September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bencana nuklir hampir terjadi setelah serangan Rusia terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina!

Kiev

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Dia mengatakan bahwa bencana nuklir hampir terjadi ketika ada listrik Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhia Serangan itu menyebabkan shutdown selama berjam-jam Rusia Di daerah itu. Moskow membantah keras tuduhan tersebut.

Sebagaimana dilaporkan ReutersPada Jumat (26/8/2022), Zelensky mengatakan kebakaran tersebut dipicu oleh serangan pasukan Rusia pada Kamis (25/8) waktu setempat. Lubang abu Listrik terputus di pembangkit listrik tenaga batu bara lokal, dan kemudian di kompleks reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia.

Namun, generator diesel cadangan memastikan pasokan listrik yang berkelanjutan yang penting untuk sistem pendingin dan keselamatan pembangkit listrik tenaga nuklir lokal. Zelensky memuji teknisi Ukraina yang mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir di bawah pendudukan militer Rusia.

“Jika karyawan pembangkit listrik tidak bertindak setelah pemadaman, kami akan terpaksa menghadapi konsekuensi dari insiden radiasi,” kata Zelensky dalam sebuah pernyataan Kamis malam.

“Rusia telah menempatkan Ukraina dan seluruh Eropa dalam situasi satu langkah menjauh dari bencana radiasi,” katanya.

Zelensky meminta Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan badan dunia lainnya untuk bertindak cepat untuk memaksa pasukan Rusia meninggalkan kompleks pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.

Dalam pernyataan terpisah, Vladimir Rokov, pejabat yang ditunjuk Rusia di kota Enerhodar dekat pembangkit listrik tenaga nuklir, menyalahkan angkatan bersenjata Ukraina atas kebakaran di hutan dekat pembangkit listrik tenaga nuklir.

“Ini disebabkan oleh pemadaman listrik di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia sebagai akibat provokasi oleh militan Zelensky,” tulis Rogov dalam sebuah pernyataan melalui Telegram.

Gambar satelit menunjukkan pemandangan udara pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia dan kebakaran di Enerhodar, Ukraina Foto: Uni Eropa, gambar Copernicus Sentinel-2/Handout via REUTERS

Tonton juga video ‘Rusia Memukul Stasiun Kereta Api, Membunuh 25’:

READ  Baru terpanjang - Dahlan ISKCON JPNN.com

[Gambas:Video 20detik]