitur yang diperkenalkan ternyata sudah ada Android.

Salah satu fitur yang ditiru Apple dari Android adalah kemampuan untuk menyesuaikan tampilan layar beranda dan layar kunci.

Untuk pertama kalinya, pengguna iPhone Anda dapat mengotak-atik tampilan layar beranda sesuka Anda. Ikon aplikasi dapat dipindahkan ke mana saja di layar beranda.

Selain memindahkan ikon, pengguna iOS 18 juga dapat menentukan palet warna sesuai selera.

Misalnya warna yang dipilih adalah kuning. Kemudian, semua ikon aplikasi di iPhone Anda akan berubah menjadi kuning. Opsi ini dapat digunakan untuk mencocokkan desain atau warna kertas dinding Ini digunakan dengan cara yang sangat mirip.

Baca Juga: iOS 18 Dapat 9 Fitur AI, Alat Tulis, Image Playground, Genmoji

Apple mengadopsi fitur ini dari bahasa desain antarmuka Android-nya GoogleDia Artinya kamu.

Material U adalah versi terbaru dan lebih baik dari bahasa desain Desain Material. Sedikit informasi, Material Design diperkenalkan Google sejak dirilisnya Android 5.0 Lollipop dan terus dikembangkan setiap tahunnya.

Dengan Material U, pengguna ponsel Android bisa memilih tema warna tampilan Terampil. Sistem menawarkan banyak pilihan Palet warna Itu bisa digunakan.

Anda bisa memadukan warna kuning dan hijau, merah dan biru, pink dan putih, coklat dan biru, dan sebagainya. Dengan memilih salah satu opsi tersebut, maka seluruh tampilan, ikon aplikasi, jendela notifikasi akan berubah sesuai warna yang dipilih.

Google Android 12 memiliki tampilan baru dengan bahasa Material U Design

Namun, terdapat perbedaan pada fitur penyesuaian warna Apple dan Google. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pengguna Android hanya bisa memilih warna yang disediakan oleh Google. Warna lain tidak dapat dipilih di luar pilihan palet warna.

Sedangkan iOS 18 memungkinkan pengguna menentukan warna yang diinginkan tanpa batasan apa pun. Jadi, pengguna bebas sepenuhnya menyesuaikan warna ikon aplikasi di iPhone.

Fitur baru di iOS 18 adalah Anda dapat menyesuaikan tampilan layar beranda dan layar kunciSirup seluler Fitur baru di iOS 18 adalah Anda dapat menyesuaikan tampilan layar beranda dan layar kunci

Namun kehadiran fitur kustomisasi home screen dan lock screen akan mengurangi ciri khas Apple yang kerap mengedepankan desain jernih, bersih, dan minimalis.

Selain fitur ini, masih banyak fitur lain yang “disalin” Apple dari Android. Misalnya, memungkinkan pengguna merekam panggilan suara, menyembunyikan aplikasi, menyematkan objek dalam gambar, atau mengambil foto langsung ke dalam foto, dalam mode permainan saat ini. KompasTekno dari Otoritas AndroidMinggu (16/6/2024).

Baca Juga: 5 Fitur iOS 18 yang Disalin Apple dari Android


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.