September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Cuplikan tenggelamnya Titanic 110 tahun yang lalu, dengan semua detail yang tercatat pg

KOMPAS.com – Grup kapal pesiar berhasil memesan kapal pesiar Raksasa Setelah 110 tahun perendaman.

Menariknya, tim merekam perjalanan mereka dengan video berkualitas tinggi untuk mengungkap detail kapal ikonik, yang tenggelam dalam pelayaran perdananya pada tahun 1912.

Dikutip Peringatan ilmiahSelasa (6/9/2022) Rekaman tersebut merupakan rekaman video 8K kapal karam bawah laut pertama dan satu-satunya di dunia.

Tidak mengherankan jika video tersebut mampu menunjukkan detail luar biasa dari Titanic, membantu para arkeolog kelautan untuk mempelajari lebih lanjut tentang tingkat pelapukan Titanic.

Stockton Rush, Oceangate Expeditions, organisasi di balik ekspedisi, juga mengungkapkan bahwa video tersebut akan membantu para ilmuwan mengidentifikasi kehidupan laut di dalam dan di sekitarnya. Kecelakaan kapal Terletak di kedalaman sekitar 3810 meter.

Baca selengkapnya: Apakah aurora yang muncul saat Titanic tenggelam, penyebab sebenarnya dari kapal karam?

Juga, rekaman baru dari kru Ekspedisi Titanic 2022 ini mengungkapkan detail baru yang menakjubkan dari kapal mewah yang tenggelam ke dasar laut.

Misalnya, pakar Titanic Rory Golden dari Oceangate Expeditions melaporkan hal ini dalam siaran pers. Dia mengaku belum pernah melihat nama produsen jangkar Noah Hingley & Sons Ltd di pelabuhan sisi jangkar.

“Saya telah mempelajari bangkai kapal selama beberapa dekade dan menyelesaikan banyak penyelaman. Saya tidak ingat pernah melihat film lain yang menunjukkan tingkat detail ini,” kata Golden.

“Sangat menarik bahwa selama bertahun-tahun, direkam pada teknologi kamera generasi sebelumnya, kami mungkin telah menemukan detail baru yang tidak jelas sebelumnya.”

Salah satu klip paling menakjubkan dalam rekaman itu menunjukkan ketel kapal, atau ketel uap ujung tunggal, jatuh ke dasar laut, kata Golden. Raksasa Terbelah dua dan tenggelam 110 tahun lalu.

READ  Kisah pertobatan wanita Ukraina, keraguan tentang pengakuan

Baca selengkapnya: Radio, penemuannya menyelamatkan penumpang Titanic dari tenggelam

Ekspedisi OceanGate oleh SCIENCE ALERT Pemandangan ketel kapal atau ketel uap ujung tunggal yang kandas saat Titanic terbelah dua. Detail kapal pesiar mewah yang tenggelam 110 tahun lalu direkam menggunakan kamera berkualitas tinggi.

Dari 2.240 penumpang dan awak kapal Titanic, lebih dari 1.500 tewas ketika menabrak gunung es di tengah Atlantik.

Laporan kemudian berspekulasi bahwa butuh sekitar enam menit untuk haluan Titanic terbelah menjadi dua.

Lintasan itu mungkin telah menempuh perjalanan dengan kecepatan 48 km/jam untuk mencapai dasar laut tempat bangkai kapal itu berada selama 110 tahun.

Titanic dibangun di galangan kapal Harland & Wolff di Belfast, Irlandia Utara.

Dengan panjang 269 m, kapal ini merupakan kapal terbesar dan termewah. Serangkaian pintu kotak buatan kapal dapat ditutup dan dianggap tidak dapat tenggelam.

Rincian lainnya termasuk derek yang digunakan untuk memasang jangkar seberat 15 ton dan pengait yang semula terpasang pada tiang utama kapal yang sekarang runtuh.

Baca selengkapnya: Berita Terbaru Titanic, Kapal Terkenal Dimakan Bakteri Laut

“Kemudian dalam video, Anda melihat tiga struktur melingkar di bagian dalam pagar. Ini adalah triple fairlead yang digunakan untuk mengamankan kapal ke dermaga ketika Titanic berada di pelabuhan,” kata penyelam senior Titanic PH Narjolet.

Rekaman itu juga menunjukkan lampu hijau kecil dari sistem pengukuran laser yang memungkinkan tim ekspedisi untuk menentukan ukuran objek yang mereka lihat melalui kamera kapal selam dan port tampilan utama.

Sebagai informasi, tim menggunakan kapal selam Titan dalam misi ini. Dengan lima awak di dalamnya, Titan adalah satu-satunya kapal selam serat karbon penyelaman dalam di dunia.

READ  Video perkelahian di bandara menjadi viral, dengan polisi menyebutnya sebagai provokasi

Seorang juru bicara OceanGate Expeditions mengatakan organisasi itu bekerja sama dengan NASA untuk merancang kapal selam.

Saat pelayaran Titanic 2022 berakhir, Oceangate sudah merencanakan pelayaran berikutnya untuk menjelajahi bangkai kapal. Proyek ini akan dimulai pada Mei 2023 dan rekaman baru akan direkam.

Baca selengkapnya: Pelajari tentang gunung es yang menenggelamkan Titanic

Dapatkan pembaruan berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Gabung grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.