Juli 4, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ilustrasi: Meteor

Asteroid, komet & meteor itu berbeda, berikut definisinya masing-masing

KONTAN.CO.ID – Asteroid, komet dan meteor berbeda, berikut adalah arti dari masing-masing benda langit tersebut. Meteor dan komet biasanya bisa dilihat sebagai pemandangan yang menarik di langit, sedangkan asteroid bisa menjadi cambuk yang mengerikan bagi planet ini jika diserang.

Apakah menurut Anda asteroid, komet, dan meteor adalah benda langit yang sama atau berbeda?

Meskipun ketiga benda tersebut merupakan benda langit, namun tidak semua benda langit identik. Seperti halnya planet, tidak semua planet memiliki karakteristik yang sama atau tidak semuanya masuk dalam kategori “cocok”.

Berbicara tentang asteroid, komet, dan meteor, ketiganya adalah benda langit yang tidak asing lagi di telinga kita. Tak jarang, asal usul benda angkasa ini terkadang terlihat dari Bumi.

Mari kita pahami benda-benda langit dari asteroid, komet dan meteor dengan arti masing-masing.

Baca selengkapnya: Untuk mengetahui apa itu black hole atau lubang hitam, berikut penjelasannya

1. asteroid

Asteroid sering disebut sebagai asteroid atau planet. Menurut NASA, asteroid adalah sisa batuan di luar angkasa dari awal pembentukan tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.

Hingga saat ini, ada lebih dari satu juta asteroid yang diketahui, tepatnya 1.113.527.

Asteroid berbeda dari komet dalam penampilan visualnya. Komet menunjukkan koma atau ekor, sedangkan asteroid tidak.

Di langit, asteroid muncul sebagai titik cahaya, seperti bintang, menunjukkan sedikit atau tidak ada cakram planet. Asteroid mudah dibedakan dari bintang berdasarkan gerakannya.

2. Komet

Komet adalah benda langit yang mengorbit matahari. Menurut NASA, komet didefinisikan sebagai sisa-sisa beku dari pembentukan debu, batu, dan es tata surya.

Lebarnya berkisar dari beberapa mil hingga sepuluh mil.

READ  Ilmuwan Mendeteksi Dua Gempa Dahsyat Terjadi di Mars

Saat matahari mendekat, beberapa zat yang membentuk komet menguap untuk membentuk kepala dan ekor gas. Hal inilah yang membuat komet terlihat indah dan menghiasi langit malam saat muncul.

Baca selengkapnya: Benda-benda langit yang mengelilingi matahari, kecuali planet-planet, lengkap dengan deskripsinya

Cahaya dari komet berasal dari gesekan atom-atom di udara.

3. Meteor

Berbicara tentang meteorit, benda langit ini terkait erat dengan meteorit dan meteorit. Jadi pada pembahasan meteorit, kita juga akan mengetahui apa itu meteorit dan asteroid.

Ini semua terkait dengan kilatan cahaya di langit yang disebut “bintang jatuh”, yang terkadang terlihat berbaris di langit.

Namun, dalam proses dan perjalanannya, benda-benda langit ini memiliki nama yang berbeda.

Menurut NASA, meteorit adalah benda-benda di luar angkasa yang ukurannya berkisar dari butiran debu hingga asteroid kecil. Pikirkan mereka sebagai “batu luar angkasa”.

Ketika meteorit memasuki atmosfer bumi atau planet lain dan terbakar dengan kecepatan tinggi, itu tampak seperti “bintang jatuh”. Mereka disebut meteorit.

Jika bagian dari meteorit terbakar dan mencapai tanah dalam perjalanannya melalui atmosfer, itu disebut meteorit.

Bagaimana? Apakah Anda sekarang memahami arti asteroid, komet, dan meteor?

Semoga pembahasan tentang asteroid, komet, dan meteor ini dapat dipahami sepenuhnya dengan artinya masing-masing dan menambah pemahaman Anda tentang benda-benda langit.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita