Dukung Kerja Kesenian, Pemerintah Minta Seniman Daftar Lewat Aplikasi Online

Portal Teater – Sebuah kabar gembira datang di penghujung tahun 2019 buat pegiat atau pelaku kesenian di seluruh Indonesia.

Pemerintah melalui Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan baru saja membuka kesempatan kepada para seniman untuk mengisi data sanggar seni atau pelaku seni melalui aplikasi http://sidesi.kemdikbud.go.id.

Aplikasi terbaru ini dimaksudkan sebagai platform yang bakal memudahkan pemerintah untuk memberikan fasilitas atau bantuan kepada komunitas/sanggar dan para pelaku seni untuk berkarya.

Lebih dari itu, dengan data-data yang terintegrasi secara online, pemerintah dapat memetakan dengan tepat kebutuhan-kebutuhan pengkaryaan para seniman dan juga sanggar seni yang ada di seluruh Nusantara.

Untuk syarat dan ketentuannya tidak sulit. Sanggar seni atau pelaku seni hanya mengisi form yang disediakan dalam aplikasi tersebut dengan mencantumkan nama, legalitas, dan alamat lengkap.

Mendikbud Nadiem Makarim. -Dok. reqnews.com
Mendikbud Nadiem Makarim. -Dok. reqnews.com

Bentuk Dukungan Pemerintah

Pengembangan aplikasi ini tentu merupakan bentuk dukungan paling nyata dari pemerintah terhadap proses-proses kreatif para seniman.

Sebagai kebijakan yang pertama kalinya, pengembangan data-data pegiat kesenian yang integratif merupakan hal yang patut disambut secara luas oleh pelaku seni.

Asumsi dasarnya, pemerintah memandang, kerja kesenian penting untuk membangun kualitas sumber daya manusia untuk perkembangan kebudayaan di masa depan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebelumnya mengatakan, Indonesia kekuarangan ketersediaan SDM yang mampu bekerja sama, percaya diri dalam mengambil keputusan, inovatif, komunikatif, dan disiplin waktu.

Masih ada ruang kosong yang belum sepenuhnya terisi.

Menurut Nadiem, seni hadir mengisi kekosongan itu lewat kegiatan kreatif yang mampu mengasah kompetensi SDM Indonesia.

Selain Kemendikbud, pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) pun telah mendukung sejumlah acara kesenian, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuanna Rohma Astuti pada pembukaan Festival Teater Jakarta 2019, Selasa (12/11) mengatakan, pemerintah akan terus mendukung kegiatan pengembangan kesenian.

Karena itu, ke depannya, setelah Bekraf bergabung dengan Kemenpar, pemerintah berharap agar kegiatan-kegiatan seni memiliki kalender yang tetap agar dapat menarik sebanyak mungkin wisatawan.

Untuk pendaftarannya dapat dilakukan melalui tautan ini: http://sidesi.kemdikbud.go.id/

Baca Juga

Memaknai Medium dalam Konteks Praktik Seni Kontemporer Lintas/Nir-Medium

Portal Teater - Seni kontemporer hari-hari ini acap kali bergerak sedemikian bebas dari satu bentuk ke bentuk lain, dari satu praktik ke praktik lain, dari...

“Senjakala” Kritik Seni di Era Digital

Portal Teater - Komite Seni Rupa Dewan Kesenian (DKJ) telah sukses menggelar pameran "Mengingat-ingat Sanento Yuliman (1941-1992)" di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki,...

Deal! Hilmar Farid Jawab Keresahan Pelaku Seni dan Budaya

Portal Teater - Penghapusan Direktorat Kesenian dari struktur Direktorat Kebudayaan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim awal tahun ini memunculkan polemik di kalangan...

Terkini

Buku Pematung Ternama Dolorosa Sinaga Diluncurkan Akhir Bulan Ini

Portal Teater - Buku pematung kenamaan Indonesia Dolorosa Sinaga segera diluncurkan akhir bulan ini di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Buku yang mengulas karya patung...

Di Antara Metode Penciptaan dan Praktik Kerja Berbasis Riset

Portal Teater - Pada 17-18 Januari 2020, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya (STKW) menggelar Ujian Komposisi Koreografi dan Kreativitas Tari Jenjang 3 Jurusan Seni...

TEKO UI akan Pentas Teater Musikal Skala Besar di GKJ

Portal Teater - Teater Psikologi Universitas Indonesia (TEKO UI) akan mempersembahkan pentas teater musikal dengan skala besar selama dua hari, pada 13-14 Februari 2020...

“Anak Garuda”, Sebuah Inspirasi Merawat Mimpi

Portal Teater - "Anak Garuda", sebuh film yang diproduksi Butterfly Pictures telah resmi tayang perdana di seluruh bioskop di tanah air pada Kamis (16/1)...

Pematung Dolorosa Sinaga Jadi Direktur Artistik Jakarta Biennale 2020

Portal Teater - Pameran seni kontemporer Jakarta Biennale kembali menyapa warga kota Jakarta tahun ini. Diadakan tiap dua tahun sekali untuk "membaca" identitas kota...