Juli 4, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Aha, setiap tahun 5 ribu ton benda jatuh dari luar angkasa ke Bumi

Fakta menarik kenapa meteor sering jatuh ke bumi

Mata Indonesia, New York – Jatuh Meteor Dataran Amerika Serikat mengejutkan banyak kalangan. Apakah ini berarti bencana sudah dekat?

Jatuhnya meteorit ini seringkali spektakuler. Di Bumi, ada yang menyebutnya bintang jatuh. Bagaimana meteorit memasuki atmosfer bumi atau jatuh ke tanah dan menjadi meteorit? Berikut penjelasannya

Tata surya tidak terbatas pada Matahari dan planet-planet seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Namun, ada juga zat di tata surya. Asteroid, meteorit, meteorit, dan meteorit adalah nama.

Tata Surya di galaksi Bima Sakti adalah kumpulan benda langit yang mengorbit bintang titik pusatnya. Atau kita tahu bahwa matahari.

Planet-planet yang mengorbit matahari dibagi menjadi dua bagian yaitu planet dalam dan planet luar.

Sertakan di dalam

  • Air raksa
  • Jumat
  • Bumi
  • Selasa.

Kemudian, bagian luar terdiri dari

  • Kamis
  • Saturnus
  • Uranus
  • Neptunus.

Selain itu, ada unsur tata surya selain planet, asteroid, meteorit, meteorit, dan meteorit.

Lantas, apa sebenarnya arti dan sifat dari keempat istilah tersebut dalam tata surya?

asteroid

asteroid
asteroid

Sisa-sisa logam dan potongan batu digunakan untuk membuat tata surya. Asteroid berukuran tidak beraturan dan salah satunya berada di antara Mars dan Jupiter.

Selain tidak beraturan, asteroid memiliki sifat mengelompok dan mengorbit di beberapa tempat dengan suatu sistem. Kumpulan asteroid ini kadang-kadang disebut sebagai sabuk asteroid, yang berisi ratusan ribu asteroid dengan berbagai ukuran.

Diameter asteroid biasanya 1-750 km dengan massa 0,0001 Bumi.

Meteor

Meteor
Meteor

Tidak seperti asteroid yang memiliki jalurnya sendiri di tata surya, meteorit tidak. Meteor adalah benda langit yang terbuat dari batuan dan logam yang bergerak bebas tanpa lintasan di luar angkasa. Kecepatan geraknya bebas cepat di galaksi Bima Sakti, tepatnya di sekitar berbagai planet di tata surya.

READ  Bersenjata! Potongan-potongan batu yang jatuh ke Bumi dikatakan memiliki berat hingga 14 kilogram dari planet lain

Meteor

Jika meteorit secara tidak sengaja tertarik ke planet terdekat, meteorit itu akan menabrak atmosfer yang menyebabkan api atau pancaran panas. Meteorit yang menghasilkan cahaya ini disebut meteorit.

Meteor sering disebut sebagai bintang jatuh atau bintang pengalih, yang terlihat seperti ekor bola api dari permukaan bumi dan bergerak sangat cepat. Asteroid yang melewati atmosfer biasanya terbakar habis. Namun, jika masih ada batu, batu itu akan jatuh ke tanah. Batuan yang mula-mula menjadi meteorit dan kemudian meteorit disebut meteorit ketika mencapai permukaan bumi. Ledakan biasanya disebabkan oleh suhu tinggi ketika mereka bertabrakan dengan Bumi.

Meteor bisa jatuh dalam jumlah yang banyak atau sering disebut dengan hujan meteor. Meteor biasanya jatuh ketika orbit Bumi bertemu dengan orbit komet. Komet meninggalkan sejumlah besar meteorit di belakang mereka. Kondisi ini dapat menyebabkan hujan meteor. Sulit untuk menghitung berapa kali meteorit memasuki atmosfer bumi karena jumlahnya sangat banyak dan tidak ada angka pasti. Meteor yang mencapai permukaan bumi seringkali berukuran kurang dari setengah kilogram.

Sungguh fakta yang menarik

  1. Setiap tahun lebih dari 500 keping meteorit jatuh dari orbit ke Bumi.
  2. Ukuran asteroid bervariasi, ada yang sekecil 2 mm atau mikrometer. Ada meteorit yang sangat besar, atau sering disebut dengan asteroid. Sebuah asteroid biasanya berdiameter lebih dari 10 meter.
  3. Karena meteorit terbakar pada suhu 1.650 derajat Celcius ketika memasuki atmosfer bumi, meteorit terbakar bahkan sebelum menyentuh permukaan bumi.
  4. Diperkirakan sekitar 30 hujan meteor terjadi dari Bumi setiap tahunnya, lho. Beberapa meteorit dapat bertahan sangat lama, beberapa lebih dari 100 tahun. Hujan meteor pertama yang tercatat dalam sejarah manusia terjadi di China 2.000 tahun yang lalu.
READ  Pemerintah Kabupaten Siamese memberikan subsidi sepeda motor kepada pimpinan MUI tingkat desa

Koresponden: Fatila Alia Hakeem