Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Hasil pembangunan infrastruktur, bandara Burlington dan Kertajati sepi

eramuslim.com – Tidak ada bandara yang diparkir di Bandara Purapalinga. Sejak memeriksa perjalanan online, tiket pesawat ke atau dari bandara tidak untuk dijual. Saat dibuka pada 3 Juni 2021, 4 bulan lalu, warga Burlington dan sekitarnya, seperti Panzernegara, Banumas dan Vonosobo, menyambut antusias kehadiran bandara tersebut.

Saat itu, Gubernur Jawa Tengah Kanjar Bruno menyambut baik kedatangan penerbangan Sitling Indonesia yang telah resmi terbang dengan rute Jakarta-Purbalinga (PP) dan Burlinga-Surabaya (PP).

Menurut VP Corporate Communications PT Ankasa Pura II (Persero) Yado Yarismano, bandara tersebut masih beroperasi.

“Bandara kami masih beroperasi, Pak. Untuk pihak maskapai bisa dikonfirmasi ke teman-teman maskapai ya,” kata Yado kepada Koyil, Minggu (24/10).

Menanggapi tidak terjualnya tiket pesawat ke Bandara Parbalinga, Dirjen City Link Indonesia menanggapinya secara diplomatis. Citilink tidak menghentikan penerbangan ke Burlinga, izin trayek dan jadwal masih berlaku yakni setiap Kamis dan Sabtu dari Halim Bertanaczuma dan Surabaya, Juliandra Nurtjajo menanggapi gulungan tersebut.

Begitu pula dengan Bandara Kertajati

Status Kertajati di Majalenka Jawa Barat kini berstatus Bandara Burlinga. Artinya, tidak ada penerbangan yang melayani rute ini.

Sejak wabah dimulai pada Maret 2020, belum ada penerbangan komersial di Bandara Kertajati. Mulai tahun 2021, bandara akan mulai melayani pesawat kargo.



Menurut Salahuddin Rafi, Ketua Umum PT Bandaruthara International Java Bharat (BIJB), potensi penumpang di Bandara Kertajati sangat besar.

Namun, akses dari kota Bandung khususnya belum terjangkau. Menurut dia, masalah itu bisa diselesaikan saat ada pabean Sisumdau yang sudah beroperasi.

“Jadi, sambil menunggu plasa tol Sisumdau beroperasi, saat ini berjalan hingga akhir tahun ini, akan beroperasi pada awal 2022. Hanya akan mempercepat akses hingga 45 menit melalui tol dari jalan tol. Kota Bandung hingga Kertajati,” kata Salahuddin dalam gulungannya, Rabu (31/1/2021).

READ  Ganti motor lama dengan motor baru Yamaha, pilih Fazio untuk NMAX

Halaman selanjutnya

Halaman 1 2