Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Deskripsi asteroid yang mendekati Bumi.  Gambar: Pos Herring

Fakta asteroid dan ancamannya terhadap Bumi

Deskripsi asteroid yang mendekati Bumi. Gambar: Pos Herring

Luar Angkasa – Asteroid selalu melewati tata surya kita, tetapi kita tidak terlalu memperhatikannya. Namun awal pekan ini, pandangan publik tertuju pada asteroid berjuluk 7482 (1994 PC1), terutama oleh para astronom. apa alasannya? Asteroid, dua pertiga mil atau 1,1 kilometer panjangnya, melewati 1.231.184 mil dari Bumi pada Selasa, 18 Januari 2022.

Asteroid 7482. Gambar: NASA
Asteroid 7482. Gambar: NASA

Ini adalah salah satu pendekatan yang paling menegangkan untuk bertahan hidup di bumi. Sebab, asteroid sebesar itu bisa menghancurkan sebuah kota atau pulau besar sekaligus. Kabar baiknya adalah bahwa para ilmuwan di seluruh dunia sedang mengerjakan peristiwa semacam itu. Gagasan bahwa asteroid, apa pun namanya, tidak boleh menabrak Bumi. Jika mereka mengancam, itu akan segera terbakar atau setidaknya terganggu oleh berbagai fisika teknik.

Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA terlibat dalam tugas mengidentifikasi semua objek yang mendekati Bumi, seperti asteroid. Mereka harus melacak segala sesuatu yang bisa bertabrakan dengan bumi.

Phys.org Pada Kamis, 20 Januari 2022, ia menerbitkan wawancara dengan Danilo Marceschini, Profesor Fisika dan Astronomi di School of Arts and Sciences. Seorang ahli pembentukan dan revolusi galaksi menjelaskan apa sebenarnya asteroid itu, dari mana asalnya, dan ke mana perginya. Hasil wawancaranya adalah:

Troya asteroid.  Gambar: NASA
Troya asteroid. Gambar: NASA

Apa itu asteroid?

Asteroid Batu sisa-sisa dari pembentukan tata surya. Mereka berada di dekat bidang gerhana di sekitar matahari, dan planet-planet berada di bidang yang sama dengan matahari (yaitu di bidang yang sama dengan bumi).
Sebagian besar asteroid berada di orbit antara Mars dan Jupiter, juga dikenal sebagai Sabuk Asteroid.

Berapa banyak asteroid yang ada di tata surya kita?

Saat ini, kita mengetahui dan mendaftar jutaan asteroid, dan mungkin ada sebanyak 10 juta asteroid. Asteroid terbesar berdiameter sekitar 1.000 km (catatan: Bumi berdiameter sekitar 12.756 km). Namun demikian, massa total semua asteroid kecil, dengan perkiraan massa 0,05 persen Bumi.

READ  Proses kerja alat mesin Langkong Kuning

Bagaimana astronom menemukan dan mengamatinya?

Asteroid pertama, Ceres, ditemukan pada tahun 1801 oleh astronom Italia Giuseppe Piazzi. Meskipun penemuan itu disebut kebetulan, para astronom (kemudian) mencari (yang sama) objek yang mengorbit Matahari antara Mars dan Jupiter.

Biasanya, asteroid melihat langit, malam demi malam, dan mendeteksi objek yang bergerak cepat di bintang yang jauh. Ada subdivisi astronomi yang didedikasikan untuk mencari asteroid secara sistematis melalui teleskop sedang/kecil yang memindai langit malam. Semakin kecil asteroid, semakin redup, dan semakin sulit untuk dideteksi.

Apakah semua asteroid itu sama?

Banyak asteroid berada di orbit yang sama dengan Jupiter, mengikuti atau sebelum Jupiter. Jenis asteroid ini disebut Trojan. Yang lainnya adalah antara orbit Mars dan Bumi, asteroid Amor. Asteroid yang melintasi orbit Bumi ketika mereka paling dekat dengan Matahari disebut asteroid Apollo, dan satelit yang melintasi orbit Bumi ketika mereka terjauh dari Matahari disebut asteroid Aden.

Selasa lalu, 7482, asteroid terdekat dengan Bumi adalah asteroid Apollo.

Apa yang terjadi ketika asteroid bertabrakan?

Kadang-kadang, sabuk asteroid antara Jupiter dan Mars mungkin bertabrakan, atau mungkin ada kontak gravitasi antara asteroid atau gangguan gravitasi dengan Jupiter, yang mengakibatkan asteroid terlempar dari sabuk asteroid. Asteroid Aden dan Apollo dianggap sebagai hasil dari tabrakan ini.

Bagaimana nasib asteroid dalam jangka panjang?

Banyak bulan kecil yang mengorbit planet di Tata Surya dianggap oleh para astronom sebagai asteroid yang terperangkap oleh gravitasi planet saat mereka lewat. Asteroid dapat bertabrakan satu sama lain, dan fragmen kecil yang disebut meteorit sering menonjol dari sabuk asteroid. Meteorit atau meteorit terbentuk ketika memasuki atmosfer bumi.

Mengingat banyaknya jumlah asteroid, para astronom memperkirakan bahwa sebagian besar dari mereka telah bertabrakan dengan asteroid lain dalam 4,6 miliar tahun terakhir sejarah tata surya. Namun secara umum, sebagian besar asteroid mengorbit Matahari.

READ  Teleskop James Webb terkena serangan mikrometer, berbahaya?

} function closeNav() { document.getElementById("mySidenav").style.width = "0"; }

function openSearch() { document.getElementById("myOverlay").style.display = "block"; } // tambahsearch function closeSearch() { document.getElementById("myOverlay").style.display = "none"; }

function show_debug_width() { var debug_show = false; var debug_console = false; $('body').prepend('

| | rules css:

'); $("span#wdt").html("width: " + $(window).width()); $("span#hgt").html("height: " + $(window).height()); if (debug_console) { var rule = ""; $('#rule_css').each(function () { rule = window.getComputedStyle(this, ':after').content; }); console.log($('#info_css').text() + ' ' + rule); } $(window).resize(function () { $("span#wdt").html("width: " + $(window).width()); $("span#hgt").html("height: " + $(window).height()); if (debug_console) { var rule = ""; $('#rule_css').each(function () { rule = window.getComputedStyle(this, ':after').content; }); console.log($('#info_css').text() + ' ' + rule); } }); } $('document').ready(function () { show_debug_width(); hover_video(); //scrool_header();

function hover_video() { $('div.video-cover').hover(function () { $(this).find('div.overplay').show(); $('div.video-cover img').css({ "opacity": "0.9" }); });

} $(window).scroll(sticky_relocate); $(window).scroll(scrool_menu); sticky_relocate(); scrool_menu();

function scrool_header() { $(window).scroll(function () { if ($(window).scrollTop() > 60) { $('.header').slideDown(); $('.header').css({ "position": "fixed", "z-index": "99", "top": "0", "left": "0", "background": "#fff", "box-shadow": "2px 2px 2px 2px rgba(0,0,0,0.1)"

}); } else { $('.header').css({ "position": "relative", "box-shadow": "none" }); } }); }

$(document).ready(function() { $('div[id^="lightgallery"]').lightGallery(); }); //$(".share_it").html(' ');

$('.share-open-click').click(function() { $('.share-open-fix').slideToggle(); }); if ($(".twitter-tweet , .twitter-video ").length > 0) $("