Desember 5, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

NASA merencanakan misi astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 28 Februari 2022

Bisakah Teleskop James Webb Menemukan Planet Mirip Bumi?

Amerika Serikat, selebritis.id – NASA Pelemparan Teleskop James Webb Pada akhir Desember lalu. Teleskop luar angkasa ini bertujuan untuk mengeksplorasi tahap awal sejarah kosmik. Namun muncul pertanyaan lain, bisakah teleskop ini mendeteksi planet lain seperti Bumi?

Para astronom di seluruh dunia berharap menemukan hal yang tak terduga, misalnya seperti planet baru, kata Sarah Seeker, astronom dan astronom di Massachusetts Institute of Technology. CNN, Minggu (2/1/2021).

Seperti diketahui, beberapa tahun lalu, para astronom menemukan hampir 5.000 objek ekstrasurya dan memperkirakan ada miliaran orbit di galaksi Bima Sakti saja. Dengan peluncurannya, diharapkan laboratorium antariksa ini dapat melihat alam semesta dari jarak yang lebih jauh dan mengamati objek-objek di tata surya kita.

Selain itu, teleskop telah menjadi hampir identik dengan exoplanet atau dunia di luar tata surya, yang ditemukan dengan cara yang unik. Menurut laman sains populer, teleskop hanya dapat menentukan ukuran, massa, jarak dari bintang, suhu keras, dan molekul tertentu yang mengambang di atmosfernya dalam kondisi tertentu.

Para ilmuwan bahkan tidak tahu berapa banyak calon Planet B potensial yang ada atau apakah ada di antara mereka yang benar-benar mirip Bumi. Teleskop hanya akan membantu ‘menjahit’ celah, dan cermin besar, dan alat yang terdeteksi akan membawa perhatian tajam ke tempat yang jauh.

Editor: Johan Somboton

Berita Terkait

Adventure History, Pesawat Luar Angkasa NASA Berhasil Menyentuh Matahari

READ  Bangun Rumah Cantik dengan 5 Tanaman Hias Ini