Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bodi baru, mesin 0 km, fitur ini tersedia

Jakarta

Mas Wahid, pengusaha transportasi dan YouTuber asal Semarang, kembali meluncurkan armada baru untuk bus wisata miliknya. Berbeda dengan unit kedua yang digunakan pada unit bus sebelumnya, Bus Pariwisata Layanan Angkutan Pesona Mass Wahit yang baru menggunakan bodi dan sasis yang sama sekali baru. Apa spesifikasi dan fasilitas yang ditawarkan?

Body bus baru Mas Wahid yang diberi nama Pioneer 001 ini menggunakan body seri Laksana Legacy SR2 S dengan varian XHD Prime. Dari luar, bus ini terlihat kinclong dengan warna dasar putih yang dipadukan dengan grafis merah di seluruh kepala, shroud, dan sebagian atap.

Secara umum, bodi XHD Prime Laxana termasuk dalam segmen bus kelas atas dengan tinggi bus sekitar 3,89 meter. Sistem bus mampu menggunakan berbagai konfigurasi tempat duduk, seperti 2-2 (47 kursi) atau 2-3 (59 kursi). Selain itu, bodi utama XHD juga dapat digunakan pada bus berporos tiga.

Bodi bus Laksana Legacy SR2 S Series XHD Prime kemudian dipasangkan pada sasis buatan Hino. Pada Senin (1/8/2022) detikOto mengatakan melalui pesan teks “Gunakan RK8 R 260, mas”.

Dari segi spesifikasi, sasis Hino R260 memiliki profil 7.684 cc, 6 silinder, 4 langkah, turbocharger, intercooler, diameter x 112 mm x 130 mm. Mesin tersebut menyemburkan tenaga maksimal 260 PS pada 2.500 rpm dan torsi 745 Nm pada 1.500 rpm.

Bus Pertama Mas Wahid Buatan PO Hariando Bekas TNI AL Foto: Screenshot Youtube Mas Wahid

Bus ini memiliki berat kotor 14.200 kg dan menggunakan mesin belakang dengan sistem transmisi manual. Suspensi bus ini menggunakan Rigid Axle dengan Semi Elliptic Leaf Spring & Rigid Axle dengan Taper Leaf Spring.

READ  Servis motor yamaha mio mba rw luar biasa, gak perlu bensin di jalan, sangat menguatkan kaki

Bicara soal kapasitas, bus ini bisa mengangkut maksimal 52 penumpang. Setiap kursi juga memiliki sabuk pengaman 2 dan 3 titik.

“Yang lain ada fasilitas dispenser dan kemudian 3 TV dengan sistem hiburan Android. Interiornya pakai full black chrome,” tambah Mas Wahid.

Sebelumnya, Mas Wahid memilih bus bekas sebagai armada bus wisatanya. Bus wisata pertama Mas Wahid ini merupakan bekas armada milik Perusahaan Otobus (PO) Hariando asal Kudus kode 009 yang pernah digunakan untuk melayani rute Mathura-Jakarta.

Tonton videonya”Jawaban Santiaga Uno atas meningkatnya kecelakaan bus wisata
[Gambas:Video 20detik]
(ambil/dari)