Ciptakan Regenerasi Teater Unggul, INDRAJA Adakan Sosialisasi dan Diskusi FTP 2020

Portal TeaterRegenerasi teater di Jakarta terus diupayakan, baik oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun oleh Asosiasi-Asosiasi teater dari lima wilayah administrasi.

Salah satu platform yang dianggap prospektif bagi proses regenerasi teater adalah Festival Teater Pelajar (FTP).

Tahun ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta pertama kali mengadakan FTP tingkat provinsi, dari sebelumnya hanya menjadi agenda Asosiasi wilayah dan Suku Dinas Parbud kota administrasi.

Ikatan Drama Jakarta Barat (INDRAJA) memandang perlunya persiapan yang matang menyongsong helatan FTP Jakarta Barat dan FTP DKI Jakarta tahun depan.

Hal itu dilakukan untuk menjadikan FTP bukan melulu sebagai ajang perlombaan, tetapi juga menjadi ruang untuk terus meningkatkan kapasitas setiap individu yang terlibat di dalamnya.

Acara persiapan tersebut akan diadakan pada Sabtu (21/12) pukul 19.30 WIB di Halaman Sekretariat INDRAJA, Jakarta Barat.

Adakan Sosialisasi dan Diskusi

Sekretaris INDRAJA Arsha Dwi Sulistio mengatakan, salah satu agenda penting yang dirancang adalah mengadakan sosialisasi terkait tema FTP 2020, mekanisme pendaftaran dan tahapan-tahapan pelaksanaannya.

Selain itu, INDRAJA juga akan menyediakan ruang diskusi bagi kritik dan evaluasi helatan FTP tahun 2019, sekaligus saran bagi FTP 2020 dari pelbagai unsur yang hadir, antara lain dari calon peserta FTP, pegiat teater dan anggota INDRAJA sendiri.

“Acara utamanya adalah sosialisasi tema acara, mekanisme pendaftaran kepesertaan, tahapan-tahapan pelaksanaan,” katanya melalui pernyataan tertulis, Selasa (17/12).

Arsha menjelaskan, tema yang akan diusung INDRAJA untuk FTP 2020 adalah “Timeless”. Tema ini dimaksudkan sebagai landasan bagi teater pelajar agar terus berproses secara kreatif tanpa dipersempit oleh batasan ruang dan waktu tertentu.

Selain itu tema ini bertujuan agar ajang festival teater yang digagas pada seniman INDRAJA tidak berhenti pada musim tertentu saja. Dengan dukungan pemerintah, ajang regenerasi teater diharapkan terus bertumbuh.

“Tema ini dipilih dengan tujuan agar agar proses kreatif temen-temen pelajar dalam berkesenian tidak terbatas pada suatu jangka waktu atau bisa dibilang musiman hanya ketika menjelang festival,” tuturnya.

Diskusi persiapan FTP 2020 oleh INDRAJA. -Dok. Indraja
Diskusi persiapan FTP 2020 oleh INDRAJA. -Dok. Indraja

Sementara Ketua INDRAJA Anto Ristagie mengungkapkan, FTP harus melahirkan regenerasi teater yang unggul dan inovatif.

Karena itu, INDRAJA akan membahas mengenai kepesertaan dan penjurian FTP 2020 secara baik.

Di helatan pertama FTP tingkat provinsi, dua grup teater pelajar asal Jakarta berhasil meraih penghargaan sebagai lima grup pemenang terbaik.

Keduanya adalah 9 Bintang Teater (SMK MAARIF Jakarta Barat) dan Sanggar Seni Bintang (SMAN 2 Jakarta Barat).

Pentingnya Regenerasi Teater

Sekretaris Disparbud DKI Jakarta Asiantoro memandang pentingnya proses regenerasi teater di DKI Jakarta untuk membangun matarantai kesenian secara berjenjang. Salah satunya melalui gagasan penyelenggaraan FTP DKI Jakarta.

