September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Banyak Pemain Belanda yang Dinaturalisasi Timnas Indonesia, Sekjen KNVB: Jangan Berlebihan: Okeson Bola

pemain Belanda sangat alami tim nasional indonesia, jawab Sekjen KNVP. Gijs de Jong, Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Belanda (KNVB), menanggapi proses naturalisasi yang rutin dilakukan bagi keturunan pemain timnas Indonesia.

Gijs de Jong berbicara pada konferensi pers Festival Jeruk Indonesia. Upacara tersebut diadakan untuk menghidupkan Piala Dunia 2022 dan menghubungkan hubungan KNVB dengan penggemar tim nasional Belanda di Indonesia.



Pada kesempatan itu, KNVB akan membawa pengalaman Oranye ke Indonesia dengan mengadakan ‘Festival Oranye Indonesia’ resmi pertama untuk para penggemarnya di Jakarta. Kemudian, mereka akan menggelar acara nonton bareng Belanda vs Ekuador pada 25 November 2022 di kawasan Stadion Utama Kelora Bung Karno.

Usai jumpa pers, Gijs de Jong mengomentari pemain timnas Indonesia asal Belanda. Sementara Stefano Lilibali, Mark Klok, Ezra Valian, Raphael Maitimo, Sergio van Dijk, Toni Kuzel, Diego Michaels, Ruben Vurbanaran dan lain-lain telah berhasil dari Belanda.

Gijs de Jong menyebut Marc Kloeg adalah contoh pemain natural Belanda yang bagus di timnas Indonesia. Pasalnya, gelandang Persip Bandung telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi timnas Indonesia.

Meski begitu, Gijs de Jong menilai Indonesia tidak boleh terlalu banyak mengambil pemain natural dari Belanda. Namun, itu dapat memiliki efek positif pada tubuh tim nasional indonesia.

Mark Glock

“Marc Glock contohnya. Dia dulu pemain Belanda dan sekarang memperkuat timnas Indonesia. Tentu bagus, tapi tidak berlebihan,” kata Gijs de Jong kepada sekelompok media termasuk MNC Portal Indonesia sambil tersenyum. di Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Sebagai informasi, PSSI menormalkan nama tiga keturunannya: Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattinama. Meski begitu, hanya Jordi dan Sandy yang mendapat persetujuan Komisi X DPR RI untuk diberikan kewarganegaraan Indonesia.

READ  Thomas Dahl perlu mengosongkan otaknya sejak dini untuk menyelesaikan pekerjaan rumah Persija, ia membutuhkan gelandang seperti pilar Aremaha FC.

Namun, PSSI berencana menjalani proses naturalisasi lagi tahun depan. Pasalnya, proses naturalisasi yang saat ini diminta merupakan permintaan dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang membutuhkan bek berpengalaman dalam waktu dekat.