Februari 7, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Gaia menemukan planet asing dengan inti fusi nuklir 13 kali lebih besar dari Jupiter

Memuat…

Sebuah tim ilmuwan internasional telah menemukan sebuah planet ekstrasurya baru yang terdeteksi oleh pesawat ruang angkasa Gaia Badan Antariksa Eropa. Foto/Ruang/ESA

London – Ditemukan oleh tim ilmuwan internasional planet Ekstrasurya baru ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Gia milik badan antariksa Eropa . Planet, 13 kali lebih besar dari Jupiter, memiliki inti fusi nuklir yang terjadi di dalamnya.

Sebuah tim yang dipimpin Profesor Sasha Hinckley dari University of Exeter di Inggris menemukan bahwa exoplanet HD 206893 mengorbit pada jarak sekitar 483 juta kilometer dari bintangnya. Bintang ini terletak sekitar 130 tahun cahaya dari Bumi dan 30% lebih besar dari Matahari kita. .

Misi Gaia Badan Antariksa Eropa mengukur posisi bintang saat mereka bergerak melintasi langit dengan sangat presisi. Mengikuti data Gaia, tim menggunakan instrumen GRAVITY di Very Large Telescope di Gurun Atacama Chile utara untuk mengkonfirmasi langsung keberadaan planet baru, HD 206893 c.

Baca juga; Para astronom menemukan 200 planet baru pada tahun 2022, beberapa mirip dengan Bumi dan Mars

Terlebih lagi, pengamatan tersebut memungkinkan para peneliti mempelajari spektrum cahaya dari atmosfer planet. Kecerahan material tersebut menunjukkan bahwa inti planet raksasa tersebut sedang menjalani fusi nuklir menggunakan deuterium, isotop hidrogen yang membawa neutron.

Planet ekstrasurya yang baru ditemukan ini bisa berukuran 13 kali lebih besar dari Jupiter. Ukurannya yang masif dan bukti fusi menempatkannya di ambang menjadi planet dan katai coklat.

Penemuan ini dapat memberi para ilmuwan wawasan baru untuk membedakan antara planet masif dan katai coklat. “Penemuan (planet) HD 206893 c merupakan momen penting untuk studi exoplanet karena merupakan pendeteksian langsung pertama exoplanet Gaia,” kata Hinckley seperti dikutip laman Space, Sabtu (21/1/2023). .

Penemuan ini menunjukkan bahwa Gaia dapat menunjukkan jalan menuju eksoplanet potensial. Pengamatan dari darat atau dengan wahana antariksa seperti James Webb Space Telescope milik NASA.

READ  "Chettiapudi 13", kasus pembusukan yang belum terselesaikan dari sekarang hingga 40 tahun yang lalu. Halaman Semua

Baca juga; Para astronom memperkirakan ada miliaran planet mirip Bumi

Studi baru telah diterima oleh jurnal Astronomi & Astrofisika dan tersedia melalui ArXiv. Selain itu, Hinckley mempresentasikan temuannya awal bulan ini di konferensi American Astronomical Society di Seattle.

(wib)