Januari 30, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Google Minta Maaf dan Hapus Foto Street View yang Diprotes Warga Tangong

KOMPAS.com – Pihak Google Indonesia meminta maaf setelah memetakan mobil Google Street View Warga memprotes karena dianggap melanggar privasi.

Feliciana Veenathan, Manajer Komunikasi Google Indonesia, mengatakan masalah tersebut salah paham. Karena, menurutnya, Google seharusnya Pemandangan jalan Hanya menampilkan foto yang diambil di properti publik.

“Jelas ada salah paham dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami warga sekitar,” kata Feliciana melalui SMS. KompasTekno, Kamis (28/10/2021).

Baca selengkapnya: Hapus foto rumah di Google Street View? Begini caranya

Feliciana juga mengkonfirmasi film tersebut Pemandangan jalan Kirul telah dihapus dari protes Google Street View.

“Begitu kami mengetahui masalah ini, kami menghapus gambar yang meragukan. Saya perlu klarifikasi, (gambar pemandangan jalanan yang memprotes) tidak lagi ada di pemandangan jalanan,” tambah Feliciana.

Kompas / Prancis Beruntung Eko Pramono, karyawan Google Street View, memegang alat Trekker Street View yang digunakan untuk mengambil gambar panorama dengan sudut 360 derajat, di Candi Borobudur, Jawa Tengah, Sabtu (26/9/2015). Perangkat berbentuk kamera, yang beratnya sekitar 20 kilogram dan terdiri dari 15 lensa, memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar 360 derajat di sekitar jalan yang lewat.

Informasi, inspirasi dan Intelijen Dari Surel Anda.
Registrasi Surel

Akibat masalah ini, Feliciana mengungkapkan bahwa Google akan meninjau proses pemetaan Google Street View untuk menghindari kesalahan serupa di masa mendatang.

memprotes

Sebelumnya, Kirul Anam, warga Kabupaten Thangarang, memprotes operasi pemetaan Google Street View di kawasan pemukimannya.

Baca selengkapnya: Buat tampilan jalan Borobudur dan gunakan hanya Google One Pack

Menurut Kirul, pemetaan oleh Google tidak sah dan melanggar hak privasi penduduk setempat. Keluhannya di situs jejaring sosial Twitter menjadi viral di dunia maya.

READ  Berkat teknologi Superconductive VC Liquid Cooling System, main game di Oppo Reno8 5G jadi lebih asik

Google Street View adalah fitur foto panorama 360 derajat yang disediakan oleh Google yang menunjukkan kondisi sebenarnya dari jalan atau alamat tertentu pada peta.

Selain itu, Google Street View dapat menampilkan bagian depan rumah atau objek lainnya. Namun, informasi penting seperti wajah, nomor rumah, dan plat nomor kendaraan biasanya dikoreksi dan diburamkan.