September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Lekukan raksasa di permukaan Mars.  Fitur geografis ini diambil oleh robot pengorbit ESA.

Cari tahu semua tentang Mars, halaman Planet Merah

Oleh: Yobi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.complanet mars Ini adalah planet terdekat keempat dengan Matahari. Jika dilihat dari kejauhan, planet ini tampak berwarna merah.

Oleh karena itu, planet Mars disebut “.Planet MerahMars adalah planet berbatu dengan atmosfer tipis. Permukaannya memiliki kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan lapisan es.

Diameter planet ini adalah 6.780 kilometer, yang merupakan setengah diameter Bumi. Jarak rata-rata Matahari ke Mars adalah 228 juta kilometer atau 1,5 SA.

Mars membutuhkan 687 hari untuk menyelesaikan satu orbit mengelilingi Matahari. Mars tidak hanya berputar mengelilingi Matahari tetapi juga mengelilingi porosnya sendiri.

Dibutuhkan 24,6 jam bagi planet ini untuk mengorbit, 23,9 jam dari Bumi.

Sumbu rotasi Mars dimiringkan sebesar 25º terhadap orbitnya. Akibatnya, Mars memiliki banyak musim yang berlangsung lebih lama dari Bumi.

Baca selengkapnya: Mars adalah planet dengan dua bulan yang berputar

Mars memiliki dua bulan, Phobos dan Deimos. Keduanya dianggap asteroid karena bentuknya yang tidak beraturan.

Phobos dan Deimos masing-masing berjarak 9.377 km dan 23.460 km dari Mars. Dalam 50 juta tahun, Phobos diperkirakan akan membentuk cincin di sekitar Mars.

Mars pertama kali dinamai berdasarkan warna merahnya. Warna merah yang ditemukan pada Phobos dan Deimos disebabkan oleh oksidasi (berkarat) bijih besi di permukaannya.

Proses ini menghasilkan penampakan merah jika dilihat dari kejauhan. Warna merah diperkirakan telah ada selama 4,5 miliar tahun.

Berkaitan dengan pembentukan tata surya, bijih besi terbentuk dan tenggelam di inti planet, termasuk Bumi.

Uniknya, bijih besi di Mars tetap berada di permukaan hingga teroksidasi dan berkarat.

READ  Kamar sering berdebu, penyebab dan cara mengatasinya

Baca selengkapnya: Manusia hidup di Mars, mungkinkah?

Satelit Mars

Mars mengorbit dua bulan, Phobos dan Deimos. Keduanya tertutup debu dan batuan lepas, dengan es yang bercampur dengan batuan kaya karbon.

Kedua satelit ini lebih kecil dari Bulan dan bentuknya tidak beraturan. Bagaimana Phobos dan Deimos lahir masih belum jelas.

Menurut NASA, sebagian besar ilmuwan percaya bahwa gravitasi planet merah mendorong satelit ke orbit melewati bulan. Karena komposisinya mirip dengan asteroid yang ditemukan di tempat lain di tata surya.

Periode rotasi dan orbit Mars

Periode orbit Mars tidak berbeda dengan Bumi. Sementara satu hari di Bumi berlangsung 24 jam, satu hari di Planet Merah berlangsung 24,6 jam.

Mars memiliki sudut kemiringan dan periode rotasi yang sama dengan Bumi. Mars memiliki sudut kemiringan 25º dibandingkan dengan kemiringan Bumi 23,4.

Dikutip dari situs NASASebagai planet keempat yang berjarak 225 juta kilometer dari Matahari, Mars menyelesaikan rotasinya hanya dalam waktu 24,6 jam atau 24 jam, 39 menit dan 35,244 detik.

Siklus ini sesuai dengan periode rotasinya, yang bisa dikatakan dua kali lipat dari siklus Bumi, yaitu mencapai 687 hari. Dengan lamanya waktu itu, setahun di Mars terasa seperti dua tahun di Bumi.

Baca selengkapnya: Atmosfer Mars, Bisakah Mendukung Kehidupan?

Permukaan dan Musim di Mars

Peringatan Sains oleh ESA/DLR/FU Berlin, CC BY-SA 3.0 IGO Sebuah lekukan raksasa di permukaan Mars. Fitur geografis ini diambil oleh robot orbit ESA.

Mars adalah planet “terestrial” berbatu yang sangat mirip dengan Bumi. Mars ditandai dengan permukaan yang kering, berdebu, dan berbatu.

Di sisi selatan Mars, lebih kasar dan memiliki lebih banyak kawah dan pegunungan yang lebih ekstrim.

READ  NASA mengatakan ada 2.200 planet yang bisa dihuni

Di sisi utara Mars, terdapat cekungan halus, seperti danau kering atau dasar sungai yang berkelok-kelok.

Mars memiliki gunung bernama Olympus Mons, tingginya sekitar 16 mil atau 25 kilometer. Gunung ini dinobatkan sebagai gunung vulkanik tertinggi di tata surya.

Mars memiliki empat musim. Karena planet ini miring pada porosnya. Panjang musim tergantung pada orbit Matahari di Mars.

Di belahan bumi utara, musim semi adalah musim terpanjang yang berlangsung selama tujuh bulan. Musim panas dan musim gugur hanya sekitar 6 bulan.

Musim dingin berlangsung selama empat bulan. Selama musim panas Mars, tutup kutub menyusut dan menghilang seluruhnya, terbuat dari es karbon dioksida. Nanti di musim dingin, es akan kembali ke bentuk aslinya.

Baca selengkapnya: Perbedaan Antara Planet dan Bintang

Atmosfer tipis Mars

Hambatan untuk akses manusia ke Mars adalah keadaan atmosfernya yang sangat tipis. Itu membuat kurang dari 1 persen dari atmosfer bumi.

Badai matahari telah bertanggung jawab atas hilangnya medan magnet Mars selama ratusan juta tahun. Selama waktu itu, Planet Merah kehilangan kemampuan untuk mempertahankan atmosfernya.

Akibatnya, Mars memiliki iklim yang dingin, kering, dan tidak ada oksigen.

Mars hanya memiliki gravitasi 38 persen dibandingkan Bumi karena ukurannya yang jauh lebih kecil.

Hal ini memungkinkan manusia untuk melompat tiga kali lebih tinggi daripada di Bumi.

Mudah dibayangkan, manusia seberat 100 kilogram, sedangkan di Mars beratnya hanya 37,7 kilogram. Tak heran jika para pemain basket dikatakan mampu melompat sejauh 8 meter jika berada di Mars.

Baca selengkapnya: Urutan planet-planet di tata surya berkisar dari terang hingga padat

Dapatkan pembaruan berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Gabung grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

READ  Sulit untuk mendapatkan rumah impian Anda selama epidemi, tetapi apakah Anda ingin berinvestasi di real estat? Begini caranya!