Februari 7, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bertemu di Roma, kita nantikan kunjungan Djokovic Erdogan ke Indonesia

Jakarta

Presiden Joko Widodo di sela-sela KTT G20 di La Noula, Roma, ItaliaDjokovic) Mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kedua presiden membahas sejumlah isu, termasuk perjalanan Erdogan ke Indonesia.

Presiden Djokovic telah menerima laporan hasil kunjungan Menlu Redno Mersudi ke Turki mengenai rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia. Presiden Djokovic telah menerima hasil pembicaraan dengan Presiden Erdogan, termasuk rencana lawatannya ke Indonesia.

Menjelang KTT G20 di La Noula, Roma, Italia, Presiden Joko Widodo (Djokovic) bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan melakukan pembicaraan bilateral. Kedua presiden membahas sejumlah isu, termasuk perjalanan Erdogan ke Indonesia. (Laylee Raschev – Kantor Pers Sekretariat Presiden)

“Saya menantikan kunjungan Yang Mulia ke Indonesia pada Januari atau Februari 2022. Saya berharap Yang Mulia semakin mempererat hubungan Indonesia-Turki. Menteri Luar Negeri kedua negara secara resmi siap untuk kunjungan itu,” kata Djokovic. Biro Pers Sekretariat Presiden, Minggu (31/10/2021) mengutip media dan informasi.

Selain itu, kedua pemimpin menugaskan kedua menteri luar negeri untuk mempersiapkan perjalanan, termasuk peluncuran mekanisme strategis tingkat tinggi.

Terkait rencana pembentukan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dan Turki atau IT-CEPA. Presiden Djokovic berharap IT-CEPA akan semakin memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara.

“Saya sarankan menunjuk menteri perdagangan masing-masing untuk mempercepat pembicaraan segera. Akan lebih bagus jika IT-CEPA diberikan dari kunjungan Presiden tahun depan,” kata Djokovic.

Dalam pertemuan dengan Erdogan, Djokovic didampingi Menko Perekonomian Erlanga Hardardo, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Banjaitan, Menkeu Muliani dan Menlu Redno Mersudi.

(rf / rf)