Sebab FTP sendiri merupakan gagasan bertujuan untuk memfasilitasi dan membangun kerangka ekosistem teater, melalui lingkup sekolah sebagai satu-satunya batas ekosistem yang paling dekat.

“Saya yakin cikal bakal teater pelajar ini terus berkembang. Jadi proses regenerasi berlanjut, sehingga di FTJ nanti muncul dari para juara FTP, atau para nominator,” ungkapnya pada malam penganugerahan FTP 2019 di Gedung Kesenian Jakarta, Senin (7/10).

Untuk memperkuat basis kebijakan di bidang kesenian dan kebudayaan, mulai tahun depan Pemprov DKI Jakarta juga akan merestrukturisasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ke dalam dua lembaga yang berbeda dan otonom.

Yang satunya bernama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (sesuai Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024), dan yang lainnya adalah Dinas Kebudayaan.

“Dengan adanya Dinas Kebudayaan, maka kegiatan seni budaya akan lebih difokuskan, akan lebih dipikirkan. Ini jadi kesempatan jadi ruang yang sangat luas,” ujarnya.

Salah satu anggota panitia FTP 2019 Nega Yoselina pun menandaskan, FTP tingkat provinsi digagas Pemprov DKI Jakarta untuk memperkuat proses regenerasi teater di kota Jakarta.

Di mana, sejak awal para pelajar sudah dibina sehingga di masa depan, mereka bisa berkarya lebih baik di bidang teater.

“Ini untuk regenerasi teater. Kan setelah lulus mereka bisa gabung di Festival Teater Jakarta. Untuk klasifikasi umurnya, mereka sudah bisa,” ujarnya di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki Jakarta, Senin (23/9).

Baca Juga

Buku Pematung Ternama Dolorosa Sinaga Diluncurkan Akhir Bulan Ini

Portal Teater - Buku pematung kenamaan Indonesia Dolorosa Sinaga segera diluncurkan akhir bulan ini di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Buku yang mengulas karya patung...

Di Antara Metode Penciptaan dan Praktik Kerja Berbasis Riset

Portal Teater - Pada 17-18 Januari 2020, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya (STKW) menggelar Ujian Komposisi Koreografi dan Kreativitas Tari Jenjang 3 Jurusan Seni...

Tandai HUT Ke-30, Teater Gema Gelar Wicara “Filosofi Hidup Berteater”

Portal Teater - Teater Gema baru saja merayakan 30 tahun berdirinya pada Senin (13/1) lalu. Menandai perayaan tersebut, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)...

Terkini

Buka Lembaran 2020, Kineforum DKJ Putar Lima Film Keluarga

Portal Teater - Kineforum, salah satu sayap program Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) membuka lembaran tahun ini dengan mempersembahkan "FAMILIAL", sebuah program untuk...

ORArT ORET Semarang Gandeng SCMC Gelar Konser Edisi Ke-2 “Barokan Maneh”

Portal Teater - Komunitas ORArT ORET Semarang kembali menjalin kerjasama dengan  Semarang Classical Music Community (SCMC), menggelar konser musik klasik pada Jumat (24/1) di...

Tolak Komersialisasi TIM, Para Seniman Gelar Diskusi “Genosida Kebudayaan”

Portal Teater - Menolak komersialisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta, sejumlah seniman yang tergabung dalam Forum Seniman Peduli TIM menggelar diskusi publik di Pusat Dokumentasi...

Pemerintah Alokasikan Rp1 Triliun Dana Perwalian Kebudayaan 2020

Portal Teater - Pemerintah mengalokasikan Dana Perwalian Kebudayaan bagi pegiat seni budaya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 sebesar Rp1 triliun. Alokasi...

Tur Keliling ASEAN, Kreuser/Cailleau Singgah di Jakarta dan Surakarta

Portal Teater - Selama bulan Januari dan Februari 2020, komponis Jerman Timo Kreuser dan pembuat film Prancis Guillaume Cailleau melakukan tur keliling Asia Tenggara...