Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

HarmonyOS Huawei digunakan di lebih dari 900 juta perangkat

HarmonyOS Huawei digunakan di lebih dari 900 juta perangkat

24 Juni 2024@17:30 WIB | 153 tampilan

Sejak pemerintah AS melarang Huawei menggunakan OS Android, merek asal Tiongkok tersebut mengembangkan sistem operasinya sendiri. Sistem operasi yang disebut HarmonyOS ini digunakan oleh lebih dari 900 juta perangkat ponsel pintar Huawei di seluruh dunia.

Melansir Reuters, Minggu (23/6/2024), Richard Yu, kepala grup bisnis konsumen Huawei, mengatakan angka tersebut lebih tinggi dibandingkan rivalnya dari perusahaan AS dan Eropa.

“HarmonyOS telah membuat banyak kemajuan besar yang belum dicapai oleh merek teknologi lain saat ini. Selama 10 tahun terakhir, kami telah menciptakan lingkungan teknologi menggunakan sistem operasi yang independen namun terdepan,” kata Yu pada konferensi pengembang di Dongguan. , Cina.

Huawei mengklaim HarmonyOS akan menjangkau 800 juta perangkat pada Mei 2024 saja. Bahkan, dalam lima bulan pertama tahun 2024, penggunaan HarmoniOS meningkat hingga 68 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Yu menambahkan, meningkatnya penggunaan HarmonyOS juga karena paparannya terhadap smartphone kelas atas atau andalan. Salah satunya adalah seri Huawei Mate 60 yang diluncurkan tahun lalu dan mendapat respon positif.

Sekadar mengingatkan, sistem operasi HarmonyOS telah ada sejak 2019 sebagai respons terhadap embargo perdagangan Huawei. Akibatnya, Huawei dilarang menggunakan sistem operasi Android buatan Google yang diproduksi oleh raksasa teknologi Amerika tersebut.

Menariknya, pada awal tahun 2024, sistem operasi Huawei akan menyalip iOS milik Apple sebagai sistem operasi terpopuler kedua di Tiongkok. Data Counterpart menunjukkan HarmonyOS tidak tertinggal jauh dari Android yang masih menjadi pemimpin sistem OS terpopuler di China. [edo/timBX]