Bentara Budaya Jakarta Gelar Pameran Karya Pelukis Andi Suandi

Portal Teater – Setelah sukses menggelar pameran awal tahun bertajuk “INTEGRASI” sepanjang 10-15 Januari 2020 lalu, Bentara Budaya Jakarta kembali menjadwalkan agenda pameran yang bakal digelar sepanjang 20-28 Feburari 2020.

Pameran pembukaan tahun ini telah menampilkan karya-karya seniman imigran Indonesia yang telah lama menetap di luar negeri.

Kecuali Lili Voight yang asli warga Jerman, ada empat seniman imigran Indonesia yang memamerkan karyanya, antara lain Andri Andriyani, Daniel Kho, Yudi Noor, dan Ito Joyoatmojo.

Di bulan kedua, BB Jakarta memamerkan lukisan-lukisan abstrak bertajuk “Topeng Tabuh Cirebon” karya Andi Suandi.

Pameran dibuka pada Kamis (20/2) di BB Jakarta, pukul 19.30 WIB dan dimeriahkan pertunjukan topeng tabuh Cirebon dari budayawan Muali Midi.

Pengunjung melihat-lihat karya pameran Andi Suandi beberapa waktu lalu. -Dok. aboutcirebon.id
Pengunjung melihat-lihat karya pameran Andi Suandi beberapa waktu lalu. -Dok. aboutcirebon.id

Inspirasi Ritual Tari Cirebon

Ritual tari Topeng Tabuh di Cirebon telah memberikan satu inspirasi visual bagi pelukis kelahiran di Jakarta, 8 Agustus 1966 ini.

Dalam kearifan lokal masyarakat Cirebon, ada rasa syukur terhadap alam dan Sang Pencipta kehidupan yang menyatu dalam tetabuhan yang ritmis nan estetis.

Tetabuhan yang mengiringi tarian ini menambah kekhidmatan dalam prosesinya.

Misalnya saat proses pembakaran kemenyan. Proses ini menampilkan empat warna (merah, kuning, putih, dan hitam) yang menjadi simbol empat unsur alam.

Menurut penuturan warga setempat, wewangian yang ditimbulkan dari pembakaran kemenyan ini bernuansa magis, menyiratkan segala sesuatu harus penuh kebaikan bagi sesama.

Dalam karyanya, lulusan Seni Rupa IKIP Jakarta itu mencoba menangkap kekuatan dari roh alam purba, gerak tari, dan tetabuhan musik yang ritmis serta magis yang termaktub dalam ritual tersebut.

Tahun 2012, President Jakarta Contemporary Painter Asociation (JCPA) periode 2004-2007 ini pernah menggelar pameran tunggal bertajuk “Per’Adaba’an Spiritual” di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, sepanjang 7-13 September.

Karya-karyanya dalam pameran ini berhasil mengundang decak kagum para pengunjung. Sebab melalui lukisannya, Andi tidak hanya melukis alam-fisik biasa, tapi lebih kepada nilai-nilai religius yang terlahir dari pengalaman kontemplasinya.

Sebagaimana BB Jakarta yang sangat mengapresiasi kearifan lokal, diadakannya pameran lukisan abstrak ini berikhtiar mengajak masyarakat agar mengapresiasi dan memahami bentuk-bentuk abstrak yang tersusun dari warna, garis, dan komposisi yang terpelihara dalam ritual dan mitologi masyarakat Nusantara.

Pameran dibuka sejak 21-28 Februari 2020 pada pukul 10.00-18.00 WIB.*

Baca Juga

Terpapar Corona, Pasar Bioskop China Merosot Tajam

Portal Teater - Pasar bioskop China merosot tajam sebesar US$1,91 miliar atau setara Rp30,6 triliun (kurs Rp16.000) selama dua bulan pertama tahun ini setelah...

Italia Terpuruk Karena Corona, Ini Alasannya!

Portal Teater - Sekelebat Italia berubah menjadi negara paling terpukul oleh virus corona sejak pertama kali ditemukan di Provinsi Hubei, China, Desember 2019 lalu. Saat...

Transmisi Virus Corona Tak Terbendung, AS Terbanyak

Portal Teater - Transmisi virus corona terus meluas. Ini menunjukkan bahwa penyebaran corona makin tak terbendung di tengah ketidaksiapan dan kelambanan negara-negara untuk mencegahnya....

Terkini

Presiden Jokowi Tetapkan Pembatasan Skala Besar

Portal Teater - Setelah melewati pelbagai pertimbangan, Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi menetapkan pembatasan sosial berskala besar untuk menekan laju penyebaran dan pertumbuhan...

Kasus Corona Masih Fluktuatif, Ratusan Bioskop di China Kembali Ditutup

Portal Teater - Menyusul kembali meningginya penemuan pasien terkonfirmasi virus Corona akhir pekan lalu, otoritas China meminta pelaku industri bioskop untuk menutup kembali lebih...

ITI Ajak Insan Teater Berbagi Karya Lewat Media Daring

Portal Teater - Virus corona (Covid-19) merebak seantero dunia. Ratusan negara telah terpapar virus yang datang bagai ledakan asteroid ini. Sementara ratusan ribu umat...

Corona Meluas, Teater Katak Tunda Pementasan “Zeus and The Olympian God”

Portal Teater - Mencermati transmisi virus corona (Covid-19) yang makin luas di Indonesia, Teater Katak mengumumkan penangguhan seluruh aktivitas produksi pertunjukan "Zeus and The...

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...