Juli 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Berapa margin di Microsoft Word dan bagaimana mengaturnya

KOMPAS.comMicrosoft Word Apakah satu? Perangkat lunak Pengolah kata yang merupakan fitur utama dari berbagai pengguna build Dokumen Penting baik untuk kebutuhan pekerjaan maupun pendidikan seperti makalah, disertasi dan sebagainya.

Untuk membuat berbagai dokumen ini, kondisi tertentu umumnya diatur dalam jenis kertas, tata letak halaman, dan peningkatan. Batas Setiap halaman harus dimodifikasi sesuai aturan.

Anda dapat menemukan pengaturan margin di menu “Layout” di Microsoft Kata. Jadi apa itu margin, dan mengapa pengaturan margin diperlukan dalam setiap pembuatan dokumen?

Pengikut KompasTekno Jelaskan secara singkat cara mengatur objek, fungsi, dan margin di Microsoft Word.

Baca selengkapnya: Cara mengubah pengaturan bahasa di Microsoft Word

Definisi margin di Microsoft Word

Batas Garis di tepi halaman dokumen. Membantu memberikan margin Jarak Teks atau elemen lain di tepi kertas atau dokumen. Tepi dibagi menjadi empat jarak margin, yaitu kanan, kiri, atas dan bawah.

Oleh Bawaan, Tepi di Microsoft Word dipasang di bagian atas dan bawah 1 inci atau 2,54 cm. Namun, karena persyaratan yang berbeda, persyaratan margin untuk setiap dokumen umumnya bervariasi tergantung pada persyaratan dan ketentuan masing-masing pengguna.

Misalnya, saat membuat dokumen skripsi, pengguna biasanya menggunakan 4 cm di bagian atas, 3 cm di bagian bawah, 3 cm di kanan, dan 4 cm di kiri.

Bagi Anda yang ingin menyesuaikan margin, Anda dapat mengaturnya menggunakan menu “Layout” di Microsoft Word.

Cara mengatur margin di Microsoft Word

Kompas.com/soffyaranti Cara mengatur margin di Microsoft Word
  • Buka dokumen Microsoft Word
  • Klik “Tata Letak”
  • Pilih “tepi
  • Kemudian beberapa akan muncul Templat Rok sudah tersedia di Microsoft Word. Anda dapat memilih salah satu dari template ini atau menyesuaikan milik Anda.
  • Klik “Margin Kustom” untuk mengatur jarak margin sesuai keinginan
  • Isi margin atas, bawah, kanan dan kiri
  • Di menu “Terapkan”, gunakan margin hanya untuk area tertentu atau untuk seluruh halaman
  • Kemudian klik “Oke”
  • Jika Anda ingin mengubah perbatasan ke default, klik “Set as default”
READ  Karena itu, memori HP Anda terisi dengan cepat dan memperlambat kinerja

Baca selengkapnya: 2 cara sederhana untuk menghapus halaman kosong di Microsoft Word

Fungsi margin di Microsoft Word

Mengapa setiap dokumen penting menetapkan margin ukuran tertentu? Ini karena margin memiliki fungsi utama untuk membuat dokumen Anda rapi, menarik, dan mudah dibaca. Selain itu, ada fungsi margin lainnya di Microsoft Word, antara lain:

Membuat halaman yang dicetak rapi

Saat menerapkan margin pada dokumen dengan jarak tertentu, pasti akan mengefisienkan lembar kerja Microsoft Word.

Menetapkan batas dokumen

Fungsi utama penggunaan tepi pada dokumen adalah agar dokumen tidak terlalu dekat dengan tepi kertas. Jadi tidak ada kata atau frasa yang akan terpotong secara tidak sengaja saat mencetaknya.

Baca selengkapnya: Cara Mengonversi File Microsoft Word Ke PDF Tanpa Internet

Atur jarak dokumen

Fungsi utama margin tidak lebih dari mengatur jarak dokumen, seperti jarak antar baris, halaman, kolom, dan sebagainya. Menyesuaikan jarak ini berfungsi agar kalimat, kata, atau paragraf tidak tumpang tindih.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.