Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Cara mengendarai mobil bertransmisi manual agar hemat bahan bakar

Cara mengendarai mobil bertransmisi manual agar hemat bahan bakar

KLATEN, KOMPAS.com – Pengemudi dapat memilih gigi akselerasi Panduan Seluler Sepenuhnya sehingga akurasi berkendara akan lebih baik.

Pengemudi juga dapat mengadopsi mode berkendara hemat bahan bakar dengan menggunakan gigi yang tepat.

Hardy Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan pengendara saat mengendarai mobil manual untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Baca Juga: Penyebab Bau Bakar Saat Mobil Manual Melewati Tikungan

“Setiap bahan bakar yang dibakar harus diubah sesuai jarak tempuh, salah satunya perpindahan gigi pada kecepatan rendah, maksimal pada 2.500 rpm, kemudian perpindahan ke gigi yang lebih tinggi,” kata Hardy kepada Kompas.com, baru-baru ini.

Perpindahan gigi akselerasi pada putaran mesin rendah dapat menghasilkan torsi lebih cepat tadi, kata Hardy. Dengan demikian, setiap bahan bakar yang dikonsumsi menciptakan sirkulasi yang maksimal.

“Kalaupun ada, gunakanlah fashion Mengemudi ramah lingkungan“Cara ini sangat efektif dalam mengurangi konsumsi bahan bakar pada mobil,” kata Hardy.

Baca Juga: Beli mobil bekas manual sebaiknya uji jalan menanjak

Ada Transmisi Wuling Confero manual

Hardy juga mengatakan perlunya mengatur AC pada suhu sedang. Dengan begitu, kerja AC tidak terlalu berat sehingga bisa mengurangi beban mesin dan pada akhirnya menghemat bahan bakar.

“Harus menjaga jarak dengan mobil di depan, agar terbiasa tidak menginjak pedal rem dan mengurangi pedal gas, yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya dorong kendaraan,” kata Hardy.

Selain itu, jelas Hardy, melakukan servis rutin atau pengecekan mandiri terhadap kondisi ban, air pendingin mesin dan lain sebagainya harus selalu menjaga mesin tetap dalam kondisi terbaiknya.

READ  MPMX akan membagikan dividen sebesar Rp 115 per saham


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.