Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Demikianlah penjelasan para pengusaha truk mengenai pentingnya bemper belakang truk

Demikianlah penjelasan para pengusaha truk mengenai pentingnya bemper belakang truk

Jakarta, KOMPAS.com – Perlindungan tambahan yaitu bumper belakang Truk Nama panggilan Perlindungan underrun belakang (RUP) menjadi menonjol setelah dua kecelakaan Kematian terjadi relatif dekat antara mobil penumpang dan truk.

Modus kedua kecelakaan tersebut hampir sama, yakni mobil hancur setelah menabrak bagian belakang truk yang diparkir di pinggir jalan.

Baca Juga: PO Kenkana Siap Luncurkan Shuttle Special for Girls, Film Barbie

Kasus pertama melibatkan mobil sport Porsche yang tertimpa dan menabrak bagian belakang truk. Kasus kedua melibatkan mobil SUV Mitsubishi Pajero Sport yang atapnya “pecah” setelah menabrak truk yang diparkir di bahu tol.

TMC Bolta Metro Jaya Twitter Doc Sebuah sedan mewah Porsche Cayman bertabrakan dengan bagian belakang truk di Tol Dalam Kota KM 5+200 B sebelum Gerbang Tol Kuningen 2 pada Rabu (19/6/2024) dini hari.

RUP truk atau bumper belakang truk sempat menarik perhatian karena fitur perangkat tambahan ini dinilai sangat penting untuk keselamatan mobil lain di jalan.

Dedy Untoro Harli, Ketua Ikatan Pengusaha DPD Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah DIY mengatakan, pemilik truk telah mengembangkan RUP semaksimal mungkin untuk memenuhi ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Video Nissan Juke Tak Kuat Mendaki Jalan Klemuk di Kota Batu

“Bicara tinggi truk, (ketinggian mobil) masih di bawah truk. Mau tidak mau RUPnya harus turun sekali dan kuat. Sedangkan kalau di truk kalau RUPnya turun sekali , mudah macet,” kata Dedy kepada Kompas.com, Minggu (23/6/2024).

Soal kekuatan RUP, Teddy, agar RUP kuat harus menggunakan bahan logam yang lebih tebal, di satu sisi hal ini akan mempengaruhi bobot truk secara keseluruhan.

READ  Hyundai New Santa Fe, membanjiri R.P. 600 juta fitur keamanan SUV

Pemasangan stiker reflektif pada perangkat RUP trukTribun Jawa Tengah/Permata Putra Sejati Pemasangan stiker reflektif pada perangkat RUP truk

“Makin turun makin tebal, kuat, dan berat. Lalu biayanya lagi. Kalau punya satu truk, tidak masalah, tapi kalau punya ratusan atau ribuan truk, berapa?”

Kalau soal keamanan, kata Teddy, harus berjalan dua arah. Truk tidak hanya dituntut untuk menjamin keselamatan pengguna jalan lainnya.

Baca Juga: Posisi Tangan yang Benar di Setir Saat Off-road

“Bicara keselamatan, keselamatan orang lain siapa? Ada yang kecelakaan, ada truk yang berhenti tapi ditabrak dari belakang,” ujarnya.

“Kalau kita turunkan terus untuk mengejar sedan? Ibarat spoiler 5 cm dari bawah, tidak mungkin kalau ada speed bump,” kata Teddy.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.