September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Berbagai benda bersejarah ‘bangkit dari kubur’ karena panas yang ekstrim

Jakarta

Musim panas Ekstrem yang melanda banyak negara menyebabkan banyak artefak sejarah muncul kembali. Dari jejak kaki dinosaurus hingga patung-patung suci.

Penemuan kembali Jejak kaki dinosaurus Beberapa ratus juta tahun terjadi di Texas. Ini masih merupakan jejak kaki dinosaurus Acrocanthosaurus, kerabat T-Rex.

Jejak kaki ditemukan di Dinosaur Valley, Texas State Park. Sebenarnya, jejak kaki ini sudah lama diketahui hingga terakhir terlihat pada tahun 2000.

Jejak kaki dinosaurus ditemukan di Texas Foto: Paul Baker/BBC

Jejak kaki ditutupi lapisan air sungai dan sedimen. Karena kekeringan parah yang melanda Texas, air surut dan mulai menampakkan jejak kaki dinosaurus, yang mungkin mencapai ketinggian 4,5 meter selama masa hidupnya.

Beranjak dari Texas, benda-benda bersejarah yang mirip dengan Stonehenge juga ditemukan di Spanyol. Batu itu sekarang dinamai dolmen Guadalupe, diperkirakan berasal dari 5.000 SM.

Ini adalah serangkaian batuan megalitik yang pertama kali ditemukan pada tahun 1926 oleh arkeolog Jerman Hugo Obermeimer. Bebatuan tertutup air di Cáceres, Waduk Valdecanas. Kekeringan yang parah menurunkan permukaan air hingga 28 persen dan mengekspos batuan dasar.

Stonehenge SpanyolStonehenge Spanyol. Foto: Daily Mail

Selanjutnya, patung Buddha berusia 600 tahun ditemukan di Sungai Yangtze. Patung-patung ini telah diidentifikasi dibangun selama dinasti Ming dan Qing. Salah satu berhala menggambarkan seorang suci yang duduk di atas alas berbentuk teratai.

Sementara itu, permukaan air Sungai Yangtze turun dengan cepat akibat kekeringan dan gelombang panas yang melanda China barat daya. Sejak Juli, cekungan Yangtze mengalami penurunan curah hujan 45 persen dari biasanya. Ini adalah curah hujan terendah dalam beberapa dekade.

READ  Mengapa Indonesia tidak bergabung dengan Commonwealth of Nations meskipun pernah dijajah oleh Inggris? Semua halaman
Patung Buddha yang pernah tenggelam bersandar di bebatuan Pulau Foeliang di Sungai Yangtze, yang muncul setelah permukaan air turun karena kekeringan regional di Chongqing, China, pada 20 Agustus 2022.  Gambar hari ini oleh REUTERS/Thomas Peter TPXFoto: REUTERS/Thomas Peter

20 kapal perang Jerman yang tenggelam sejak Perang Dunia II muncul kembali saat permukaan air Danube surut. Terletak di dekat kota pelabuhan Brahovo di Serbia.

Tonton videonya”Penampakan ikan mati akibat gelombang panas di Prancis
[Gambas:Video 20detik]
(baterai/ddn)