September 18, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Contoh perpindahan panas konduksi per hari

Contoh perpindahan panas konduksi per hari

Contoh deskripsi perpindahan panas secara konduksi. Foto: Ist / Net

Contoh perpindahan panas secara konduktif dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya perpindahan panas terdiri dari tiga mode: konduksi, konveksi dan radiasi. Namun, pembahasan kali ini akan fokus pada metode penculikan.

Ada banyak zat di lingkungan yang dapat menghantarkan panas. Dengan begitu, akan ada beberapa kejadian fisik jika seseorang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan panas. Misalnya, memasak, membuat kopi, mencuci pakaian, dan sebagainya.

Lebih mudah ketika Anda melihat matahari bersinar, maka terasa panas. Karena panas berbeda dengan panas atau panas. Sederhananya, kalor atau kalor adalah energi. Lain halnya dengan suhu yang menunjukkan ukuran suatu benda.

Baca Juga: Pengertian Ekosistem dan Contohnya, Simak Penjelasannya Disini!

Ini adalah contoh perpindahan panas konduksi

Perpindahan panas dengan metode konveksi adalah perpindahan panas dengan menggunakan zat padat sebagai perantaranya. Biasanya perpindahan ini tidak mempengaruhi pergerakan material pada material padat. Hal ini dapat terjadi karena adanya hubungan langsung antara kedua objek tersebut.

Adanya fenomena ini disebabkan adanya perbedaan suhu antara kedua benda yang saling bersentuhan. Media yang digunakan adalah padatan yang memindahkan panas dari satu partikel ke partikel lainnya. Dengan cara itu, panas terus menyebar tanpa pertukaran partikel atau bahan yang tidak aktif.

Konduksi berjalan sangat lambat karena kurangnya perpindahan partikel. Biasanya panas mulai menyebar perlahan sebagai media ke benda padat.

Berikut ini adalah contoh perpindahan kalor secara konduksi dalam kehidupan sehari-hari.

Membuat susu panas dengan gelas

Ketika gelas kosong dan pada suhu kamar, suhu gelas sama dengan lokasinya saat ini. Lain halnya jika gelas sudah berisi susu panas. Perlahan panas menembus dan kaca mulai memanas.

READ  Nota Suara Panggilan Polisi Buktikan FPI merencanakan penyerangan

Perlu diketahui bahwa air panas memiliki energi kinetik yang sangat tinggi. Sehingga mempengaruhi partikel yang menyusun kaca.

Kemudian kehadiran partikel-partikel ini bergetar kuat di ruang itu. Sehingga menyebar ke seluruh kaca. Dengan demikian kaca akan jauh lebih panas.

Baca Juga: Contoh Interferensi Gelombang, Dasar dan Fenomena Nyatanya

Aduk air panas dengan sendok logam

Contoh perpindahan panas konduksi dapat terjadi pada sendok logam ketika air panas diaduk. Misalnya secangkir kopi atau teh hangat. Kemudian Anda bisa mengaduknya dengan sendok logam.

Jika sendok dibiarkan di dalam cangkir, perlahan-lahan akan memanas. Ini karena panas kopi atau air mengalir secara konduksi. Aduk sendok logam.

Panas terus mengalir di lingkungan sekitar hingga mencapai keseimbangan antara suhu lingkungan dan kopi. Kopi panas mendingin dengan cepat jika pada suhu rendah. Perpindahan panas lebih cepat daripada pada suhu yang lebih tinggi.

Hal-hal yang menyentuh

Contoh perpindahan panas secara konduksi juga terjadi ketika panas menyentuh suatu benda. Saat Anda merasakan panas, Anda akan tiba-tiba berhenti menangkapnya. Hal ini terjadi karena panas dipindahkan dari benda ke tangan secara konduksi.

Saat menyentuh api, rasanya panas. Yaitu perpindahan panas secara konduksi dalam tubuh seseorang. Dapat merusak atau membakar jaringan tubuh.

Selain itu, ketika seseorang mandi menggunakan air panas, tubuhnya juga terasa hangat. Panas dalam air ditransfer dengan mengirimkannya ke tubuh seseorang. Contoh lain adalah jika seseorang menyentuh batu bara atau pasir di bawah terik matahari.

Tutup panci terasa panas

Contoh perpindahan panas dengan konduksi yang sering ditemui adalah tutup panci panas. Biasanya tutupnya cukup panas untuk menutupi panci. Ini berarti bahwa panas secara perlahan dipindahkan ke tutup dengan konduksi.

READ  Perhatian! Para lajang mungkin akan marah jika Anda ingin mengucapkan kelima kalimat ini

Saat Anda mengangkat tutup panci, tangan Anda biasanya hangat. Ini juga merupakan contoh menyentuh suatu benda yang menyebabkan peristiwa penculikan.

Sebenarnya ada banyak contoh yang berhubungan dengan perpindahan panas. Anda dapat mengidentifikasi untuk lebih memahami konsep perpindahan panas dengan metode konduksi.

Anda perlu melakukan beberapa percobaan untuk melihat contoh perpindahan panas secara konduksi. Jadi fungsi yang Anda lakukan dapat membuktikan secara akurat bahwa fungsi tersebut memberikan contoh perpindahan panas ini. (R10 / HR Online)