Dukung Kerja Kesenian, Pemerintah Minta Seniman Daftar Lewat Aplikasi Online

Portal Teater – Sebuah kabar gembira datang di penghujung tahun 2019 buat pegiat atau pelaku kesenian di seluruh Indonesia.

Pemerintah melalui Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan baru saja membuka kesempatan kepada para seniman untuk mengisi data sanggar seni atau pelaku seni melalui aplikasi http://sidesi.kemdikbud.go.id.

Aplikasi terbaru ini dimaksudkan sebagai platform yang bakal memudahkan pemerintah untuk memberikan fasilitas atau bantuan kepada komunitas/sanggar dan para pelaku seni untuk berkarya.

Lebih dari itu, dengan data-data yang terintegrasi secara online, pemerintah dapat memetakan dengan tepat kebutuhan-kebutuhan pengkaryaan para seniman dan juga sanggar seni yang ada di seluruh Nusantara.

Untuk syarat dan ketentuannya tidak sulit. Sanggar seni atau pelaku seni hanya mengisi form yang disediakan dalam aplikasi tersebut dengan mencantumkan nama, legalitas, dan alamat lengkap.

Mendikbud Nadiem Makarim. -Dok. reqnews.com
Mendikbud Nadiem Makarim. -Dok. reqnews.com

Bentuk Dukungan Pemerintah

Pengembangan aplikasi ini tentu merupakan bentuk dukungan paling nyata dari pemerintah terhadap proses-proses kreatif para seniman.

Sebagai kebijakan yang pertama kalinya, pengembangan data-data pegiat kesenian yang integratif merupakan hal yang patut disambut secara luas oleh pelaku seni.

Asumsi dasarnya, pemerintah memandang, kerja kesenian penting untuk membangun kualitas sumber daya manusia untuk perkembangan kebudayaan di masa depan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebelumnya mengatakan, Indonesia kekuarangan ketersediaan SDM yang mampu bekerja sama, percaya diri dalam mengambil keputusan, inovatif, komunikatif, dan disiplin waktu.

Masih ada ruang kosong yang belum sepenuhnya terisi.

Menurut Nadiem, seni hadir mengisi kekosongan itu lewat kegiatan kreatif yang mampu mengasah kompetensi SDM Indonesia.

Selain Kemendikbud, pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) pun telah mendukung sejumlah acara kesenian, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuanna Rohma Astuti pada pembukaan Festival Teater Jakarta 2019, Selasa (12/11) mengatakan, pemerintah akan terus mendukung kegiatan pengembangan kesenian.

Karena itu, ke depannya, setelah Bekraf bergabung dengan Kemenpar, pemerintah berharap agar kegiatan-kegiatan seni memiliki kalender yang tetap agar dapat menarik sebanyak mungkin wisatawan.

Untuk pendaftarannya dapat dilakukan melalui tautan ini: http://sidesi.kemdikbud.go.id/

Baca Juga

Shahid Nadeem: Teater sebagai Kuil

Portal Teater - Dramawan terkemuka Pakistan Shahid Nadeem dalam pidatonya pada World Theater Day 2020 (27 Maret) mengatakan bahwa penciptaan teater masa kini harus...

Bersiap Hadapi Risiko Terburuk

Portal Teater - Indonesia bersiap menghadapi kemungkinan terburuk menyusul makin melonjaknya jumlah penemuan kasus baru terkonfirmasi positif virus Corona. Sepanjang pekan ini, jumlah pasien masih...

Teater Karantina #1: Wabah Athena, Galen dan Oedipus Kode

Portal Teater - Lukisan Michiel Sweerts, "Wabah di Kota Tua" (Plague in an Ancient City) banyak dikutip dan dipercayai mengambarkan wabah besar yang pernah...

Terkini

500 Juta Penduduk Dunia akan Jatuh Miskin Karena Corona

Portal Teater - Oxfam, sebuah organisasi nirlaba dari Inggris yang fokus pada penanggulangan bencana dan advokasi, mengatakan pada Kamis (9/4) bahwa dampak dari penyebaran...

Festival Teater Nasional 2020 Ditunda

Portal Teater - Teater Gema mengumumkan secara resmi penundaan pelaksanaan Festival Teater Nasional tahun 2020. Kabar penangguhan disampaikan melalui publikasi di akun media sosialnya,...

Jokowi: Glenn Fredly Lebih Dari Seorang Musisi

Portal Teater - Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar duka atas berpulangnya musisi gaek Glenn Fredly pada Rabu (8/4) malam. Glenn diketahui meninggal karena penyakit...

Pasien Terinfeksi Covid-19 di Indonesia Tembus 3.000 Orang

Portal Teater - Pemerintah Indonesia pada Rabu (8/4) siang merilis data perkembangan terbaru kasus virus Corona di tanah air. Seperti hari-hari sebelumnya, grafik temuan...

Solidaritas Tanpa Batas Pekerja Seni

Portal Teater - Industri seni adalah salah satu sektor yang ikut terpukul lantaran merebaknya virus Corona (Covid-19). Tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh...