Festival Teater Jakarta Timur 2019 Belum Ada Wajah Baru

Portal Teater – Festival Teater Jakarta Timur bakal segera dibuka akhir pekan ini. Diikuti duabelas grup teater, belum ada peserta wajah baru yang mengikuti event tahunan ini.

“Jadi, untuk baru nggak ada, tapi yang ada teater baru wajah lama,” ujar Ragil Biru Solihin, Ketua Ikatan Teater Jakarta Timur (Ikatamur), Jumat (4/10).

Bang Raqil, begitu sapaannya, menceritakan, selain kesepuluh peserta FTJT, memang ada dua peserta yang selama beberapa tahun vakum dari kompetisi tingkat wilayah administrasi tersebut.

Keduanya adalah Teater Tanah dan Bumi Kalamtara. Namun, grup-grup teater ini bukanlah wajah baru.

Teater Tanah terakhir mengikuti FTJT tahun 2014 dan berhasil menembus tiket final FTJ tahun itu. Sementara Bumi Kalamtara terakhir kali mengikuti FTJT pada sekitar sepuluh tahun lalu (2007 atau 2008).

“Untuk grup baru tahun ini tidak ada, tapi ada beberapa grup seperti Teater Tanah dan Bumi Kalamtara yang tidak aktif tapi sekarang muncul lagi,” katanya.

Untuk tidak dikatakan sebagai kemandekan, seperti halnya terjadi di Jakarta Utara, perkembangan teater di Jakarta Timur belum cukup signifikan.

Artinya, terlepas dari keengganan untuk mengikuti kompetisi atau festival, kalaupun ada grup-grup baru, kemunculan grup teater itu belum mampu bersaing dengan grup-grup yang telah ada.

Barangkali, sebagai pencinta dan pegiat teater, kita perlu memetakan dengan jelas dan terukur, apa saja yang melatarbelakangi stagnasi pertumbuhan tersebut.

Diikuti 12 Grup Teater

Mulai tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hadir sebagai penyelenggara festival, baik di tingkat anak, pelajar maupun tingkat umum.

Di Jakarta Timur, festival teater terselenggara atas kerjasama Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur dengan Ikatamur.

Berbeda dengan wilayah lain, FTJT tahun ini akan digelar selama empat pekan, yaitu 5-26 Oktober 2019, di Pusat Pelatihan Seni Budaya Jakarta Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Bang Raqil menuturkan, ada 12 grup teater yang mengikuti FTJT kali ini. Termasuk salah satunya adalah Sanggar Teater Jerit yang tahun lalu memenangkan (juara I) Festival Teater Jakarta.

Keduabelas peserta FTJTdan karya-karya mereka, antara lain: Sanggar Teater Jerit (“Macbeth”), STB Jakarta (“Badai Sepanjang Malam”), Komunitas Tujuh (“Aljabar”), dan Teater Tukang (“Mas Bret”). Keempat grup ini akan tampil pada pekan pertama, 5-6 Oktober.

Pada pekan kedua, 12-13 Oktober, akan tampil empat grup teater lainnya, yakni: Teater Al-Kautsar (“Cermin II”), Teater Castra Mardika (“Terdampar”), Bumi Kalamtara (“Cabik”) dan UKM Sinatera IBN (“Rumah Kertas”).

Di pekan ketiga, keempat grup terakhir akan mementaskan karya-karya mereka, antara lain: Teater Tanah (“Tai.. Luh..”), Mata Art Community (“Perguruan”), Teater Semut Unsada (“Titisan Si Manis”) dan Teater Camuss (“Mak Comblang”).

Rundown Acara

Berikut rundwown acara Festival Teater Jakarta Timur 2019:

Rundown acara FTJT 2019.
Rundown acara FTJT 2019.

Simak video pentas Sanggar Teater Jerit pada FTJ 2018 berikut:

*Daniel Deha

Baca Juga

Lukisan Tertua Kedua Dunia Ditemukan di Sulawesi Selatan

Portal Teater - Sebuah lukisan tua baru saja ditemukan pada dinding sebuah gua di Sulawesi Selatan. Lukisan itu diketahui berumur 44.000 tahun dan diklaim...

Cinta Yang Melampaui Takhta

Portal Teater - Yayasan Oplet Robet (Ocehan Plesetan Rombongan Betawi) berniat terus berkiprah di dunia kesenian tradisi untuk menjaga, melestarikan dan memajukan seni budaya...

Viral! Pisang Karya Maurizio Cattelan di Art Basel Miami Dibandrol Rp1.7 Miliar

Portal Teater - Karya instalasi seniman eksentrik Italia Maurizio Cattelan berupa pisang yang dipamerkan oleh Galeri Perrotin pada Art Basel di Miami, Amerika Serikat,...

Terkini

Ugo Untoro: Melukis Lebih Dekat tentang Personalitas Diri

Portal Teater - Duabelas tahun lalu pameran seni visual Ugo Untoro bertajuk "Poem of Blood" di Galeri Nasional Indonesia Jakarta, 12-26 April 2007, menghebohkan...

Tutup Tahun, JCP Persembahkan Konser Special “Tribute to Farida Oetoyo”

Portal Teater - Jakarta City Philharmonic dan Ballet Sumber Cipta mempersembahkan konser spesial akhir tahun bertajuk Tribute to Farida Oetoyo pada Jumat (13/12), pukul...

Ini Daftar 20 Dance Film Yang Lolos Kompetisi IMAJITARI 2019

Portal Teater - Ada 20 karya dance film yang dinyatakan lolos ke tahapan sesi kompetisi helatan IMAJITARI “International Dance Film Festival” 2019. Dari 20...

Selama 43 Tahun, Kritik Seni Rupa Indonesia Masih Sebatas “Pengantar”

Portal Teater - Ketika kembali ke Indonesia setelah menempuh pendidikan doktoralnya di Prancis tahun 1981, Sanento Yuliman mulai aktif menulis kritik seni rupa di...

Mahasiswa Prodi Teater IKJ Pentas “Macbeth” dengan Konsep Kekinian

Portal Teater - Mahasiswa Program Studi Teater Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dengan bangga akan mementaskan "Macbeth" karya William Shakespeare di Gedung Teater Luwes IKJ,...