November 27, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pencahayaan: Tata surya

Benda-benda langit yang mengelilingi matahari, kecuali planet-planet, lengkap dengan deskripsinya

KONTAN.CO.ID – Ini adalah benda langit yang mengorbit matahari selain planet. Di sini kita akan melihat deskripsi lengkap masing-masing seperti asteroid, meteor, komet, bulan.

Ada begitu banyak benda langit di alam semesta ini. Beberapa dari apa yang kita ketahui seperti matahari, planet-planet, bulan, bintang-bintang.

Seperti yang kita ketahui, planet adalah benda langit yang mengorbit matahari. Setidaknya delapan planet mengorbit matahari sesuai dengan orbitnya.

Di luar itu, tahukah Anda bahwa bukan hanya planet yang mengorbit matahari? Dan banyak benda langit mengorbit matahari.

Ingin tahu sesuatu? Kali ini kita akan melihat pembahasan benda langit yang mengorbit matahari selain planet, berikut daftarnya.

Baca selengkapnya: Kapan gerhana bulan purnama akan terjadi lagi setelah akhir pekan lalu?

1. Bulan

Bulan adalah benda langit dan satelit alami Bumi. Selain mengorbit bumi setiap 27,3 hari sekali, bulan juga mengorbit matahari pada waktu yang sama.

Dibutuhkan beberapa waktu bagi Bulan untuk menunjukkan fase yang sama ke Bumi, yaitu sekitar 29,5 hari (periode sinodik).

Periode sinodik atau sinodik adalah jeda sementara yang diperlukan suatu objek untuk muncul kembali pada titik yang sama relatif terhadap dua objek lainnya (simpul linier).

Misalnya, ketika bulan kembali ke cahaya yang sama relatif terhadap matahari seperti yang terlihat dari Bumi.

2. asteroid

Selain planet, asteroid adalah benda langit yang mengorbit matahari. Tidak seperti planet, asteroid jauh lebih kecil tetapi lebih besar daripada meteorit yang biasa ditemukan di dalam Tata Surya.

Baca selengkapnya: Nama-nama planet di dalam dan di luar tata surya, kemana bumi pergi?

3. Meteor

Beberapa planet mungkin dikenal sebagai benda langit yang mengorbit matahari. Namun, ada benda langit lain yang mengorbit matahari.

READ  Mengapa warna aurora sangat berbeda? Halaman Semua

Benda-benda kecil di tata surya, termasuk meteorit, lebih kecil dari asteroid, tetapi masih lebih besar dari sebuah molekul.

Asteroid mengorbit Matahari atau benda-benda di ruang antarplanet, yang disebut asteroid atau komet.

4. Komet

Setelah mendengar beberapa hal di atas, kita mengetahui beberapa benda langit selain planet yang mengorbit matahari. Belum selesai, komet adalah benda langit yang mengorbit Matahari dalam orbit elips/oval, parabola, atau hiperbolik.

Benda langit dengan ekor ini terbuat dari es dan debu. Saat komet mendekati Matahari, sebagian materi penyusun komet menguap membentuk kepala dan ekor gas.

Pembahasan benda langit yang mengorbit Matahari selain planet. Semoga artikel tentang objek astronomi ini bermanfaat dan memberikan wawasan pengetahuan menarik tentang astronomi.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita