Ciptakan Regenerasi Teater Unggul, INDRAJA Adakan Sosialisasi dan Diskusi FTP 2020

Portal TeaterRegenerasi teater di Jakarta terus diupayakan, baik oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun oleh Asosiasi-Asosiasi teater dari lima wilayah administrasi.

Salah satu platform yang dianggap prospektif bagi proses regenerasi teater adalah Festival Teater Pelajar (FTP).

Tahun ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta pertama kali mengadakan FTP tingkat provinsi, dari sebelumnya hanya menjadi agenda Asosiasi wilayah dan Suku Dinas Parbud kota administrasi.

Ikatan Drama Jakarta Barat (INDRAJA) memandang perlunya persiapan yang matang menyongsong helatan FTP Jakarta Barat dan FTP DKI Jakarta tahun depan.

Hal itu dilakukan untuk menjadikan FTP bukan melulu sebagai ajang perlombaan, tetapi juga menjadi ruang untuk terus meningkatkan kapasitas setiap individu yang terlibat di dalamnya.

Acara persiapan tersebut akan diadakan pada Sabtu (21/12) pukul 19.30 WIB di Halaman Sekretariat INDRAJA, Jakarta Barat.

Adakan Sosialisasi dan Diskusi

Sekretaris INDRAJA Arsha Dwi Sulistio mengatakan, salah satu agenda penting yang dirancang adalah mengadakan sosialisasi terkait tema FTP 2020, mekanisme pendaftaran dan tahapan-tahapan pelaksanaannya.

Selain itu, INDRAJA juga akan menyediakan ruang diskusi bagi kritik dan evaluasi helatan FTP tahun 2019, sekaligus saran bagi FTP 2020 dari pelbagai unsur yang hadir, antara lain dari calon peserta FTP, pegiat teater dan anggota INDRAJA sendiri.

“Acara utamanya adalah sosialisasi tema acara, mekanisme pendaftaran kepesertaan, tahapan-tahapan pelaksanaan,” katanya melalui pernyataan tertulis, Selasa (17/12).

Arsha menjelaskan, tema yang akan diusung INDRAJA untuk FTP 2020 adalah “Timeless”. Tema ini dimaksudkan sebagai landasan bagi teater pelajar agar terus berproses secara kreatif tanpa dipersempit oleh batasan ruang dan waktu tertentu.

Selain itu tema ini bertujuan agar ajang festival teater yang digagas pada seniman INDRAJA tidak berhenti pada musim tertentu saja. Dengan dukungan pemerintah, ajang regenerasi teater diharapkan terus bertumbuh.

“Tema ini dipilih dengan tujuan agar agar proses kreatif temen-temen pelajar dalam berkesenian tidak terbatas pada suatu jangka waktu atau bisa dibilang musiman hanya ketika menjelang festival,” tuturnya.

Diskusi persiapan FTP 2020 oleh INDRAJA. -Dok. Indraja
Diskusi persiapan FTP 2020 oleh INDRAJA. -Dok. Indraja

Sementara Ketua INDRAJA Anto Ristagie mengungkapkan, FTP harus melahirkan regenerasi teater yang unggul dan inovatif.

Karena itu, INDRAJA akan membahas mengenai kepesertaan dan penjurian FTP 2020 secara baik.

Di helatan pertama FTP tingkat provinsi, dua grup teater pelajar asal Jakarta berhasil meraih penghargaan sebagai lima grup pemenang terbaik.

Keduanya adalah 9 Bintang Teater (SMK MAARIF Jakarta Barat) dan Sanggar Seni Bintang (SMAN 2 Jakarta Barat).

Pentingnya Regenerasi Teater

Sekretaris Disparbud DKI Jakarta Asiantoro memandang pentingnya proses regenerasi teater di DKI Jakarta untuk membangun matarantai kesenian secara berjenjang. Salah satunya melalui gagasan penyelenggaraan FTP DKI Jakarta.

Sebab FTP sendiri merupakan gagasan bertujuan untuk memfasilitasi dan membangun kerangka ekosistem teater, melalui lingkup sekolah sebagai satu-satunya batas ekosistem yang paling dekat.

“Saya yakin cikal bakal teater pelajar ini terus berkembang. Jadi proses regenerasi berlanjut, sehingga di FTJ nanti muncul dari para juara FTP, atau para nominator,” ungkapnya pada malam penganugerahan FTP 2019 di Gedung Kesenian Jakarta, Senin (7/10).

Untuk memperkuat basis kebijakan di bidang kesenian dan kebudayaan, mulai tahun depan Pemprov DKI Jakarta juga akan merestrukturisasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ke dalam dua lembaga yang berbeda dan otonom.

Yang satunya bernama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (sesuai Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024), dan yang lainnya adalah Dinas Kebudayaan.

“Dengan adanya Dinas Kebudayaan, maka kegiatan seni budaya akan lebih difokuskan, akan lebih dipikirkan. Ini jadi kesempatan jadi ruang yang sangat luas,” ujarnya.

Salah satu anggota panitia FTP 2019 Nega Yoselina pun menandaskan, FTP tingkat provinsi digagas Pemprov DKI Jakarta untuk memperkuat proses regenerasi teater di kota Jakarta.

Di mana, sejak awal para pelajar sudah dibina sehingga di masa depan, mereka bisa berkarya lebih baik di bidang teater.

“Ini untuk regenerasi teater. Kan setelah lulus mereka bisa gabung di Festival Teater Jakarta. Untuk klasifikasi umurnya, mereka sudah bisa,” ujarnya di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki Jakarta, Senin (23/9).

Baca Juga

Stimulus Fiskal untuk Resiliensi Industri Seni

Portal Teater - Sebelumnya kami menurunkan tulisan mengenai industri seni Indonesia yang begitu menderita di tengah wabah global virus Corona (Covid-19). Pendasarannya, sampai saat ini...

Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan dan Kelas Seni Daring

Portal Teater - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggagas penyajian aneka pertunjukan dan kelas seni dengan memanfaatkan media daring atau online. Hal itu bertujuan...

Industri Musik AS Ambruk Karena Corona

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah menyebar di 203 negara di dunia dengan terkonfirmasi positif 859.965 kasus, 42.344 meninggal dan 178.364 sembuh. Amerika Serikat...

Terkini

Data dan Dana Untuk Pekerja Seni Terdampak Corona

Portal Teater - Pemerintah Indonesia membuka jalur pendataan bagi pekerja seni yang secara ekonomi terdampak virus Corona. Pendataan telah dibuka sejak akhir pekan lalu,...

Mendata Pelaku Industri Kreatif Terdampak Corona di Ibukota

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul semua lini kehidupan manusia saat ini. Wabah global ini tidak hanya menghantam sektor ekonomi, politik, atau...

Mendata Pekerja Seni Terdampak Corona

Portal Teater - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan membuka pendataan bagi pekerja dan pelaku seni di ibukota yang terdampak secara ekonomi akibat...

Teater Karantina #1: Wabah Athena, Galen dan Oedipus Kode

Portal Teater - Lukisan Michiel Sweerts, "Wabah di Kota Tua" (Plague in an Ancient City) banyak dikutip dan dipercayai mengambarkan wabah besar yang pernah...

Shahid Nadeem: Teater sebagai Kuil

Portal Teater - Dramawan terkemuka Pakistan Shahid Nadeem dalam pidatonya pada World Theater Day 2020 (27 Maret) mengatakan bahwa penciptaan teater masa kini harus...