Mei 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Identifikasi pelat nomor kendaraan berdasarkan warna dasarnya

Jakarta, KOMPAS.com – Plat digital Identifikasi kendaraan atau nomor Kendaraan bermotor (TNKB) Sertifikat untuk rekor Kendaraan bermotor. Jika melihat kendaraan pribadi, plat yang paling banyak digunakan adalah warna dasar hitam dengan tulisan putih.

Tapi tahun ini, Pelat Kendaraan pribadi yang semula berwarna hitam akan diganti dengan warna putih dengan tulisan hitam. Hal ini dilakukan untuk mengatur penggunaan kamera ETLE agar bisa memotret para pelanggar lalu lintas.

Baca selengkapnya: LSUV paling laris tahun 2021 adalah Toyota Rush bekas Rp 90 jutaan.

Aturan mengenai bahan warna dasar plat nomor kendaraan kini telah diubah. Peraturan Kapolri No.2012. Jika mengacu pada 5, itu adalah Peraturan Polisi Nomor 2021.

Tangkapan layar gesit Plat nomor kendaraan listrik resmi berwarna biru.

Bagian 45 Perfoline menjelaskan arti dan penerapan warna dasar pelat nomor kendaraan. Pertama, warna dasar putih dengan tulisan hitam untuk kendaraan bermotor pribadi, firma hukum, agen asing (PNA) dan lembaga internasional.

Baca selengkapnya: Toyota Indonesia merespon Land Cruiser 300 hingga 4 tahun

Namun, penerapan plat nomor kendaraan warna baru ini akan dilakukan secara bertahap. Untuk kendaraan baru yang akan didaftarkan, pemasangan akan dimulai dari kendaraan yang masa berlaku TNKBnya telah habis.

Bisa juga untuk pemanjang STNK dan ada pergantian pemilik kendaraan.

Kemudian TNKB dengan warna dasar kuning dengan tulisan hitam. Papan nomor warna ini digunakan untuk angkutan umum seperti bus dan angkutan umum.

Tangkapan layar plat nomor kendaraan palsu yang viral di media sosial, Rabu (3/3/2021).Twitter: usPuspen_TNI Tangkapan layar plat nomor kendaraan palsu yang viral di media sosial, Rabu (3/3/2021).

Selain itu, warna dasar TNKB adalah merah putih untuk kendaraan bermotor instansi pemerintah.

Kemudian TNKB berwarna hijau dengan tulisan hitam untuk kendaraan bermotor di kawasan niaga yang tidak dibatasi, yang dikenakan fasilitas pembebasan pajak impor dan tunduk pada ketentuan hukum.

READ  Catat, Ini 7 Pelanggaran Yang Diincar dalam Operasi Keselamatan Jaya 2022

Baca selengkapnya: Penggunaan kaca film mobil yang berlebihan juga bisa berbahaya

Ada TNKB hijau, yang digunakan kendaraan bermotor di kawasan perdagangan tanpa batas, yang dibebaskan dari pajak impor dan tunduk pada ketentuan hukum.

Untuk kendaraan listrik, bagian bawah pelat nomor akan memiliki tanda biru khusus. Penetapannya atas perintah Korlantas Polri.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.