Desember 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Benarkah bubuk kopi menghitamkan rambut secara alami?

Benarkah bubuk kopi menghitamkan rambut secara alami?

Frasa.id Tahukah Anda bahwa menghitamkan rambut bisa dilakukan secara alami dan tanpa menggunakan bahan kimia? Berbagai produk alami dapat digunakan untuk menghitamkan rambut, salah satunya dengan menggunakan pemutih air kacang.

Ampas kopi Diketahui memiliki berbagai manfaat seperti dioleskan secara fisik ke banyak bagian tubuh atau sebagai pengusir serangga, pupuk tanaman dan kegunaan lainnya.

Nah, ampas kopi diketahui memiliki berbagai kegunaan untuk rambut. Dimulai dengan membantu rambut tumbuh lebih tebal, membuat rambut halus dan berkilau, itu adalah pewarna alami untuk rambut hitam.

Penjelasan tentang rambut hitam. (Foto: freepik/valuavitaly)

Pasalnya, kafein dalam kopi dipercaya bisa menggelapkan warna rambut. Kafein juga digunakan untuk mempertahankan kelembapan dan memberikan kilau alami pada rambut.

Selain itu, warna hitam kecoklatan dari penampakan kopi membantu menggelapkan warna rambut dan menghitamkan bila menggunakan ampas kopi untuk menggelapkan rambut.

Selain itu, mereka yang fokus pada timbulnya uban dapat menggunakan kopi sebagai pilihan untuk menggelapkan rambut secara alami. Menurut laporan dari Healthline, kopi kental seperti espresso direkomendasikan untuk menghitamkan rambut secara alami.

Namun, meski masih bisa menutupi warna putih keabu-abuan, perlu diingat bahwa ampas kopi tidak akan membuatnya hitam kembali seperti menggunakan pewarna rambut. Ini juga lebih mungkin untuk bekerja pada rambut yang belum dicat sebelumnya dan memiliki warna hitam atau coklat tua alami.

Cara menggunakan kopi untuk menghitamkan rambut

Deskripsi ampas kopi. (Foto: pixabay/eliasfalla)

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara menggunakannya? Sebagai gantinya, buatlah masker rambut.

Cara ini sangat mudah, jika sudah membuat kopi gunakan ampas kopi. Tapi jangan sampai terkontaminasi gula. Jika tidak, seduh kopi hitam dalam air panas dan biarkan kopi mendingin.

Setelah dingin, saring dan ambil bubuk kopinya. Campurkan Trex dengan kondisioner rambut biasa atau merek apa pun secukupnya dalam wadah kecil. Aduk hingga membentuk pasta dan oleskan ke rambut kering.

READ  NASA sedang mencari tanda-tanda kehidupan purba di Mars, dengan rajin menghitung

Tutupi rambut Anda dengan topi mandi atau ikat kepala dan biarkan selama 40 menit hingga satu jam. Setelah itu, lepaskan ikat kepala dan bilas rambut Anda hingga bersih. Pastikan rambut dibilas bersih dan tidak ada ampas kopi yang tertinggal.

Keringkan rambut Anda dan rasakan manfaat masker kopi alami ini. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin dua kali seminggu. Dengan begitu, uban dan warna rambut yang lebih terang bisa tertutupi dengan ampas kopi secara alami. [rk]