Juli 6, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Lekukan raksasa di permukaan Mars.  Fitur geografis ini diambil oleh robot pengorbit ESA.

Bukan di Bumi, gunung tertinggi di tata surya ada di Mars

KOMPAS.com – Planet Bumi yang dihuni oleh manusia, dengan banyak gunung tinggi. Sebut saja Gunung Everest yang berada 8.840 meter di atas permukaan laut.

Hal ini diikuti oleh Guinness Book of World Records Gunung yang sangat tinggi Dari Bumi. Gunung Mauna, terletak di Kepulauan Hawaii, hanya 4.025 meter di atas permukaan laut.

Namun jika diukur dari dasar bumi, dari kedalaman Samudra Pasifik hingga mdpl, total ketinggian Gunung Maunakia adalah 10.210 meter. Tubuh Gunung Mauna Kia terletak sekitar 6.000 meter di bawah permukaan laut.

Meski memiliki banyak gunung yang tinggi, namun ketinggian gunung di Bumi ini tergolong kecil dibandingkan dengan gunung di planet lain di tata surya.

Baca selengkapnya: Di mana gunung tertinggi di tata surya?

Gunung tertinggi di tata surya Terletak planet mars. Dilaporkan dari NASA (15/4/2022), Gunung Olympus yang dimaksud atau Olympus Mons.

Tinggi Olympus Mons Ini adalah sekitar 16 mil atau 84.480 kaki (25 km) di atas permukaan planet. Pasti jauh lebih tinggi dari gunung yang ada Bumi.

Tidak hanya Olympus Mons, d planet mars Serta banyak gunung besar. Bukan tanpa alasan. Pertama, Selasa Ini terdiri dari gunung berapi yang sangat aktif dengan batuan panas yang bergerak dari dalam ke atas.

Namun, tidak seperti Bumi, lempeng tektonik di Mars tidak bergerak di atas titik panas. Itu dapat ditemukan di Kepulauan Hawaii.

Karena itu, gunung-gunung di Mars tidak berbentuk rantai gunung berapi, tetapi sedang naik. Dikombinasikan dengan gaya gravitasi rendah di Mars, magma itu dapat didorong ke ketinggian yang luar biasa.

Fakta menarik kedua adalah bahwa Olympus Mons begitu besar pada dasarnya sehingga seorang astronot di puncaknya tidak akan tahu bahwa dia sedang berdiri di atas gunung karena kemiringannya akan tertutup oleh lekukan planet.

READ  Sebuah lubang hitam terisolasi mengorbit Bima Sakti

Baca selengkapnya: Ini adalah Olympus Mons, gunung berapi terbesar di Tata Surya

ESA / DLR / FU Berlin, Peringatan Ilmiah oleh CC BY-SA 3.0 IGO Lekukan raksasa di permukaan Mars. Fitur geografis ini diambil oleh robot pengorbit ESA.