Dukung Kerja Kesenian, Pemerintah Minta Seniman Daftar Lewat Aplikasi Online

Portal Teater – Sebuah kabar gembira datang di penghujung tahun 2019 buat pegiat atau pelaku kesenian di seluruh Indonesia.

Pemerintah melalui Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan baru saja membuka kesempatan kepada para seniman untuk mengisi data sanggar seni atau pelaku seni melalui aplikasi http://sidesi.kemdikbud.go.id.

Aplikasi terbaru ini dimaksudkan sebagai platform yang bakal memudahkan pemerintah untuk memberikan fasilitas atau bantuan kepada komunitas/sanggar dan para pelaku seni untuk berkarya.

Lebih dari itu, dengan data-data yang terintegrasi secara online, pemerintah dapat memetakan dengan tepat kebutuhan-kebutuhan pengkaryaan para seniman dan juga sanggar seni yang ada di seluruh Nusantara.

Untuk syarat dan ketentuannya tidak sulit. Sanggar seni atau pelaku seni hanya mengisi form yang disediakan dalam aplikasi tersebut dengan mencantumkan nama, legalitas, dan alamat lengkap.

Mendikbud Nadiem Makarim. -Dok. reqnews.com
Mendikbud Nadiem Makarim. -Dok. reqnews.com

Bentuk Dukungan Pemerintah

Pengembangan aplikasi ini tentu merupakan bentuk dukungan paling nyata dari pemerintah terhadap proses-proses kreatif para seniman.

Sebagai kebijakan yang pertama kalinya, pengembangan data-data pegiat kesenian yang integratif merupakan hal yang patut disambut secara luas oleh pelaku seni.

Asumsi dasarnya, pemerintah memandang, kerja kesenian penting untuk membangun kualitas sumber daya manusia untuk perkembangan kebudayaan di masa depan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebelumnya mengatakan, Indonesia kekuarangan ketersediaan SDM yang mampu bekerja sama, percaya diri dalam mengambil keputusan, inovatif, komunikatif, dan disiplin waktu.

Masih ada ruang kosong yang belum sepenuhnya terisi.

Menurut Nadiem, seni hadir mengisi kekosongan itu lewat kegiatan kreatif yang mampu mengasah kompetensi SDM Indonesia.

Selain Kemendikbud, pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) pun telah mendukung sejumlah acara kesenian, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuanna Rohma Astuti pada pembukaan Festival Teater Jakarta 2019, Selasa (12/11) mengatakan, pemerintah akan terus mendukung kegiatan pengembangan kesenian.

Karena itu, ke depannya, setelah Bekraf bergabung dengan Kemenpar, pemerintah berharap agar kegiatan-kegiatan seni memiliki kalender yang tetap agar dapat menarik sebanyak mungkin wisatawan.

Untuk pendaftarannya dapat dilakukan melalui tautan ini: http://sidesi.kemdikbud.go.id/

Baca Juga

Forum Seniman Peduli TIM Gelar Rapat Dengar Pendapat dengan DPR RI

Portal Teater - Sejak November 2019, sejumlah seniman, budayawan dan pelaku budaya yang tergabung dalam Forum Seniman Peduli TIM (FSPT) menggelar aksi 'silet movement'...

Tanggapi Aspirasi Seniman, DPR Dukung Moratorium Revitalisasi TIM

Portal Teater - Menanggapi aspirasi Forum Seniman Peduli TIM dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Kompleks Parlemen, Senin (17/2), Komisi X DPR yang...

Dewan Kesenian Jakarta Minta Anies Kaji Ulang Revitalisasi TIM

Portal Teater - Menyusul polemik yang mengemuka di ruang publik, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) akhirnya meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengkaji ulang proyek revitalisasi...

Terkini

Jelang Pameran, Julian Rosefeldt Kuliah Umum “Manifesto”

Portal Teater - Tiga hari menjelang pameran, seniman dan pembuat film asal Jerman Julian Rosefeldt akan memberikan kuliah umum bertemakan "Manifesto", judul dari karya...

FTP 2020: Ruang Bagi Generasi C Bereksplorasi

Portal Teater - Sepuluh tahun lalu, Dan Pankraz, peneliti dan Direktur Perencanaan/Strategi Pemuda pada DBD Sydney, Australia, pernah mengatakan, Generasi C (Gen C) bukanlah...

Lestarikan Budaya Betawi, Sudin Kebudayaan Jaksel Bina 60 Sanggar Seni

Portal Teater - Untuk memperkuat ekosistem kesenian kota berbasis komunitas, Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Jakarta Selatan memfasilitasi pembinaan bagi 60 sanggar seni di Hotel...

Dewan Kesenian Jakarta Minta Anies Kaji Ulang Revitalisasi TIM

Portal Teater - Menyusul polemik yang mengemuka di ruang publik, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) akhirnya meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengkaji ulang proyek revitalisasi...

Suara Penyintas Kekerasan Seksual dari “Belakang Panggung”

Portal Teater - Lentera Sintas Indonesia dan Institut Français d'Indonésie (IFI) Jakarta akan mempersembahkan teater musikal "Belakang Panggung" untuk menyuarakan kesunyian yang terkubur dari...