Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Freeport mulai mengirimkan konsentrat tembaga ke pihak smelter Gressick

Freeport mulai mengirimkan konsentrat tembaga ke pihak smelter Gressick

Jakarta, KOMPAS.com – PT Freeport Indonesia (PTFI) mulai mengirimkan konsentrat tembaga ke fasilitas pengolahan dan pemurnian (meleleh) di Kawasan Ekonomi Khusus PTFI (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Grasik, Jawa Timur.

Pengiriman pertama dilakukan pada Kamis (13/6/2024) dari Pelabuhan Amamabare, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

peleburan PTFI di Gresik sudah siap beroperasi, sehingga kami sudah memulai pengiriman perdana konsentrat tembaga. Ini momen penting bagi PTFI dan Indonesia, kata Direktur Utama PTFI Tony Venas dalam keterangannya, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga: Menteri ESDM Ungkap Alasan Freeport Perpanjang Kontrak Hingga Cadangannya Habis

KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Grasik, Kabupaten Manyar, Jawa Timur, dijadwalkan mulai beroperasi pada awal Juni 2024.

Konsentrat tembaga yang diangkut berjumlah 22.000 ton, dimana 12.000 ton akan dimurnikan di smelter PTFI dan 10.000 ton dikirim ke smelting cressic PT. Mother Vessel (MV) Unitama Lily digunakan dalam persalinan.

Tony mengatakan konsentrasi pertama ini merupakan momen penting bagi PTFI dan Indonesia.

“Semua konsentrat tembaga ini akan dimurnikan secara lokal, mewujudkan langkah menuju Indonesia maju,” ujarnya.

Dia menjelaskan, konsentrasi tembaga tersebut merupakan pasokan ke smelter yang akan segera mulai bekerja. Diperkirakan tiba di Pelabuhan Smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Gresik pada 22 Juni 2024.

Baca Juga: Bahlil minta Freeport Indonesia bangun smelter di Timika

Setelah sampai di pelabuhan, konsentrat ditempatkan di gudang konsentrat sebelum diproses lebih lanjut saat memasuki tahap produksi di flash smelting furnance (FSF).

READ  Idul Fitri Virtual, 4 ide THR "unik" yang dapat dibagikan dengan semua halaman di sini

Secara umum terdapat tiga proses sebelum konsentrat menjadi lembaran katoda tembaga, yaitu proses penanganan bahan terkonsentrasi, proses peleburan di tungku dan pemurnian di elektrorefinery.

“Kami menjalankan smelter dengan standar operasional yang tinggi dan mematuhi seluruh norma pemerintah. “Ini merupakan komitmen kami untuk mendukung program hilirisasi pertambangan yang dicanangkan pemerintah,” kata Tony.

Pabrik peleburan PT Freeport Indonesia KEKE JIIPE merupakan kilang konsentrat tembaga yang berlokasi di Manyar, Grasik, Jawa Timur. Pembangunannya dimulai pada Oktober 2021 dan telah selesai sesuai batas waktu yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Pemerintah perpanjang izin ekspor freeport hingga akhir 2024

Smelter kedua PTFI ini merupakan smelter tembaga dengan desain single line terbesar di dunia dan akan mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi hingga 1,7 juta ton setelah beroperasi penuh.

Unit Pemurnian, Unit Pemurnian Logam Mulia, Unit Oksigen, Unit Asam Sulfat dan Unit Desalinasi serta Unit Instalasi Pengolahan Air Limbah dan Air Limbah mendukung pemanfaatan bahan baku, produk samping dan limbah secara maksimal. Proses peleburan dan pemurnian dengan efisiensi tinggi.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.