Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Cek fitur ini di WhatsApp untuk mengetahui apakah akun Anda disadap atau tidak

Cek fitur ini di WhatsApp untuk mengetahui apakah akun Anda disadap atau tidak

KOMPAS.com – Aplikasi perpesanan instan Bagikan ini Atau biasa disingkat WA, memiliki sistem keamanan yang kuat sehingga dapat mengurangi penyadapan atau peretasan akun. Salah satunya adalah sistem keamanan enkripsi end-to-end.

Sistem enkripsi end-to-end berarti percakapan pengguna di WhatsApp dilindungi oleh kode khusus, sehingga tidak dapat disadap oleh orang lain atau bahkan oleh WhatsApp sendiri. Selain itu, ada juga sistem keamanan verifikasi dua langkah.

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Whatsapp Disadap dari Jarak Jauh

Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melindungi akun WA mereka dengan keamanan tambahan selain kode OTP. Sistem ini akan menyulitkan seseorang yang ingin mengakses akun WA pengguna secara ilegal karena juga harus memasukkan PIN.

Di sisi lain, meski memiliki sistem keamanan yang kuat, bukan berarti akun WA pengguna tidak bisa diretas. Ada lebih banyak kemungkinan akun WhatsApp disadap oleh orang lain. Sangat mungkin akun WhatsApp diretas jika penggunanya ceroboh.

Sebagai informasi, aplikasi WA memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menyadap atau mengambil alih akun. Jika penggunanya lengah, fitur ini bisa menjadi celah bagi orang lain untuk mengakses akun WA pengguna tanpa izin.

Namun, pengguna bisa memastikan apakah akun WA miliknya sudah disadap atau belum dengan mencentang fitur ini. Jadi, apa saja fitur ini? Jika Anda tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut, simak uraiannya di bawah ini.

Sebagai informasi, WhatsApp memiliki fitur perangkat terhubung. Fitur perangkat terhubung di WA memungkinkan pengguna untuk masuk ke akun mereka di beberapa perangkat tambahan dari aplikasi WhatsApp di ponsel utama mereka.

READ  Hadir dengan fitur baru, Apple memperkenalkan versi beta MacOS 12 Montessori

Fitur perangkat terhubung biasanya digunakan untuk login ke WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop. Fitur ini sangat berguna untuk memudahkan pengguna mengakses akun WA di beberapa perangkat tambahan, sehingga tidak perlu membuka aplikasi WhatsApp di ponsel utama.

Namun jika penggunanya lengah, fitur ini bisa menjadi titik awal terjadinya peretasan atau pengambilalihan akun. Dalam kondisi tertentu, pengguna boleh login ke akun WA di perangkat asing atau bukan milik pribadi.

Namun setelah masuk ke akun WA di perangkat asing, pengguna bisa saja lupa untuk logout. Dengan begitu, akun WA pengguna tetap tertaut dan bisa disalahgunakan oleh pemilik perangkat asing.

Baca Juga: 3 Cara Menghentikan Penyadapan Jarak Jauh WhatsApp Penting untuk melindungi akun Anda

Untuk memastikan apakah disadap atau tidak, pengguna bisa mengecek perangkat mana saja yang tertaut ke akun WA melalui fitur perangkat tertaut. Berikut cara mengecek perangkat yang terhubung di WA:

  • Buka menu “Pengaturan” atau “Pengaturan” di aplikasi utama WhatsApp HP.
  • Kemudian, klik menu “Perangkat Terhubung”.
  • Di menu ini, pengguna akan disuguhkan daftar seluruh perangkat atau platform yang mereka masuki menggunakan akun WhatsApp.
  • Lalu, ada informasi terakhir kali akun WhatsApp aktif di perangkat yang terhubung.
KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Penjelasan cara melihat dan menghapus perangkat yang terhubung di WA.

Setelah verifikasi, pengguna dapat melihat apakah perangkat asing terhubung ke akun WA mereka. Jika perangkat asing terdeteksi, pengguna dapat menghapusnya untuk menghindari penyadapan akun WhatsApp miliknya.

Cara menghapus perangkat yang terhubung di WA sangatlah mudah. Langkah-langkahnya sama dengan cara di atas. Berikut penjelasan cara menghapus akun WA dari perangkat lain yang tidak dikenal:

  • Buka menu “Pengaturan” di aplikasi utama WhatsApp HP.
  • Kemudian, klik menu “Perangkat Terhubung”.
  • Untuk keluar dari akun WhatsApp Anda dari perangkat yang tidak dikenal, klik salah satu perangkat dan pilih opsi “Keluar”.
  • Terakhir, akun WhatsApp yang tertaut ke perangkat akan otomatis logout.
READ  Fossil akhirnya menambahkan fitur Google Assistant ke Wear OS 3

Demikian uraian fitur-fitur di WhatsApp yang bisa menjadi celah penyadapan. Penting untuk diperhatikan, pengguna sebaiknya tidak login ke akun WA di perangkat apa pun untuk menghindari penyadapan akun WhatsApp.

Pastikan Anda selalu masuk ke akun WA di perangkat pribadi Anda. Namun jika Anda terpaksa login ke akun WA di perangkat asing, pastikan untuk segera logout menggunakan cara yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Hapus WhatsApp di HP Hilang Agar Akun Tetap Aman

Selain memastikan akun WA Anda login ke perangkat yang benar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna agar terhindar dari penyadapan.

Dikutip dari situs resmi Bagikan iniBerikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar akun WhatsApp Anda tidak diretas:

  • Jangan pernah membagikan kode OTP atau kode verifikasi yang digunakan untuk login akun WhatsApp Anda.
  • Untuk menambah keamanan ekstra pada akun WhatsApp Anda, aktifkan sistem keamanan verifikasi dua langkah.
  • Jangan sembarangan mengklik link yang dikirimkan nomor telepon luar negeri.

Dapatkan berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Ayo bergabung di saluran WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link tersebut https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.