Desember 8, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Gunakan mobil diesel, jangan langsung matikan mesin setelah berhenti

Jakarta, KOMPAS.com – Untuk pemilik Anda Mobil Dengan Mesin Diesel Anda mungkin pernah mendengar bahwa mesin diesel tidak boleh langsung dimatikan.

Beberapa mobil dengan mesin diesel dipasang pengatur waktu Untuk Matikan mesin Otomatis setelah kunci dilepas, mesin tidak langsung mati saat itu juga.

Baca selengkapnya: Secara resmi, ganda ganjil Jakarta diperluas menjadi 13 poin pada hari Senin

Departemen Dukungan Teknis Dealer. Ketua PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan: Mobil diesel tidak boleh langsung dimatikan saat parkir, ada gunanya ini. Terutama digunakan di mobil diesel Turbo.

“Oleh karena itu, jika mobil digunakan pada kecepatan tinggi lebih dari dua jam, sebaiknya tidak langsung dimatikan karena perawatan turbo, pelumasan turbo,” kata Didi. Kompas.com Beberapa waktu lalu.

Penyihir otomatis Mesin diesel V6 3.0L TDI.

Informasi, inspirasi dan Intelijen Dari Surel Anda.
Registrasi Surel

Namun, untuk mobil dengan mesin diesel yang belum menggunakan turbo, mematikan mesin segera setelah berhenti tidak akan terlalu sulit. Namun, lebih baik menunggu sedikit lebih lama.

Baca selengkapnya: Apa gunanya menjual liga model baru dan Avanza lama?

“Sebenarnya mesin diesel biasa yang tidak menggunakan turbo tidak terlalu rumit,” kata Didi.

Hal senada disampaikan Subarna, Kepala Bengkel Auto 2000 di Seland, Jakarta Selatan. Dikatakannya, jangan langsung mematikan mesin diesel saat sampai di tempat tersebut dan menunggu sekitar 20-30 detik agar sirkulasi pelumas, pendingin dan sebagainya akan kembali normal.

Selain itu, mesin diesel yang menerima turbo takut jika mesin segera dimatikan, akan terjadi keausan.

Mesin 2.143cc 4 silinder turbo diesel yang mengusung new V-Class memenuhi standar Euro IV dan merupakan satu-satunya bahan bakar yang digunakan Ferdamina Tex menurut Mercedes-Benz (MB) Indonesia. Febri Ardani / KompasOtomotif Mesin 2.143cc 4 silinder turbo diesel yang mengusung new V-Class memenuhi standar Euro IV dan merupakan satu-satunya bahan bakar yang digunakan Ferdamina Tex menurut Mercedes-Benz (MB) Indonesia.

Alasan teknis untuk tidak mematikan mesin diesel secara langsung adalah siklus oli mesin sudah benar dan tidak akan langsung berhenti saat disirkulasikan atau pada kecepatan tinggi.

READ  Indosat GIG Tutup Layanan pada 25 November, Begini Kata Penggunanya

Baca selengkapnya: WSBK dan MotoGP memicu balapan lagi di sirkuit Mandala

“Ini satu-satunya perawatan yang perlu lebih diperhatikan oleh pengguna mobil diesel. Tidak ada yang tersisa selain fokus pada penggunaan bahan bakar solar sesuai rekomendasi pabrikan,” kata Suparna.

Pada dasarnya mobil dengan mesin diesel membutuhkan waktu untuk kembali idle setelah digunakan. Ada banyak komponen yang dapat dipengaruhi oleh perubahan suhu yang parah pada mesin diesel.

Dapatkan pembaruan Pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.