Desember 5, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Daftar negara yang pernah berganti ibu kota

KOMPAS.comTransfer modal Ternyata tidak hanya di Indonesia. Banyak negara lain telah melakukan hal yang sama.

Baru-baru ini, ada banyak pro dan kontra terkait hal ini Transfer modal DKI Indonesia dari Jakarta hingga Kalimantan Timur. Ceramah Perpindahan ibu kota Sudah ada sejak lama dan tidak pernah terealisasi.

Sementara negara-negara lain sudah lama berhasil mengubah ibu kotanya. Ada yang gagal seperti yang dilakukan Myanmar.

Negara adidaya seperti Amerika Serikat telah beberapa kali pindah ibukota dari Philadelphia, Baltimore, Lancaster, York, Princeton, Annapolis, Denton, New York dan sekarang Washington DC.

Baca selengkapnya: 10 negara termiskin di dunia

Menurut situs BBC, Termasuk negara-negara yang telah berganti ibu kota, antara lain:

1. Rusia

Rusia telah memindahkan ibu kotanya dua kali. Moskow pada awalnya adalah ibu kota Rusia, tetapi pada tahun 1712 dipindahkan ke St. Petersburg.

Kemudian, pada tahun 1918, Rusia memindahkan ibu kotanya ke Moskow, yang masih sama sampai sekarang. Alasannya karena Moskow dekat dengan Eropa.

2. Brasil

Brasil berhasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada tahun 1956. Pasalnya, saat itu Rio de Janeiro terkenal dengan penduduknya yang padat dan kemacetan lalu lintas yang tinggi.

Baca selengkapnya: Rangkaian 5 kilang minyak utama di Indonesia

Oleh karena itu, pemerintah Brasil menciptakan kota Brasilia di tengah negara. Kota Brasilia dirancang untuk masa depan oleh arsitek Oscar Niemeyer.

Sebelum Rio de Janeiro, ibu kota Brasil adalah Salvador de Bahia pada masa-masa awal kolonialisme Portugis.

3. pakistan

freepik.com/evening_tao Penjelasan tentang pemindahan ibu kota.

Pada tahun 1959, Pakistan memutuskan untuk memindahkan ibu kotanya dari Karachi ke Islamabad. Islamabad secara khusus dibangun sebagai ibu kota Pakistan, di mana pembangunannya dimulai pada tahun 1961.

READ  Wanita tercantik adalah argumentasi Lesty Kejora, yang merupakan gambaran dari dunia kecantikan terbaik

4. Nigeria

Ibukota Nigeria dipindahkan dari Lagos ke Abuja pada tahun 1975. Relokasi ini menjadikan Nigeria salah satu negara yang memindahkan ibu kotanya dari kota-kota besar dan pusat ekonomi.

Alasan pemindahan ibu kota Nigeria adalah distribusi penduduk yang merata. Penduduk semakin memadati kota yang kini didesain khusus sebagai ibu kota.

5. Jerman

Jerman memindahkan ibu kotanya dari Bonn ke Berlin pada tahun 1990. Relokasi Jerman Timur dan Barat mengakibatkan pemindahan ibu kota.

Baca selengkapnya: Barisan 6 kilang minyak terbesar di dunia

Sudut Kesultanan Noor, ibu kota Kazakhstan.  Sebelumnya dikenal sebagai Astana, ini adalah salah satu kota terdingin di dunia.  Kazakhstan memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana pada tahun 1997.Ilya Varlamov / Wikimedia Commons Sudut Kesultanan Noor, ibu kota Kazakhstan. Sebelumnya dikenal sebagai Astana, ini adalah salah satu kota terdingin di dunia. Kazakhstan memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana pada tahun 1997.

6. Kazakstan

Ibukota Kazakhstan dipindahkan dari Almaty ke Astana pada tahun 1997. Alasannya adalah bahwa Almaty adalah pusat bisnis dan pusat populasi terbesar di Kazakhstan.

Selain itu, pemerintah Kazakhstan telah membuat kota Astana sangat cocok untuk masa depan daripada kota Almaty. Ini mendukung Kazakhstan, negara yang bertemu Timur dan Barat.

7. Malaysia

Malaysia juga mengubah ibukotanya pada tahun 1999. Karena kekacauan kota, ibu kota dipindahkan dari Kuala Lumpur ke Putrajaya.

Selama masa jabatannya sebagai ibu kota, Kuala Lumpur adalah pusat pembangunan, tetapi kondisinya semakin sulit untuk dihadapi. Belakangan, pemindahan ibu kota ke Putrajaya berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Baca selengkapnya: Mengapa nama ibu saya ada di lapisan keamanan untuk rekening bank saya?

Myanmar memindahkan ibu kotanya dari Yangon ke Naipa pada tahun 2005.  Negara mana yang telah mengubah ibu kotanya?Foto AFP / Stan Honda Myanmar memindahkan ibu kotanya dari Yangon ke Naipa pada tahun 2005. Negara mana yang telah mengubah ibu kotanya?

8. Myanmar

Penguasa militer Myanmar memindahkan ibu kota Myanmar ke Nepita pada tahun 2005. Kota Naypyidaw terletak 329 kilometer dari bekas ibu kota, Yangon.

READ  Mengetahui hukuman kejam wanita Yui di Tiongkok kuno

Ibu kota baru Myanmar sangat terpusat dan strategis. Pemerintah membangun kota dengan fasilitas dan bangunan megah, termasuk replika Pagoda Shwedagon Yangon.

Namun, ini hanyalah salah satu contoh relokasi ibu kota yang gagal, karena ibu kota, Neptunus, kosong seperti kota hantu. Karena hanya sedikit yang siap pindah.

Banyak negara yang telah berganti ibu kota, seperti Australia, Tanzania, Pantai Gading, Bolivia, dan Portugal. Namun, perubahan ibu kota tidak menjamin perbaikan perekonomian suatu negara.

Baca selengkapnya: Sebagai bank sentral, apakah Anda membutuhkan BI yang menguntungkan?

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.