Portal Teater – Festival Teater Pelajar tingkat Provinsi DKI Jakarta berakhir meriah dan unik. Berbagai mata acara ditampilkan pada malam puncak ajang perdana kompetisi teater pelajar tingkat provinsi tersebut.

Selain menjadi malam penganugerahan juara FTP 2019, ditampilkan pula acara hiburan berupa pentas musik, kuis dan door prize.

Sebagai MC, Neissa Megawati dan Klara Sinta tampil menghibur penonton yang memenuhi tribun pertunjukan Gedung Kesenian Jakarta, Senin (7/10).

Tidak hanya dihadiri ratusan siswa dan para guru dari kelimabelas grup peserta FTP, malam puncak FTP 2019 juga dihadiri oleh para Ketua Asosiasi Teater se-DKI Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta, pegiat dan praktisi teater, para juri dan pekerja seni lainnya.

Para pemenang FTP 2019. -Dok. portalteater.com
Para pemenang FTP 2019. -Dok. portalteater.com

Juara Tanpa Ranking

Ada yang unik dalam pengumuman juara gelaran FTP perdana tahun ini. Para juri tidak menentukan grup teater pemenang berdasarkan ranking (misalnya juara I, II, III, dst.).

Dalam keputusan yang dibacakan oleh Madin Tyasawan, salah satu juri FTP 2019, dewan juri memutuskan untuk memberikan penghargaan kepada lima grup teater terpilih dari limabelas grup terbaik peserta FTP.

Artinya, kelima grup tersebut sama-sama mendapat predikat grup pemenang atau terbaik dan berhak mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp25.900.000 dari Disparbud DKI Jakarta.

Bagi dewan juri, kelimabelas peserta FTP DKI Jakarta adalah yang terbaik dari wilayahnya masing-masing. Karena seperti halnya Festival Teater Jakarta, event ini digelar secara berjenjang dari tingkat wilayah.

Kelima grup terbaik tersebut, yakni: Teater Bias (SMA Budi Asih Jakarta Selatan), Teater Salim (SMKN 55 Jakarta Utara), 9 Bintang Teater (SMK MAARIF Jakarta Barat), Dapur Teater Satu (SMAN I Boedi Oetomo), dan Sanggar Seni Bintang (SMAN 2 Jakarta Barat).

Kemeriahan malam penganugerahan FTP 2019 di GKJ, Senin (7/10). -Dok. portalteater.com
Kemeriahan malam penganugerahan FTP 2019 di GKJ, Senin (7/10). -Dok. portalteater.com

Nominasi Lainnya

Selain memilih grup pemenang, dewan juri juga menentukan nominasi juara kepada beberapa kategori penting dalam seni teater, termasuk misalnya sutradara, penulis naskah, penata artistik, aktor, dan aktris.

Oleh Disparbud DKI Jakarta, para juara di kategori ini juga mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan.

Para juara tersebut dijabarkan sebagai berikut:

  • Penata musik terbaik: Dede Pancayana (Teater Total)
  • Penata artistik terbaik: Ikhwanul Muslim (9 Bintang Teater)
  • Penulis naskah terbaik: Wahyu Septiani (Teater Bias)
  • Pemain pembantu perempuan terbaik: Qisti Aghniya (Dapur Teater Satu)
  • Pemain pembantu pria terbaik: Afrizal Kalangi (Teater Salim)
  • Pemain utama perempuan terbaik: Nabillah Arasyifah (Teater Bias)
  • Pemain utama pria terbaik: Firqi Hidayatullah (9 Bintang Teater)
  • Sutradara terbaik: Wahyu Septiani (Teater Bias)

FTP 2019 sendiri telah digelar akhir bulan lalu, yaitu sepanjang 22-29 September 2019 di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Ada limabelas grup yang mengikuti event ini, masing-masing tiga grup perwakilan atau pemenang dari lima wilayah DKI Jakarta, kecuali Kepulauan Seribu.

Event ini digagas pertama kali oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

*Daniel Deha