Februari 6, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Empat tyrannosaurus mempersengketakan kepemilikan bangkai Centrosaurus baru.

Daspletosaurus horneri, spesies baru Tyrannosaurus, nenek moyang T. rex

Museum Dinosaurus Rudolf Hima / Badlands

Empat tyrannosaurus mempersengketakan kepemilikan bangkai Centrosaurus baru.

nationalgeographic.co.id-Ahli paleontologi telah mengidentifikasi spesies baru Tyrannosaurus bernama Daspletosaurus wilsoni. Tyrannosaurus jenis baru ini mengisi celah dalam garis keturunan Tyrannosaurus rex.

Daspletosaurus wilsoni Ada Dinosaurus Tyrannosaurid hidup 76,5 juta tahun yang lalu di Montana, AS. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal TemanJ Baru-baru ini.

Penemuan tersebut menunjukkan kombinasi unik dari sifat leluhur dan keturunan, dan mewakili tahap peralihan yang menghubungkan leluhur Daspletosaurus dorosus dengan Daspletosaurus horneri dalam garis keturunan evolusi yang terbentuk 77 hingga 75 juta tahun lalu.

Daspletosaurus wilsoni Sekitar 76,5 juta tahun yang lalu, selama periode Cretaceous Akhir, ia mengelilingi planet kita. tetap Arkeologi Hewan purba ini ditemukan di sistem Sungai Judith dekat Glasgow, Montana, AS.

Daspletosaurus wilsoni Milik keluarga Tyrannosauridae, keluarga dinosaurus predator bertubuh besar yang mencakup Tyrannosaurus rex yang terkenal.

Tyrannosaurid dicirikan oleh tengkorak besar, gigi padat, dan lengan pendek. Mereka telah dikenal dari Amerika Utara dan Asia selama lebih dari seabad, tetapi banyak detail sejarah evolusi mereka masih belum jelas.

“Sejak 1990-an, perdebatan telah melingkupi Daspletosaurus, spesies tyrannosaurid besar yang dikenal dari Montana dan Alberta yang diduga sebagai nenek moyang Tyrannosaurus rex,” kata Elias Warshaw, peneliti di Montana State University dan kurator Badlands Muowlerseum Dinosaur. Sebuah pernyataan..

Daspletosaurus wilsoni dikenali dari susunan tanduk kecil yang khas di sekitar matanya.

Andrey Atuchin / Museum Dinosaurus Badlands.

Daspletosaurus wilsoni dikenali dari susunan tanduk kecil yang khas di sekitar matanya.

“Merekonstruksi hubungan evolusi Daspletosaurus telah terhambat oleh kurangnya spesimen yang baik, dan banyak ahli paleontologi tidak setuju apakah tyrannosaurid ini mewakili satu garis keturunan yang berevolusi di situs tersebut, atau beberapa spesies yang berkerabat dekat yang tidak diturunkan satu sama lain.”

READ  Apakah dinosaurus sakit dan terluka seperti manusia?

Daspletosaurus wilsoni Batuan tua menunjukkan kombinasi fitur yang ditemukan pada tyrannosaurus yang lebih kuno. Tanduk yang menonjol di sekitar mata, serta ciri-ciri yang diketahui dari anggota kelompok ini selanjutnya (termasuk Tyrannosaurus rex), seperti rongga mata yang terangkat dan kantung udara di tengkorak.

“Dengan cara ini, spesies baru adalah ‘titik tengah’ atau ‘mata rantai yang hilang’ antara spesies tyrannosaurus yang lebih tua dan lebih muda,” kata para peneliti.

Rahang atas (maksila) kiri dari Taspletosaurus wilsoni.

Warshaw & Fowler

Rahang atas (maksila) kiri dari Taspletosaurus wilsoni.

Lihat berita dan artikel lain di Google Berita





Konten yang dipromosikan

Video khusus